. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 16 April 2018

Wisman ke TMII Cuma 100 Ribu, Biar Jadi 1,5 Juta Ini Upaya Peningkatannya

Umur TMII April tahun ini 43 tahun. Bukan usia muda lagi. Tapi anehnya, meskipun sudah berumur, ternyata TMII kurang diminati wisatawan mancanegara (wisman). Buktinya kunjungan wismannya cuma 100 ribu sepanjang tahun lalu.

“Kunjungan wisman ke TMII hanya 100 ribu orang dari 2,5 juta kunjungan wisman ke Jakarta tahun lalu,” ungkap Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Dwisuryo Indroyono Soesilo di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Semestinya jumlah wismannya bisa berkali-kali lipat dari itu. “Ya layaknya 1,5 juta wisman,” ujar Indroyono.

Peningkatan jumlah wisman itu sangat memungkinkan mengingat potensi TMII sangat besar sebagai destinasi wisata budaya dan miniatur Nusantara.

TMII, lanjut Indroyono juga mempunyai banyak keunggulan terutama suguhan bermacam seni budaya dari 34 paviliun yang memperkuat imejnya sebagai miniatur Nusantara.

“Untuk meningkatkan kunjungan wisman ke TMII adalah dengan menjadikan TMII sebagai destinasi wisata budaya bagi wisman cruise yang sekali merapat membawa sekitar 6 ribu wisman,” tegas Indroyono.

Hal itu pernah dicoba saat kapal pesiar (cruise) dari Singapura Genting Dream (Dream Cruises) yang membawa sekitar 6.000 wisman merapat di Tanjung Priok Jakarta beberapa waktu lalu.

“Penumpangnya kita bawa ke TMII dan ternyata mereka suka,” ungkap Indroyono.

Upaya lainnya menjadikan TMII sebagai destinasi wisata budaya untuk kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition/Event) di Jakarta.

“Banyak kegiatan MICE di Jakarta kita coba tawarkan paket TMIII baik untuk pre dan post meeting,” tambah Indroyono.

Ketua Tim Percepatan Wisata Sejarah, Religi, Tradisi, dan Seni Budaya Kemenpar Tetty Arianto membenarkan kalau TMII merupakan destinasi wisata budaya yang paling lengkap di Indonesia, yang dalam tujuh tahun ke depan akan memasuki usianya ke-50 atau menjadi cagar budaya Indonesia.

“Fokus kita saat ini adalah mempromosikan dan menjual paket TMII agar banyak dikunjungi wisman,” kata Tetty.

Salah satu upaya mempromosikan dan menjual paket TMII antara lain dengan menggandeng para pengelola taman rekreasi yang tergabung dalam Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) untuk berjualan bersama yang dikemas sebagai Expo ke-2 PUTRI dan akan berlangsung di Sasono Adiguno TMII pada 19-22 April 2018.

Selain itu dengan menggundang para tour operator, diantaranya belum lama ini dari Malaysia, berkunjung ke TMII. ”Para tour operator Malaysia terkagum-kagum dengan ‘kampoeng’ budaya TMII. Mereka akan membuat paket kunjungan ke TMII,” aku Tetty.

Ketua Umum PUTRI Bambang menjelaskan kegiatan utama dari Expo ke-2 PUTRI yang berlangsung di Sasono Adiguno TMII adalah table top yang mempertemukan 100 tour operator (buyers) dengan 30 pengelola taman rekreasi anggota PUTRI sebagai sellers.

“Kita harapkan melalui kegiatan ini TMII semakin dikenal oleh tour operator serta mereka mau menjual paket kunjungan wisata budaya ke TMII,” kata Bambang.

Sebagai catatan, dalam merayakan HUT-nya yang ke-43, TMII menggelar event bertajuk Gebyar Pesta Budaya Nusantara 15-22 April 2018 dengan beragam acara seperti Festival Pencak Silat Nusantar V, Pernikahan Massal, Gelar Citra Budaya Tradisi, Festival Laskar Wanita Jamu Gendong, Gebyar Atraksi Kolosal Kesenian Rakyat, dan Festival Ramayana ke-2.

Untuk menjaring pengunjung sebanyak mungkin, pihak TMII membelakukan 1 tiket masuk berlaku untuk 2 orang pada tanggal 16-19 April dan gratis masuk tanggal 20 April.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & joko-humas kemenpar

Captions:
1. TMII dominan diminati wisatwan nusantara (wisnus), sementara wisatwan mancanegara (wisman)-nya masih minim.
2. Rombongan pelajar SD usai mengunjungi Museum Indonesia di TMII, Jaktim.
3. Salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisman ke TMII yang April ini berusia 43 tahun.
4. Wisnus membludak saat perayaan HUT TMII.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP