. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 01 April 2024

Versi Kemenparekraf, Lima Provinsi Jadi Destinasi Utama Perjalanan Mudik Tahun Ini


Libur Mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H  di depan mata. Rentang masa liburan tersebut mulai dari 5 sampai dengan 15 April 2024. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sudah melakukan sejumlah observasi, di antaranya ada lima provinsi yang masuk sebagai destinasi utama perjalanan mudik tahun ini yakni DIY, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat.

Data hasil observasi tersebut terungkap dalam "The Extended Weekly Brief with Sandi Uno" (WBSU) bertema "Mudik Aman, Tenang, dan Nyaman untuk Parekraf yang  Berkelanjutan" di Manhattan Hotel, Jakarta, Senin (1/4/2024) pagi.

Hasil observasi lainnya juga dibeberkan di acara yang dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan sejumlah eselon 1  atau para deputinya yakni dari sisi karakteristik kunjungan, diperkirakan mayoritas wisatawan berasal dari daerah sekitar destinasi dan masyarakat intra-provinsi.


Adapun kepadatan aktivitas wisata, Kemenparekraf memperkirakan akan terjadi mulai H+1 Lebaran dengan tingkat okupansi diprediksi lebih dari 80 persen sampai 100 persen khususnya di destinasi favorit.

Sementara dari sisi masa lama tinggal wisatawan atau Length of Stay (LoS)-nya untuk intra-provinsi rata-rata 1-2 malam. Sedangkan wisatawan dari luar provinsi dapat mencapai 4 malam.

Guna memastikan kesiapan destinasi dan lokasi daerah tujuan wisata dalam hal keamanan, keselamatan, dan pelayanan prima kepada wisatawan, Kemenparekraf juga sudah menyampaikan Surat Edaran tentang Penyelenggaraan Kegiatan Wisata yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan pada Saat Libur Mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh Pemerintah Daerah (Provinsi, Kabupaten, Kota) dan seluruh pelaku usaha pariwisata.


Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan surat edaran tersebut dapat direplikasi seluruh Pemerintah Daerah untuk diedarkan di daerah masing-masing.

"Kemenparekraf akan berkoordinasi secara intensif dengan pihak-pihak terkait seperti Kemenhub, Kemenkes, Kepolisian, dan BASARNAS setempat,” ungkapnya.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto menambahkan surat edaran tersebut juga sudah diedarkan ke komunitas hingga pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di tiap daerah.

“Berbagai upaya kita lakukan dan bekerja sama dengan pihak terkait untuk memastikan adanya keamanan dan kenyamanan serta keselamatan wisatawan selama mengunjungi destinasi wisata,” terangnya.

Untuk memantau aktivitas wisata, lanjut Hariyanto, Kemenparekraf juga telah menyiapkan platform Sisparnas (Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional: https://sisparnas. kemenparekraf.go.id). Sedangkan wisatawan yang ingin berlibur ke desa wisata dapat mengakses platform Jadesta.

Kemenparekraf juga memproyeksikan perputaran ekonomi di sektor Parekraf ketika momen libur lebaran tahun 2024 akan mencapai Rp276,11 triliun.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Dessy Ruhati memproyeksilan perputaran ekonomi di sektor Parekraf mass libur lebaran tahun ini akan mengalami kenaikkan yang signifikan sebesar 15 persen jika dibandingkan dengan potensi perputaran ekonomi lebaran tahun sebelumnya yakni Rp240,01 triliun.

Pemicunya dari potensi pergerakan masyarakat selama periode libur lebaran 2024. 

Berdasarkan hasil analisis sementara dari survei yang dilakukan Kemenparekraf, preferensi daya tarik wisata di musim lebaran tahun  ini adalah pantai/danau, pusat kuliner, pegunungan/agrowisata, taman rekreasi/kebun binatang, dan pusat perbelanjaan.

Adapun destinasi wisata favoritnya adalah D.I. Yogyakarta meliputi Malioboro dan Parangtritis; Jawa Tengah yakni Borobudur; Jawa Timur yakni Bromo; Jawa Barat meliputi Ciwidey, Pangandaran dan Lembang; serta Jabodetabek meliputi Puncak Bogor dan Ragunan. Dengan rata-rata durasi berwisata mencapai 2 hingga 4 hari atau 1 hari (day trip).

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Rizki Handayani memaparkan dari segi akomodasi, tingkat hunian hotel pada momen libur lebaran tahun ini diproyeksi meningkat hingga 10 persen dengan puncaknya diperkirakan pada H+2 lebaran. 

"Pada musim libur lebaran ini hotel-hotel juga banyak yang telah menyiapkan aktivitas di dalam hotel atau resort juga paket diskon," paparnya.

Terkait ketersediaan kursi, sambung Rizki maskapai secara total telah menyiapkan 6,72 juta untuk 16 hari masa lebaran. "Jumlah itu setara dengan 420 ribu kursi per hari yang terbang di seluruh Indonesia," terangnya.


The Extended WBSU
yang didukung sederet mitra co-branding Wonderful Indonesia ini juga dihadiri sejumlah media.

TravelPlus Indonesia sendiri sebelum membuat tulisan ini juga sudah membuat satu sorotan dan satu konten video yang diunggah di akun IG @adjitropis saat acara tersebut masih berlangsung dengan tujuan agar informasi lebih variatif (beragam) dan gaungnya lebih bergema.

Naskah, foto & video: Adji TravelPlus, IG @adjitropis, TikTok @FaktaWisata.id

Captions:
1. Menparekraf  Sandiaga Uno berfoto bersama para deputi dan pihak-pihak terkait usai menggelar  "The Extended Weekly Brief with Sandi Uno" (WBSU) di Manhattan Hotel, Jakarta, Senin (1/4/2024) pagi.
2. Video saat foto bersama.
3. Sumatra Barat termasuk salah satu dari 5 provinsi yang menjadi destinasi utama perjalanan mudik tahun ini versi Kemenparekraf.
4. TravelPlus Indonesia yang datang memenuhi undangan juga membuat satu sorotan dan satu konten video tentang The Extended WBSU tahun ini.


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP