. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 16 April 2018

Ini Suguhan Acara Buat Peserta Sabang Marine Festival 2018

Tercatat sudah ada 22 kapal yact yang akan mengikuti Sabang Marine Festival (SMF) 2018 di Sabang, Pulau Weh, Aceh, selama lima hari, 26-30 April mendatang.

Ke-22 kapal yacht itu dari mancanegara antara lain Australia, AS, Inggris, Kanada, Selandia Baru, Jepang, dan Tahiland. Jumlahnya diperkirakan akan meningkat.

Di SMF ke-4 yang mengangkat tema ‘Sabang-Golden Marine Tourism Triangle’ ini, pesertanya tinggal di Sabang selama lebih dari seminggu.

Selain akan disambut dengan ramah oleh panitia dan warga Sabang, mereka akan diikutsertakan dalam berbagai kegiatan antara lain menyaksikan Kenduri Laot, menikmati suguhan art and performance, mengikuti Yachts Parade, fun bike, dan launching Sabang Yacht Club.

Peserta SMF 2018 juga akan melakukan City Tour Sabang dan Banda Aceh.

“Kita akan ajak 22 kapal yacht keliling obyek wisata yang ada di Sabang seperti ke Tugu Nol Kilometer dan juga Banda Aceh terutama ke obyek-obyek wisata tsunami,” terang Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) Sayid Fadhil dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Senin (16/4).

“Jadi waktu seminggu lebih itu, bagi para yachter yang berjiwa traveller itu sangat singkat,” tambah Sayid Fadhil.

Menurut Sayid Fadhil SMF 2018 digelar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sabang, sekaligus dalam rangka melahirkan jalur Regatta Yachting Golden Triangle SaPhuLa (Sabang, Phuket & Langkawi), sebagai jalur tiga destinasi dalam satu paket wisata. “

Phuket dan Langkawi sudah lama menjadi destinasi yacht dunia. Ratusan kapal ada di sana. Kita berusaha menarik ke Sabang,” kata Sayid Fadhil.

Melalui event SMF 2018 akan menjadi momentum untuk melakukan kompetisi free diving kelas dunia, karena Sabang merupakan destinasi diving kelas dunia memiliki lebih dari 22 diving site sebagai salah satu daya tarik.



“Sebagai marine tourism kelas dunia, Sabang memproyeksikan tahun ini dikunjungi sebanyak 61 kapal yacht, 9 kapal cruise, dan 6.210 divers, total sebanyak 29 ribu wisman, sedangkan tahun 2019 akan meningkat menjadi 76 kapal yacht, 10 kapal cruise, dan 10.736 divers total sebanyak 38.681 wisman,” ungkap Sayid Fadhil.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar Dwisuryo Indroyono Soesilo membenarkan SMF 2018 yang menempuh jalur pelayaran meliputi Sabang (Indonesia) - Phuket(Thailand) - Langkawi (Malaysia), menjadi momentum yang tepat untuk mendorong kerjasama tiga negara (Indonesia, Malaysia, dan Thailand) dalam kerangka IMT GT.

“Kerjasama IMT GT dapat dimulai dari kerjasama marine tourism, antara lain diwujudkan dalam SMF tahun ini,” ujar Indroyono.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & joko-humas kemenpar

Captions:
1. Kapal yacht di perairan Sabang, Pulau Weh, Aceh. 
2. Jumpa pers Sabang Marine Festival (SMF) 2018 di Jakarta.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP