. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 07 Maret 2024

Kibar Bendera Indonesia dan Palestina di Puncak Prau, Ini Alasan dan Manfaatnya


Mengibarkan bendera adalah salah satu aktivitas yang selalu (wajib) TravelPlus Indonesia lakukan saat berada di puncak gunung.

Bendera yang biasanya TravelPlus kibarkan di sejumlah puncak gunung di Tanah Air adalah Bendera Indonesia (Sang Saka Merah Putih) dan Bendera Kembara Tropis, sebuah komunitas yang TravelPlus bentuk bersama beberapa rekan setelah berpetualang di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten pada pada awal tahun 2000.

Namun kali ini tepatnya di Puncak Gunung Prau lewat base camp (BC) Igirmranak, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, TravelPlus spesial mengibarkan Bendera Indonesia dan Palestina.

Pengibaran kedua bendera itu TravelPlus lakukan pagi hari, sebelum melakukan aksi tanam pohon Puncak Bulan Konservasi 2024 di area Bukit Cendani, Gunung Prau via Igirmranak pada Minggu, 3 Maret.

Kenapa? Karena ini merupakan keinginan lama. Maklum sejak Oktober s/d Desember 2023 TravelPlus fokus mendukung, meliput langsung, dan menggaungkan berbagai Aksi Bela Palestina yang digelar di sejumlah kota di Jabodebek yakni Jakarta (depan Kedubes AS, Monas, dan Lapangan Masjid Agung Al-Azhar); Bogor (Tugu Kujang), Depok; dan Kota Bekasi.

Di setiap aksi kemanusian tersebut, TravelPlus selalu mengibarkan dan atau mengabadikan pesertanya mengibarkan Bendera Indonesia dan Palestina serta mengenakan berbagai atribut Palestina.

Jejak digital hasil amatan dan liputan langsung aksi tersebut, baik berupa tulisan, foto, lagu, dan sejumlah konten videonya, sampai saat ini masih tayang di ragam medsos TravelPlus, terutama di Instagram (IG) @adjitropis, TikTok @FaktaWisata.id, dan weblog TravelPlus Indonesia.

Selepas beraksi damai bela Palestina di Jabodebek, TravelPlus ingin sekali mengibarkan Bendera Indonesia dan Palestina di salah satu puncak gunung.

Alhamdulillah di awal Maret 2024 keinginan itu terwujud. TravelPlus berhasil mengibarkan kedua bendera itu di puncak Gunung Prau via Igirmranak.


Bukan hanya TravelPlus, dua pendaki muda Fathin dan Hadi juga turut mengibarkan kedua bendera itu. Saluuut...

Tak cuma mengibarkan kedua bendera tersebut di Puncak Gunung Prau dengan latar belakang lautan awan serta beberapa gunung seperti Gunung Sindoro dan Sumbing, TravelPlus juga membuat lagu bertajuk sama dengan tulisan ini yaitu "Kibar Dua Bendera di Puncak Prau".

Begini lirik lengkapnya:

🎶... Kibar bendera Indonesia
Bersama bendera Palestina
Di puncak gunung ber-panorama megah
MasyaAllah, alhamdulilah

Akhirnya keinginan itu terwujud
Kibarkan kedua bendera itu
Bukti We Stand with Palestine

Kibar bendera Indonesia
Bersama bendera Palestina
Di puncak gunung ber-panorama megah
MasyaAllah, alhamdulilah ...🎵.

Supaya aksi kibar 2 bendera tersebut tersiar luas sekaligus mempromosikan keindahan pemandangan di Puncak Gunung Prau via Igirmranak, TravelPlus kemudian membuat konten videonya lalu mengunggahnya di akun IG @adjitropis dengan sederet tagar terkait.


Dalam konten video tersebut TravelPlus juga menyelipkan beberapa flyer acara terkait aksi bela Palestina yang akan berlangsung di Jogjakarta dan Jakarta jelang Ramadan 2024 ini.

Di Jogjakarta akan berlangsung CARNAVAL RAMADHAN DI G4Z4: G4z4 Bertahan, Kita Kuatkan, Alloh Menangkan pada Sabtu, 9 maret 2024, pukul 07.00 - 09.00 WIB di Titik 0 Km Malioboro, Kota Jogja.

Isi acaranya antara lain Aksi dI Nol KM, Kirab di Jalan KH.A. Dahlan, dan pemberian hadiah untuk kostum atribut terbaik serta rombongan terkompak.

Di captions, adminnya juga mengajak masyarakat untuk menyambut Ramadan tahun ini dengan peduli saudara kita di Palestina, caranya dengan mem-boycott kurma Isr4el, cegah kelaparan di g4z4, dan open border rafah.

Flyer acara tersebut diunggah oleh sejumlah akun IG antara lain @masjidjogokariyan, @masjidnurulashri, dan @vertizone.tv, dan @terasdakwah.

Adminnya tak lupa mengimbau peserta yang ikut untuk membawa serta Bendera Merah Putih dan Palestina.


Pada tanggal dan hari yang sama, Sabtu, 9 Maret 2024 di Jakarta juga akan berlangsung aksi damai bela Palestina bertajuk "Harus Ada Ramadan di Gaza" dengan rute Kedubes AS - Bundaran HI.

Informasi tersebut diunggah akun @indonesiabela.palestina dan @majelisormasislam dengan memberi sederet tagar seperti #StopFamine, #Noise4Hunger, #AllEyesOnRafah, dan #RamadhanHargaMati.


Selain itu ada "Pameran Bersama dan Lelang Lukisan Shodaqoh Pelukis Indonesia untuk Palestina" yang akan berlangsung di Aula Buya Hamka, Kompleks Masjid Agung Al-Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada tanggal 20 Maret 2024.

Flyer acara yang bertema Kemanusiaan tanpa batas itu diunggah akun @artspaindow_work dan @derrysulaiman.

Di captions-nya dijelaskan buat para seniman khususnya pelukis yang ingin  ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut bisa menghubungi Taufiq: +628128556598 atau lewat surel: fastaufiq@gmail.com.

Manfaat Kibar Bendera
"Pak Adji, apa manfaatnya mengibarkan Bendera Indonesia di puncak gunung?".

Begitu pertanyaan yang pernah TravelPlus terima dari beberapa pendaki yang melihat unggahan konten video TravelPlus mengibarkan Merah Putih di sejumlah puncak gunung antara lain Gunung Raung, Kerinci, Arjuno, Ceremai, Salak, Cikuray, Burangrang, dan Gunung Tampomas.


Manfaatnya jelas banyak, di antaranya menanamkan rasa nasionalisme yang lebih kuat, cinta Tanah Air, menjadi salah satu aktivitas positif saat berada di puncak gunung, dan sebagai stok visual untuk konten video juga sekaligus mempromosikan nama serta keindahan panorama puncak gunung tersebut sambil mengibarkan bendera kebanggaan.

Bagaimana dengan Bendera Palestina? Ini sebagai bentuk solidaritas atau dukungan buat warga Palestina atas nama kemanusiaan, mengingat Indonesia (baca: pemerintahnya) juga sejak dulu hingga kini teguh mendukung penuh perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka dari jajahan S1-rael.

Naskah: Adji TravelPlus, IG @adjitropis, TikTok @Fakta.Wisata.id

Captions:
1. TravelPlus Indonesia kibarkan Bendera Indonesia dan Palestina di Puncak Gunung Prau via Igirmranak, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jateng. (Foto: #alumniprauviaigirmranak)

2. Fathin dan Hadi turut mengibarkan Bendera Indonesia dan Palestina. (foto: adji)

3. Flyer acara Carnaval Ramadhan di Gaza yang akan berlangsung pada Sabtu, 9 maret 2024, pukul 07.00 - 09.00 WIB di Titik 0 Km Malioboro, Kota Jogja. (foto flyer: dok. @terasdakwah)

4. Flyer acara "Harus Ada Ramadan di Gaza" pada Sabtu, 9 Maret 2024 di Jakarta dengan rute Kedubes AS - Bundaran HI. (foto flyer: dok. @indonesiabela.palestina)

5. Flyer panggilan terbuka untuk umum atau open call ikutan "Pameran Bersama dan Lelang Lukisan Shodaqoh Pelukis Indonesia untuk Palestina. (foto flyer: dok. @artspaindow_work)

6. TravelPlus berfoto bersama tim se-frekuensi (Fathin, Intan, Hadi & Feri) di Puncak Gunung Prau selepas kibar Bendera Indonesia dan Palestina, sebelum turun untuk aksi tanam pohon Puncak Bulan Konservasi di Bukit Cendani. (foto: #alumniprauviaigirmranak)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP