. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 29 Maret 2020

Hotel-Hotel ini Jadi 'Rumah Tinggal' Sementara Buat Tenaga Medis Pasien Covid-19, Saluuuut...

Hotel-hotel di Jakarta rela berubah fungsi menjadi 'rumah tinggal' bagi para tenaga medis yang menangani pasien Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Hotel yang bermetamorfosis demi kebaikan dan kemanusiaan, dalam hal ini turut membantu mempermudah penanganan virus Corona itu, bertambah jumlahnya. 

TravelPlus Indonesia mencatat, per Sabtu (28/3/2020) ada penambahan 4 hotel yang menjadi sarana menginap bagi para tenaga medis tersebut. 

Keempatnya merupakan chain hotel dari Accor Hotels yakni Novotel Cikini, Mercure Cikini, Ibis Styles Jakarta Sunter, dan Ibis Senen, sebagaimana tercantum dalam siaran pers dari Biro Komunikasi Kemenparekraf.

Dalam siaran pers tersebut, Vice President of Sales Marketing and Distributions Accor Hotels untuk Indonesia, Malaysia, dan Singapura, Adi Satria memastikan bahwa pihaknya menerapkan SOP keempat hotel itu sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan WHO dan Kementerian Kesehatan.

“Ini demi kepentingan para dokter dan perawat, serta tim kami yang melayani, mulai dari mereka datang, housekeeping, dan laundry hotel,” kata Adi Satria seraya menambahkan selama masa kerjasama ini berlangsung, pihaknya tidak membuka penginapan untuk tamu umum melainkan hanya khusus untuk dokter dan perawat

Kata Adi, timnya yang melayani juga diinapkan seluruhnya di keempat hotel tersebut. "Jadi supaya semuanya benar-benar terjaga,” jelasnya.

Menparekraf Wishnutama Kusubandio saat melakukan konferensi pers penyerahan keempat hotel tersebut untuk mendukung Satgas COVID-19 di Gedung BNPB, Jakarta Sabtu (28/3/2020), menjelaskan keempat hotel yang digunakan untuk menginap tenaga medis dan gugus tugas tersebut dimaksudkan agar mereka lebih dekat dengan rumah sakit yang menangani Covid-19.

Kata Wishnutama pada tahap awal, pihaknya bersama dengan Accor Group menyediakan 615 kamar yang disesuaikan dengan kebutuhan 4 rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta, yaitu RSCM, RSPAD, RS Sulianti Saroso, dan RS Persahabatan.

Usai jumpa pers, Wishnutama didampingi Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, Deputi Bidang Pemasaran Nia Niscaya, dan Juru Bicara untuk Satgas COVID-19 Kemenparekraf Ari Juliano Gema, langsung menuju Novotel Cikini di Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat.

Tujuan mereka meninjau persiapan akhir pihak hotel tersebut dalam menyiapkan akomodasi bagi tenaga medis dan gugus tugas.

Menurut Wishnutama segala kebutuhan tenaga medis selama menginap sudah disiapkan pihak hotel sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan WHO dan Kementerian Kesehatan.

"Dari makanan, laundry pakaian serta staf yang bertugas juga telah disiapkan dengan menggunakan perlengkapan yang lengkap. Semuanya sesuai dengan standarisasi yang ditetapkan," terang Wishnutama seraya berharap sistem kerjasama ini bisa terbentuk dengan baik agar dapat diduplikasi ke daerah-daerah nantinya.

Sewaktu TravelPlus mengecek akun Instagram (IG) @novotelcikini, anehnya sampai Minggu siang (29/3/2020) tak ada satupun unggahan terkait kunjungan pantauan Wishnutama ke hotel tersebut atau informasi mengenai kerjasama kedua belah pihak.

Lain halnya di IG @Wishnutama, ada 8 foto terkait hasil pantauannya ke hotel tersebut yang diunggah dan diberi captions:

"Hari ini saya bersama Wamen Kemenparekraf @angelatanoesoedibjo beserta beberapa jajaran memastikan kesiapan dan fasilitas yang akan menjadi akomodasi bagi tenaga medis dan gugus depan penanganan Covid-19, salah satunya Hotel Novotel Cikini".

***
Dua hari sebelumnya, Kamis, 26 Maret 2020, Gubernur DKI Anies Baswedan lebih dulu menyampaikan kalau Pemprov DKI mengoperasikan Hotel Grand Cempaka Business milik BUMD Jakarta, PT. Jakarta Tourisindo sebagai tempat istirahat bagi para tenaga medis di rumah sakit Jakarta yang menangani pasien Covid-19. 

Kata Anies, dalam waktu dekat, tiga hotel lain milik BUMD DKI juga akan segera menyusul untuk memberi peran yang sama.

Hotel yang berada di Jl. Jenderal Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat ini telah ditempati sebanyak 138 tenaga medis yang menangani pasien virus corona di RSUD Tarakan, dan RSUD Pasar Minggu, sejak Kamis (26/3/2020).

Di laman resmi Hotel Grand Cempaka Business, dijelaskan hotel yang terletak sekitar 3,1 Km dari Jakarta International Expo, 3,3 km dari Stasiun Kereta Api Gambir, dan 11 Km dari Bandara Halim Perdana Ksuma ini memiliki sejumlah fasilitas, di antaranya restoran, ATM, WiFi gratis, kolam renang outdoor, Spa, dan pusat kebugaran serta sauna.

Di IG Grand Cempaka Business Hotel @grandcempakahotel juga ada dua informasi terkait yang diunggah, yakni foto Anies tengah mengecek salah satu kamar di hotel itu yang di-repost 3 hari lalu dari akun IG @aniesbaswedan.

Satu lagi unggahan desain berwarna kuning, biru, dan merah bertuliskan "Tetap Kuat! Tenaga Medis Indonesia" dengan captions: "Semangat para team medis tuk basmi Covid-19" dan ditambah 2 hashtag #lawancoronabersama #lawancoronamulaidarikita, yang diunggah 2 hari lalu.

***
Sepekan lalu, tepatnya Minggu, 22 Maret 2020, Tim Kemanusiaan Surya Paloh resmi menyerahkan penggunaan properti The Media Hotel and Towers kepada Kepala Gugus Tugas Penanganan Corona Letjen Doni Monardo untuk penanganan Covid-19.

Serah terima berlangsung di lobi hotel tersebut dengan mengikuti sejumlah instruksi. Kabar itu antara lain dimuat di laman Medcom.id.

Hotel bintang lima yang beralamat di Gunung Sahari Raya No.3, Sawah Besar, Jakarta Pusat ini berjarak sekitar 3,6 Km dari Wisma Atlet Kemayoran yang kini menjadi Rumah Sakit Darurat Corona.

Hotel 19 lantai itu pun tak jauh dari RSPI Sulianti Saroso yang juga menjadi salah satu RS rujukan penanganan virus Corona.

Di laman resminya disebutkan The Media Hotel memiliki 324 kamar dan suite dengan tiga tipe kamar classic, premium, dan tower room. Sedangkan suite-nya ada club, executive, dan presidential suite.

Ada pula kamar tipe penthouse yang dilengkapi tiga unit kamar tidur, ruang tamu, ruang rapat, ruang pijat, jacuzzi, sauna, dan ruang mandi uap.

Hotel ini juga punya ballroom, garden hall, kolam renang, fitness dan spa, serta resto & lounge di antaranya Oasis Lounge, Media Lounge, Breeze Cafe, Sukhothai Restaurant, dan Deli Bistro.

Tapi di akun IG-nya @themediahoteljakarta, sampai Minggu siang ini pun tidak ada unggahan informasi terkait penggunaan hotel ini untuk penanganan Covid-19.

TravelPlus menilai kesediaan/kerelaan pengelola hotel-hotel tersebut menjadikan hotelnya sebagai 'rumah tinggal' sementara buat para tenaga medis yang menangani pasien terjangkit virus Corona, ataupun untuk penanganan Covid-19, patut diapresiasi. Saluuuut.., pantas mendapatkan 5 jempol ke atas👍👍👍👍👍.

Jauh di luar Jakarta, tepatnya di New York, AS, sebelumnya juga ada Hotel Four Seaons di 57th Street, yang menggratiskan kamarnya untuk membantu para dokter dan tim medis yang menangangi Covid-19 sebagaimana dilansir dari Bloomberg, Kamis (26/3/2020).

Gubernur New York Andrew Cuomo yang daerahnya terdampak paling parah akibat virus itu dengan lebih dari 30 ribu pasien, via Twitter, Rabu (25/3/2020) mengucapkan terima kasih kepada Four Seasons

Dia pun berharap Four Seasons menjadi contoh agar hotel-hotel lain di New York mau buka pintu untuk melakukan hal yang sama.

Harga menginap semalam di hotel Four Seasons New York kabarnya bisa mencapai USD 1.295 atau sekitar Rp 21 juta.

Hotel mewah itu kini tutup hingga 15  April mendatang demi mengakomodasi para dokter dan tenaga medis. Wow.., saluuuut...

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Hotel Grand Cempaka Business di Jl. Jenderal Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, milik BUMD Jakarta, PT. Jakarta Tourisindo.
2. Hotel Novotel Cikini di Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat.
3.  Menparekraf Wishnutama didampingi jajarannya meninjau Novotel Cikini Jakarta. (foto: dok.birkom kemenparekraf)
4. Wishnutama mengecek salah satu kamar Novotel Cikini. (foto: dok.birkom kemenparekraf)
5. IG Hotel Grand Cempaka Business @grandcempakahotel me-repost foto Gubernur Anies tengah mengecek salah satu kamar di hotel itu.
6. The Media Hotel and Towers di Jl. Gunung Sahari Raya No.3, Sawah Besar, Jakarta Pusat.
7. Unggahan Hotel Grand Cempaka Business di @grandcempakahotel.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP