. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 30 April 2018

Tiga Alasan Anjasmara Tergila-gila Yoga

Sejak mengenal yoga 1994 silam, Anjasmara langsung jatuh hati, tergila-gila, dan kemudian mencintainya sepenuh hati sampai kini. “Yoga is Love, Fun, and Peace,” begitu alasannya.

“Yoga membuatku jatuh cinta, Yoga membuatku senang, dan yoga membuatku merasa damai,” kata pemilik nama lengkap Anjasmara Prasetya yang akrab disapa Anjas ini kepada TravelPlus Indonesia usai menghadiri jumpa pers pre-event Yoga Festival 2018 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (30/4) sore.

Bukti kalau pria kelahiran Blitar, Jawa Timur, 13 November 1975 ini serius dengan olah raga meditasi dari India ini, dia tunjukkan dengan mengambil kelas sertifikat untuk mengajar.

Bertahun-tahun berlatih, akhirnya sejumlah gerakan sulit yoga namaste pun berhasil dia lakukan.

Kalau tidak percaya, lihat saja di akun instagram-nya @anjasmara, dia mengunggah foto-fotonya tengah melakukan gerakan yoga namaste dalam posisi kepala di bawah, sementara kakinya berada di atas tengah bersila, kedua tangan Anjasmara saling bertemu di depan dadanya. Ada juga fotonya saat ber-yoga dalam posisi menyerupai kalajengking.

Setelah sertifikat sebagai pengajar/instruktur atau guru yoga itu berhasil digenggamnya, artis yang namanya melejit di era 90-an ini pun menularkan keahliannya ber-yoga kepada istri dan teman-temannya untuk mengikuti kelas yoga.

Belakangan Anjas pun sudah menjadi pelatih yoga namaste yang mahir melakukan gerakan-gerakan yoga yang rumit.

Ketika disinggung apakah instruktur yoga di Indonesia sudah bisa menjadi profesi yang menjanjikan? “Cukup,” kata suami artis Dian Nitami ini.

Menurut pria yang mengawai karier keartisannya sebagai model lalu pemain sinetron, presenter TV, dan pemain film layar lebar ini, banyak keuntungan yang didapatnya dengan menekuni yoga.

“Aku bisa me-manage stress dengan lebih baik, badan jadi lebih sehat, dan lebih kenal dengan tubuh,” akunya.

Kata Anjas yang aktingnya pernah mendapat pujian saat melakoni peran sebagai pemuda lugu dan lucu tapi agak terbelakang bernama Cecep dalam sinetron Wah, Cantiknya ini, sejak rajin ber-yoga dia mengaku jarang sakit.

“Sejak rajin ber-yoga, aku merasa selalu sehat dan bugar, tidak lagi sering berobat ke rumah sakit,” terangnya.

Kata Anjas lagi, yoga juga bisa membuat kualitas seks menjadi lebih baik, dan bisa digunakan unutk metode melangsingkan tubuh.

“Yoga juga bisa membuat jiwaku lebih tenang, lebih sabar, dan lebih bahagia," jelas Anjas yang memang terlihat tetap langsing dan wajahnya awet muda.

Alasan lain seorang Anjas yang pernah memerankan mantan Presiden Soekarno atau Bung Karno dalam FTV garapan Garin Nugroho ini menekuni yoga adalah karena tidak membutuhkan biaya besar. 

“Yoga juga tidak butuh biaya besar, hanya butuh latihan dan kosentrasi," ujar Anjas yang memang mempunyai hubungan cukup dekat dengan keluarga Bung Karno, mengingat dia adalah anak tiri Rachmawati Soekarnoputri, salah seorang putri dari Bung Karno.

Meskipun sudah menjadi salah satu instruktur yoga terlaris di Indonesia, Anjas yang juga pernah bermain dalam pertunjukkan wayang dan juga panggung teater yang sama-sama memerankan tokoh Bung Karno ini, mengaku tetap rajin ber-yoga.

"Hampir setiap hari aku ber-yoga. Yoga sudah jadi kebutuhanku sehari-hari karena banyak manfaatnya,” ungkap Anjas yang pernah keliling beberapa tepat di India, Dubai, dan tentu saja sejumlah destinasi eksotik di Tanah Air untuk mengajar, memperkenalkan sekaligus menduniakan yoga.

Yoga Festival 2018  yang digelar dalam rangka menyambut  Hari Yoga Internasional ke-4  dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata, akan berlangsung di 10 kota di antaranya Malang (22/4), Jakarta (28/4), Yogyaharta (5/5), Bandung (9/6), Bali (16-17/6), Surabaya (21/6), Jakarta (23/6), Medan (24/6). Yogyakarta (24/6), dan Surabaya (10/8). Puncak perayaan event ini akan berlangsung di Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu (24/6). 

Pada keempatan yang sama, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan event Yoga Festival tahun ini memiliki arti penting dalam meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dengan India yang berjalan 70 tahun pas 2019 mendatang. 

"Februari 2018 lalu, kami mengirim Anjasmara dan Ayu Laksmi untuk menghadiri Festival Yoga International di Rishikesh, India," kata Arief Yahya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & dok.@anjasmara

Captions:
1. Anjasmara, selebitras yang tergila-gila yoga.
2. Anjasmara mahir melakukan gerakan-gerakan yoga yang rumit, kini menjadi pengajar yoga namaste.
3. Anjasmara bersama istri Dian Nitami yang juga menekuni yoga.
4. Anjasmara bersama Menpar Arief Yahya dan Dubes India untuk Indonesia Pradeef Kumar Rawat.
5. Anjasmara saat berada di Taj Mahal, India.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP