. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 07 Juni 2018

Ini Keistimewaan Toboali City On Fire Season 3 di Bangka Selatan

Toboali City On Fire (TCOF) Season 3 yang akan berlangsung di Toboali, Bangka Selatan selama 3 hari, 27-29 Juli 2018, dipastikan punya keistimewaan berbeda dibanding penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.


Even unggulan Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ini akan lebih meriah karena  suguhkan 16 acara utama.

Ada Toboali Photo Competition, Toboali Fashion Carnival, Festival Tari Kreasi Daerah, Nganggung 1.000 Dulang, Toboali Oriental Mural Festival, dan Festival Band.

Selain itu ada Festival Layang-Layang, Festival Barongsai, Lomba Pembuatan Film Dokumenter, Touring Komunitas Motor, Ritual Adat Buang Jung, dan Festival Kuliner yang menyajikan beraneka jenis masakan khas Babel.

Khusus Festival Kulinernya, juga akan disemarakkan dengan acara bakar ikan dan makan bersama dengan masyarakat setempat.

Bupati Basel H. Justiar Noer optimis selama tiga hari berlangsungnya festival budaya TCOF Season 3 diperkirakan akan dikunjungi lebih dari 20.000 wisatawan.

Kunjungan wisatawan ke TCOF Seoson 3, sambungnya tentunya akan menggerakkan ekonomi masyarakat setempat.

“Kami proyeksikan selama 3 hari pelaksaan festival nilai transaksi yang diperoleh para usaha mikro dan UKM di antaranya kuliner dan oleh-oleh akan mencapai Rp 360 juta,” kata Justiar Noer di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang me-launching TCOF Season 3 mengapresiasi penyelenggaraannya yang berkelanjutan.

“Untuk kedua kalinya saya yang me-launching TCOF. Bagus, karena konsisten dilaksanakan,” ujar Arief Yahya.

Kata Arief Yahya, TCOF dipromosikan Kemenpar karena acaranya banyak sampai 16, terdiri atas 11 culture performance, 2 sport event, dan 3 tourism event. “Jadi layak didukung promosinya,” akunya.

Menurutnya daerah yang memiliki banyak event umumnya lebih sejahtera, pendapatan perkapitanya naik dan begitupn indeks kebahagiannya, contohnya Bali dan Banyuwangi.

Arief Yahya menambahkan kemajuan pariwisata di daerah sangat terkait dengan unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas). Namun yang juga tak kalah penting, sangat ditentukan oleh keseriusan pucuk pimpinan sebagai CEO.

“Keberhasilan dalam mengembangkan sektor pariwisata 50% sangat tergantung dari CEO commitment tersebut,” ungkap Arief Yahya.

Gubernur Babel H. Erzaldi Rusman mengatakan Provinsi Babel memiliki 24 event tahun ini, 2 di antaranya masuk dalam 100 CoE WI 2018 yaitu Bangka Cultural Wave Festival (Coming Home Celebration) yang telah berlangsung di Sungailiat (25 Maret-5 April 2018) dan Festival Tanjung Kelayang pada 15-19 November 2018 mendatang.

"Kemajuan pariwisata di Babel berkembang cukup pesat. Kunjungan wisatawan tahun 2017 yang lalu sebanyak 6.417 wisman dan 324.189 wisnus dengan kenaikan rata-rata di atas 20%,” terang H. Erzaldi Rusman.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Peluncuran Toboali City On Fire (TCOF) Season 3 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.
2. Sebanyak 16 acara bakal hebohkan TCOF Season 3 di Toboali, Bangka Selatan.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP