. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 01 April 2020

Ini Tujuh Komitmen APGI Guna Menanggulangi Dampak Buruk Covid-19 Bagi Pariwisata

Dalam upaya turut membantu menanggulangi dampak buruk Covid-19 terhadap sektor pariwisata, Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) mengeluarkan maklumat berjudul 7 Summits Commitment For Covid-19 sebagai langkah untuk melakukan usaha-usaha penanggulangan.

Menurut Sekretaris Jenderal APGI Rahman Mukhlis, komitmen pertama APGI siap berperan aktif dalam melaksanakan manajemen krisis kepariwisataan selama terjadinya wabah Covid-19 di Indonesia.

"Kami mengimbau kepada seluruh jajaran kepengurusan dan anggota agar tetap semangat, optimis dan tabah*dalam menghadapi dampak Covid-19," ungkap Rahman kepada TravelPlus Indonesia di Tangerang usai para anggota APGI menggelar Rapid Assesment Dampak Covid-19 selama 5 hari, 25-29 Maret 2020 dengan cara mengisi kuesioner di google form secara online.

Kata Rahman, APGI juga berkomitmen untuk terus menjalankan fungsi pembinaan dan pengembangan kepada seluruh anggota APGI agar tetap produktif selama masa penanggulangan Covid-19.

"Kami bertanggung jawab penuh dalam rangka menjalankan fungsi konsultasi, advokasi dan sosial kepada anggota pada khususnya, umumnya terhadap profesi pemandu gunung serta industri wisata gunung selama masa penanggulangan Covid-19 di Indonesia," terangnya. 

Berikutnya, APGI pun berkomitmen mendukung kebijakan Pemerintah dan melaksanakan protokoler-protokoler yang ada dalam menanggulangi dampak Covid-19ndi Indonesia.

"Kami juga mengajak seluruh insan pariwisata di Indonesia untuk saling menguatkan dan berkolaborasidalam upaya-upaya penanggulangan Covid-19 pada sektor pariwisata," tambah Rahman.

Terakhir atau ketujuh, tak lupa APGI mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap tenang, tidak panik, selalu waspada dan pro aktif dalam melakukan penanggulangan Covid-19 sesuai kebijakan dan protokoler dari Pemerintah.

"Semoga 7 maklumat ini dapat bermanfaat bagi keluarga besar APGI pada khususnya dan umumnya dapat digunakan oleh seluruh pemangku kepentingan terkait," harap Rahman.

Sebagai informasi tambahan, APGI berdiri di Jakarta 15 Januari 2016. Sekretariatnya beralamat di Jl. Griya Hijau Raya No 15 Alam Sutera Tangerang.

Ketua APGI sekarang periode 2019-2022 adalah Vita Cecilia. Periode sebelumnya (2016-2019) diketuai Ronie Ibrahim.

Sampai saat ini, APGI sudah beranggotakan 1.045 Pemandu Gunung se-Indonesia. "Semuanya sudah memiliki Sertifikasi Kompetensi Standar Nasional dari BNSP bidang Pemandu Wisata Gunung," pungkas Rahman.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. apgi & rahman

Captions:
1-4: Sejumlah kegiatan Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI).

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP