. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 24 Mei 2020

FORGI BUDPAREKRAF Banjir Ucapan Lebaran, Yuk Intip dari Siapa Aja

Forum Sinergi Kebudayaan, Pariwisata & Ekonomi Kreatif atau biasa disingkat FORGI BUDPAREKRAF, kebanjiran ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H atau Lebaran 2020 dari sejumlah anggotanya.

Pantauan TravelPlus Indonesia selaku admin WAG: FORGI BUDPAREKRAF, ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H yang masuk bukan hanya datang dari para Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar), pun dari Kepala Museum (Kamus), kalangan Industri wisata (sejumlah asosiasi/perhimpunan/gabungan pelaku usaha wisata, pengelola objek wisata), dan lainnya.

Selaku pendiri forum sinergi yang beranggotakan 5 unsur pentahelix yakni Pewarta/Blogger/Fotografer TravelPlus (unsur media), para Dinas Budparekraf & UPT Kebudayaan (pemerintah), Industri Parekraf (bisnis/swasta), Dosen (akademisi) & Pengamat/Pemerhati/Aktivis serta Pihak-Pihak Terkait (unsur Komunitas) ini, TravelPlus mencatat ucapan maaf lahir batin umumnya mulai masuk ke WAG: FORGI BUDPAREKRAF sejak 2 hari sebelum Hari Raya bagi umat Muslim di seluruh dunia ini.

Namun ada juga yang sudah jauh-jauh hari sebelumnya sebagaimana kiriman ucapan selamat Idul Fitri 1441 H pertama yang diterima FORGI BUDPAREKRAF dari Ardiwinata, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Batam per tanggal 18 Mei 2020.

Kirimannya berupa video berdurasi 53 detik. Dalam video pendek itu, Ardi selain mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, pun menjelaskan kalau pihaknya tetap melaksanakan protokal kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

"Dimasa pandemi corona virus yang melanda dunia, tentu berefek terhadap perkembangan pariwisata Kota Batam. Untuk itu kita terus melaksanakan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah," ucap Ardi.

Kiriman kedua datang dari Kadisbudpar Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Aufa Syahrizal berupa satu flyer foto bergambar dirinya mengenakan kemeja putih lengan panjang dan berpeci hitam berlatarbelakang Masjid Agung As-Salam Lubuklinggau.

Selanjutnya kiriman video terbaru dari Ardi berdurasi 1 menit lebih 1 detik.

Kali ini Ardi tak sendiri melainkan bersama Koestrinie, Sekretaris Disbudparnya dan sejumlah kru Disbudpar Kota Batam kompak  mengucapkan selamat Lebaran. 

Keempat, kiriman dari Kadispar Kota Palembang Isnaini Madani berupa flyer foto bergambar Masjid at-Taqwa Palembang lengkap dengan alamatnya di Jl. Telaga, 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang.

Berikutnya kiriman dari Kadispar Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi berupa flyer foto bergambar dirinya berlatar Pantai Tanjung Kelayang, salah satu obyek wisata bahari andalan Belitung. 

Kiriman keenam dari kalangan industri wisata yakni Direktur Perumda Owabong Purbalingga M Hartono berupa video berdurasi 20 detik.

Dalam video itu ada ilustrasi alam Owabong dan foto M.Hartono memakai baju lurik khas Jawa dan peci hitam.

Pada tanggal yang sama 22 Mei 2020, masuk kiriman dari Kadispar Provinsi Maluku Prof. Max Marcus Pattinama berupa flyer foto bergambar dirinya dan Masjid Tua Wapauwe di Negeri Hila Kaitetu. 

Disambung dengan video instagram dari Isnaini Madani dengan sebait pantun: "Berwisata ke Mariana... Hati2 virus di jalan... Meski lagi zaman corona... Jangan lupo kito Lebaran".

Selanjutnya giliran dari UPT Kebudayaan yang mengirimkan video serupa, tepatnya dari Kepala Museum Sumpah Pemuda Titik Umi Kurniawati.

Videonya yang berdurasi 1 menit 3 detik, Umi begitu sapaan akrabnya mengucapkan Selamat Raya Idul Fitri 1441 H di salah satu ruang favorit museum tersebut yakni di ruang pamer khusus WR. Supratman.

Kiriman kesembilan datang dari Edarwan, Kadisparpora Provinsi Lampung.

Disambung video ucapan dari Kadispar Kabupaten Subang Asep Setia Permana berdurasi 1 menit 23 detik.

"Semoga Covid-19 segera berlalu agar sektor pariwisata di Kabupaten Subang bisa bangkit kembali sehingga semua sektor perekonomian masyarakat bisa terus berjalan baik penginapan, hotel, destinasi wisata, hiburan juga kuliner dan lain sebagainya sehingga bisa mendukung pendapatan asli daerah dan perekonomian masyarakat meningkat. Oleh karena itu ikuti aturan-aturan protokol kesehatan agar kita segera terbebas dari Covid-19," ucap Asep Setia Permana. 

Selanjutnya giliran Kepala Galeri Nasional (Galnas) di Jakarta, Pustanto mengirimkan ucapan senada.

Disusul Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DKI Jakarta Revalino Tobing  mengirimkan flyer foto bergambar Masjid Istiqlal Jakarta dengan tulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Berikutnya Wan Rudy Iskandar, Kadisparbud Kabupaten Bintan mengirimkan video berdurasi 27 detik yang di dalamnya ada foto diri. 

TravelPlus sendiri mengirimkan link IG yang memuat lirik lagu berjudul "Sendu Diujung Ramadhan" dan rekaman lagu tersebut.

Kiriman ke-15 datang dari Kadispar Kabupaten Buru Istanto Setyahadi. Lalu Kadispar Provinsi  Sulawesi Tengah (Sulteng), Nyoman. 

Selanjutnya kiriman video berdurasi 39 detik dari Ketua Umum ASITA N. Rusmiati berisi rangkaian foto kegiatannya. Lalu kiriman foto ucapan dari Kabid Pemasaran Disparbud Kabupaten Natuna. 

Ucapan yang sama juga datang dari Kabid Pemasan Dispar Provinsi Sumater Utara (Sumut), Muchlis. 

PHRI Sumut lewat Ketua BPD-nya Denny S Wardhana juga mengirimkan hal serupa. Disambung ucapan dari Yulhendri, pengusaha Synergi Revalino Tours & Travel di Medan.

Tak ketinggalan kiriman yang sama dari Kadispar Kota Medan Agus Suriyono.

Maestro penerima anugerah Kebudayaan, Akhmad Elvian yang juga mantan Kadisbudpora Kota Pangkalpinang yang kini menjabat Sekretaris DPRD setempat, juga mengirmkan foto ucapan senada bergambar diri mengenakan baju khas Melayu berwarna kuning lengkap dengan peci hitam bermotif benang emas.

Kadisbudpar Kabupaten Belitung Timur Evi Nardi pun tak mau kalah, turut mengirimkan foto ucapan serupa. Disusul kemudian GIF ucapan senada dari Maeva Salmah selaku Kepala Museum Basoeki Abdullah, Jakarta.

Pewakilan dari Kementerian Lingkungan  Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang tergabung di FORGI BUDPAREKRAF ini yakni Nandang Prihadi selaku Direktur PJLHK juga mengucapkan Selamat Idul Fitri 1441 H lewat foto bergambar dirinya bersama Istri dan dua putri remajanya berlatar belakang sebuah air terjun.

Selanjutnya kiriman foto ucapan senada dari Staf Ahli Walikota Pariaman Bidang Politik Hukum & Pemerintahan sekaligus Plt. Kadisparbud Kota Pariaman Alfian. 

Kadisparekraf Provinsi DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia juga turut mengirimkan foto ucapan serupa. 

Tiga kepala dinas pariwisata perempuan dalam waktu hampir bersamaan juga turut mengirimkan ucapan yang sama yakni dari Kadisporapar Kabupaten Lampung Barat Tri Umaryani atau Tri, Kadisbudpar Kota Semarang Indriyasari yang akrab disapa iin, dan Kenny Dewi Kaniasari selaku Kadisbudpar Kota Bandung yang biasa dipanggil Kenny.

Tak cuma foto, Kenny juga mengirimkan ucapan lewat video berdurasi 1 menit 45 detik. Dalam video itu seluruh staf-nya juga dilibatkan.

Satu lagi perempuan yang memimpin dispar yakni Ria Novida Telaumbanua selaku Kadisbudpar Provinsi Sumatera Utara mengirimkan foto ucapan senada bergambar dirinya.

Disambung kiriman foto serupa dari Kadisbudpar Kota Tanjungpinang Surjadi bergambar dirinya beserta istri dua buah hatinya.

Aktivis Pariwisata dari Lombok, Taufan Rahmadi juga mengirimkan ucapan senada berikut e-poster Protokol Kesehatan.

Rekan satu daerahnya, Dewantoro Umbu Joka yang tak lain Ketua ASITA Provinsi NTB juga mengucapkan hal serupa.

Terakhir atau kiriman ke-35 datang dari Erfandi selaku Kasi Pemasaran Dispar Kota Palembang.

Beberapa anggota lainnya juga mengirimkan ucapan serupa langsung via Japri ke TravelPlus antara Ketua Litbang & SDM DPP ASITA Masrura, Kamus Basoeki Abdullah Maeva Salmah, Kamus Muspada Titik Umi Kurniawati, Direktur Perumda Owabong M. Hartono, dan Kadispar Provinsi Maluku Prof. Max Marcus Pattinama. 

Sebagai informasi FORGI BUDPAREKRAF yang didirikan  Adji K. dari TravelPlus Indonesia di Jakarta tahun 2005 dan WAG-nya mulai diaktifkan kembali sejak 2 tahun lalu saat ini beranggotakan 69 orang terdiri atas unsur pentahelix sebagaimana tersebut di atas. 

Adapun tujuan forum sinergi ini untuk menjalin sinergi antar-Dinas Budparekraf, UPT Kebudayaan, Industri Parekraf, Akademisi & Pewarta/Blogger TravelPlus berpengalaman meliput kegiatan Disbudpar, UPT Kebudayaan & sektor/lembaga terkait lainnya, demi kesejahteraan/kemajuan bangsa Indonesia.

Mantan anggota FORGI BUDPAREKRAF antara lain Kadispar Provinsi Kepulauan Riau Buralimar juga mengirimkan video ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H lewat Japri.

Diluar anggota, menariknya ada salah satu pejabat penting dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yakni perempuan Bali bernama Ni Wayan Giri Adnyani atau Giri selaku Sekretaris Kemenparekraf, juga mengucapkan hal serupa langsung ke TravelPlus via Japri.

Hal itu pun dilakukan oleh Presdir PT Banten West Java (BWJ), pihak pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Poernomo Siswoprasetjo.

Ucapan via Japri juga TravelPlus terima dari dalang dan pimpinan  Wayang Golek Ajen, Wawan Gunawan yang juga Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf berupa foto gambar diri, serta dari mantan Kepala STP Bandung Anang Sutono.

Selain itu ucapan dari Kadispar Kabupaten Anambas Masykur dan juga dari seniman multibisa sekaligus wartawan budaya senior Yusuf Susilo Hartono (YSH) berupa foto sketsa berjudul Move On Lembaran Baru.

Nah, di Hari Kemenangan ini, TravelPlus Indonesia dan FORGI BUDPAREKRAF berucap terima kasih atas kiriman tulisan, flyer, foto, maupun video ucapan Selamat Lebaran 2020, Idul Fitri 1441 H baik via WAG maupun Japri, semoga sinergi kita semakin menguat di masa new normal maupun selepas pandemi nanti.

Semoga silaturahmi kita juga semakin bermanfaat, dan kita masih dipertemukan kembali dengan Ramadhan dan Lebaran berikut-berikutnya dalam keadaan sehat walafiat dan keimanan serta ketaqwaan yang kiat menebal, Aamiin Allahumma Aamiin.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com)
Foto: dok.forgibudparekraf & travelplus

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP