. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 29 Maret 2020

Inilah Keistimewaan Hotel Owabong, Tempat Inap Paramedis Pasien Corona di Purbalingga

Hotel Owabong menjadi tempat inap sementara untuk paramedis yang berjuang di garda depan dalam menangani pasien terjangkit Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Mereka yang bekerja di lingkungan kesehatan sebagai pembantu dokter seperti perawat, ditampung di hotel yang beralamat di Jl. Raya Owabong Bojongsari, Purbalingga ini, agar bisa beristirahat dan anggota keluarga dari para field medic atau "medis lapangan" tersebut bisa terhindar dari kemungkinan terpapar virus Corona.

Hal itu terungkap dari pernyataan Bupati Purbalingga Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi yang ditulis di akun Instagram (IG) pribadinya @dyahhayuningpratiwi, Minggu (29/3/2020).

"Untuk melindungi kesehatan tenaga medis dan juga keluarganya, Pemkab Purbalingga menyediakan Hotel Owabong untuk tenaga medis yang menangani pasien Covid-19," tulis Dyah di bawah foto dirinya yang berbaju atasan putih serta bawahan dan hijab berwarna krem, sedang mendengarkan penjelasan dari Direktur Perumda Owabong M. Hartono yang berkaos dan bertopi biru.

Hari itu juga TravelPlus Indonesia mengkonfirmasi hal itu kepada Bambang Adi selaku Humas Owabong.

"Benar mas.., tadi siang jam 12 Bupati Dyah datang meninjau persiapan Hotel Owabong, disambut dan didampingi Direktur Owabong M Hartono," terangnya.

Menurut Bambang Hotel Owabong adalah salah satu entitas bisnis Perumda Owabong yang dimiliki oleh Pemkab Purbalingga. Hotel yang sudah beroperasi sejak tahun 2007 ini memiliki 42 kamar.

"Untuk peruntukan paramedis, sementara ini kami siapkan 20 kamar dengan kapasitas 40 orang. Apabila kurang akan kita tambah kamar lagi," ungkapnya.

Bukan cuma kamar dan fasilitas, pihaknya juga menyiapkan makan buat paramedis tersebut. "Pokoknya gratis nginap, makan, antar-jemput, dan fasilitas hotel umumnya ," jelasnya.

Kata Bambang, hanya butuh waktu sekitar 5 menit berkendara dari Hotel Owabong untuk ke RSUD Goetheng Tarunadibrata yang saat ini merawat 5 pasien positif Covid-19.

"Ya semuanya dirawat di ruang isolasi RSUD Goetheng. Semua penderita adalah warga Purbalingga yang baru mudik dari Jakarta atau punya riwayat mobilitas dari Jakarta," beber Bambang.

Pemkab Purbalingga, lanjutnya, sudah menyediakan 1 bus khusus untuk antar-jemput paramedis dari Hotel Owabong ke RSUD Goetheng yang berjarak sekitar 4 Km.

Penggunaan hotel ini tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan, dan akan berlangsung sampai selesainya pendemi virus Corona di Kab. Purbalingga ini.

Sampai saat ini di Kab. Purbalingga baru Hotel Owabong yang diminta Bupati Dyah untuk tempat inap sementara paramedis.

Selama penggunaan sebagai tempat tersebut, pengelola Hotel Owabong tidak menerima tamu/pengunjung.

"Sejak tanggal 24 Maret 2020, hotel kita memang sudah tutup sementara untuk meredam penyebaran pendemi virus Corona ini," jelasnya lagi.

Sebelum ditutup sementara, Hotel Owabong beroperasi seperti biasa. "Rate kamarnya ada yang Rp 350 ribu dan Rp 650 ribu per malam," pungkas Bambang seraya menambahkan kalau malam ini baru pendataan dan reservasi paramedis yang akan tinggal sementara di Hotel Owabong dan rencananya besok pagi mereka mulai masuk.

Sebagai catatan, Hotel Owabong pernah dikunjungi/diinapi sejumlah artis band/penyanyi ternama antara lain band Padi, Payung Teduh, Tipe-X, Anji, Didi Kempot, dan Nella Kharisma.

Keistimewaan inap di hotel non bintang berkonsep cottage berkelas ini, selain mendapatkan breakfast dan free wifi, tamunya juga memperoleh free masuk Owabong Waterpark dengan fasilitas 16 kolam dari air alami atau langsung dari mata air.

Namun saat ini, Owabong Waterpark-nya juga ditutup untuk sementara waktu, guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.hotel owabong

Captions:
1. Wajah bagian depan kompleks Hotel Owabong yang menjadi tempat inap sementara paramedis yang menangani pasien terjangkit virus Corona di Kab. Purbalingga, Jateng.
2. Bupati Purbalingga Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi meninjau persiapan Hotel Owabong, Minggu (29/3/2020) siang. (foto: dok.@dyahhayuningpratiwi)
3. Salah satu kamar Hotel Owabong Purbalingga.
4. Hotel Owabong adalah hotel non bintang berkonsep cottage yang berkelas.
5. Salah satu kolam renang di Owabong Waterpark yang juga tutup sementara guna cegah sebaran Covid-19.


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP