. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 27 April 2018

Wisata Religi Manaqib Indonesia Kian Mendunia, Dilirik Wisman Amrik

Wisata Religi Manaqib yang ada di Indonesia belakangan ini bukan hanya diminati masyarakat dalam negeri atau wisatawan nusantara (wisnus), pun mulai dilirik wisatawan mancanegara (wisman).

Hal ini terungkap dalam kegiatan Wisata Religi Manaqib 2018 yang berlangsung di Pesantren Sirnarasa, Panjalu, Cimis, Jawa Barat baru-baru ini.

Di event tersebut, sejumlah wisman asal Amerika Serikat pun turut hadir.

“Benar, ada 8 wisman asal Amerika Serikat yang datang ke acara Wisata Religi Manaqib di pesantren ini (Sirnarasa-red), Senin tanggal 26 Februari 2018 lalu,” aku KH. Dadang Muliawan selaku Ketua Yayasan Sirnarasa kepada TravelPlus Indonesia pada hari terakhir kegiatan Wisata Religi Peradaban Dunia (WRPD) di Pesantren Sirnarasa, Kamis (26/4).

Menurut Dadang yang juga jebolan lomba da’i di MNC TPI ini, kedelapan wisman dari Negeri Paman Sam itu datang dalam kaitan Wisata Religi Manaqib untuk belajar agama, budaya, dan kehidupan.

“Mereka yang datang tidak semuanya Muslim, ada 7 orang yang Muslim dan satu orang Non-Muslim, terdiri atas 4 pria dan 4 perempuan,” ungkap Dadang.

Selama dua hari di Pesantren Sirnarasa, lanjut Dadang kedelapan orang Amrik itu melakukan banyak kegiatan, antara lain melihat bermacam kreasi seni para santri Sirnarasa.

“Di sini, mereka ngobrol dan sharing. Dan mereka pun menghibur para santri, ada yang nyanyi, ngegitar, dan lainnya,” papar Dadang.

Kata Dadang lagi, kedelapan wisman asal negara adi daya itu datang ke Sirnarasa atas kemauan sendiri bukan atas undangan dari pihak Sirnarasa.

“Mereka mendapat rekomendasi berwisata manaqib ke Sirnarasa dari DR. H. Budi Rahman Hakim, pimpinan Pesantren Internasional Jagat Arasy BSD Tangerang,” terang Dadang.

Tahun ini juga, sambung Dadang sejumlah wisman dari beberapa negara lain juga akan berkunjung ke Sirnarasa untuk berwisata religi manaqib.

“Insya Allah akan datang wisman dari Turki, Syiria, dan India,” tambahnya.

Melihat antusias wisman akan Wisata Religi Manaqib, Sirnarasa juga berencana akan menggelar event bertajuk Manaqib Internasional 2 di Masjid Raya Jawa Barat, Bandung, 5 Mei 2018 selepas (ba’da) Subuh.

“Manaqib Internasional yang kedua nanti akan dihadiri Hadrotusyeikh Abah Aos Ra. Qs, Syeikh DR. Abdul Nashir Al-Malibari dari India, dan Syeikh Dr. Mahir Hasan Al-Hunajjid dari Syria serta para Wakil Talqin dari dalam dan luar negeri,” beber Dadang.

Terkait perkembangan Wisata Religi Manaqib yang sudah go international lantaran mulai dilirik wisman, Kepala Bidang Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Wawan Gunawan pada kesempatan yang sama mengatakan kondisi menggembirakan ini sejalan dengan keinginan besar pemerintah yang tengah mewujudkan mimpi menjadikan Indonesia sebagai destinasi halal terbaik di dunia.

“Penyelenggaraan Manaqib Internasional kedua Mei nanti, itu juga bagian dari langkah kecil untuk mencapai mimpi itu,” ujar Wawan yang juga berpredikat sebagai dalang sekaligus pendiri kelompok wayang golek Sunda, Wayang Ajen.

Menurut Wawan, kehadiran sejumlah wisman di Sirnarasa untuk berwisata Manaqib membuktikan kalau pesantren tersebut sudah menjadi tujuan wisata relegi dunia.

“Rasanya wajar kalau Abah Aos selaku pendiri Sirnarasa berencana memperluas bangunan pesantrennya itu ke bagian atas. Agar saat ada penyelenggaraan event terkait wisata manaqib bisa menampung puluhan ribu wisnus dari berbagai penjuru Tanah Air dan juga mancanegara,” pungkasnya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & dok. Sirnarasa

Captions:
1. Wisman asal Amrik berwisata religi manaqib di Pesantren Sirnarasa, Panjalu, Ciamis, Jawa Barat. 2. Para wisman asal Amrik dan pemandunya.
3. Menikmati kreasi para santri. 
4. Ngobrol dan sharing
5. Pintu masuk utama Pesantren Sirnarasa.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP