. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 26 April 2018

Wisata Religi Peradaban Dunia Tak Cuma Gaet Ribuan Pengunjung

Kegiatan Wisata Religi Peradaban Dunia (WRPD) 2018 di Pesantren Sirnarasa, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang berlangsung Selasa-Kamis (24-26/4) bukan semata berhasil menjaring ribuan pengunjung, pun meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar.

Di hari terakhir penyelenggaraan WRPD 2018 yang didukung Pesona Indonesia-nya Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yakni Kamis (26/4), ribuan jamaah terpantau memenuhi seluruh halaman Pesantren Sirnarasa.

Mereka datang bukan hanya dari sejumlah daerah dan kota dari dalam dan luar Jawa.

Deretan bermacam mobil sampai di parkir di tepian kiri-kanan jalan menuju pesantren Sirnarasa karena halaman parkir di tengah dan di atas sudah penuh. Sementara ratusan sepeda motor di parkir di beberapa titik.

Menurut Ketua Panitia WRPD 2018 Dadang Muliawan kegiatan yang digelar juga dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan ini sudah berlangsung sejak Selasa (24/4).

Pada hari pertama atau pembukaan acara itu dimulai selepas Shalat Zuhur berjamaah, dilanjutkan dengan suguhan Hadroh.

Usai Shalat Ashar pengunjung dihibur dengan Pentas Seni Tektek, dilanjutkan dengan show album Religi Peradaban Dunia milik NK Nadzar selaku penyanyi dan pencipta lagu.

Malam harinya, mulai pukul 19.30, pengunjung diberi santaan rohani dengan Tabligh Akbar Syiar dan Syair oleh KH. Asep Zainal Abidin, M.Pd, KH. Muh. Andi Gholib, M. Ag selaku pimpinan majlis Adzikro Bogor, dan Ustadzah Didah Durrotun Nafisah, M.Ag yang juga Qori’ah Nasional.

Hari kedua, Rabu (25/4), pengunjung dihibur dengan Marawis oleh grup Al Muhajir dari Bandung dan diteruskan dengan suguhan Kreasi Seni Sirnarasa berupa Tari Saman, Cup Song, dan Nasyid.

Selepas Shalat Ashar dan dzikir bersama pengunjung kembali diberikan siraman kalbu dengan Dakwah dan Shalawat oleh KH. Rd. Muhammad Hariri AA, MA seorang da’i sekaligus presiden Mazidah.

Malamnya Tabligh Akbar Nada dan Dakwah oleh KH. Asep Farid Mahmud, M. Ag pimpinan Pesantren Al Muhajir Bandung.

Sementara acara puncak WRPD 2018, Kamis (25/4) dimulai selepas Shalat Subuh berjamaah.

Selanjutnya pada pukul 6 pagi diisi dengan Shalat Isyroq, Isti’adah, Istikhoroh, Isti’anah, dan Shalat Dhuha.

Mulai pukul 7.30 pagi dilanjutkan dengan salah satu acara inti WRPD yakni Manaqib Tuan Syaikh Abdul Qodir Al Jailani.

Adapun rangkaian acara Manaqib tersebut dimulai dengan pembacaan Ayat-Ayat Al-Qur’an, dilanjutkan dengan Shalawat Thoriqiyyah, pembacaan Tanbih, Tawassul dan pembacaan Manaqobah Syaikh Abdul Qodir Al Jailani.

Selanjutnya Tabaaruq Miftahusshuduur, Tabligh Khidmat Ilmiyah, Mushofahah, Shalawat Bani Hasyim, Shalawat Badar, dan diakhiri dengan ramah tamah sampai jelang Shalat Zuhur.

Kepala Bidang Pemasaran Area I Wawan Gunawan Kemenpar membenarkan pengunjung WRPD 2018 dihadiri ribuan pengunjung.

“Selama 3 hari berlangsung sekitar 10 ribuan wisatawan nusantara terjaring. Ada yang datang dari Jabodetabek, Bandung, Pati, dan Semarang, serta dari luar Jawa antara lain dari Palembang,” terangnya.

Wawan yang tak lain pendiri sekaligus dalangnya Wayang Ajen Group menambahkan WRPD mendapat dukungan dari Kemenpar karena kegiatannya dinilai dapat memperkuat predikat Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata halal di dunia.

Selain berhasil menjaring ribuan pengunjung, WRPD 2018 juga menjadi ajang untuk mencari nafkah, meraup rezeki.

Sejumlah santri ada yang berjualan bermacam buku karangan Syaikh Abdul Qodir Al Jailani, air mineral, perlengkapan shalat seperti peci sampai wangi-wangian atau parfum bermerek Abah Aos yang dibanderol Rp 80 ribu per botol kecil.

Beberapa warga yang berjualan pun mengaku mendapat keuntungan berliat-lipat kali selama penyelenggaraan WRPD 2018.

Teteh Enah misalnya, pemilik warung makan tepat di seberang pentu gerbang Pesantren Sirnarasa mengaku mendapatkan keuntungan bersih Rp 6 juta.

“Kalau di luar acara ini, paling banyak cuma 1 juta sampai 2 juta Rupiah,” terangnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Wisata Religi Peradaban Dunia (WRPD) 2018.
2.  Gaet ribuan pengunjung dari dalam dan luar Jawa.
3. Usai mengikuti WRPD 2018.
4. WRPD menambah pendapatan warga dengan berjualan buku, kuliner, dll.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP