. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 14 Maret 2018

Mau Saksikan Festival Teluk Jailolo Sekaligus Menyelam? Ini Pilihan Paket Turnya

Sejumlah paket tur untuk menyaksikan Festival Teluk Jailolo 2018 sudah tersebar di media sosial beberapa hari belakangan ini. Padahal salah satu dari 3 event andalan Maluku Utara (Malut) yang masuk 100 Top Events Nasional 2018 selain Festival Tidore dan Festival Kora-Kora ini, baru akan berlangsung tanggal 3-5 Mei mendatang di Halmahera Barat (Halbar).

Nama paket turnya Paket Wisata Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2018 yang berdurasi 4 hari 3 malam.

Rangkaian acara paketnya pada hari pertama, Kamis (3/5) adalah melihat Ritual Sigafi Ngolo, Gelar Kuliner Halbar, Pagelaran Theme Song FTJ, Mangrove Gamtala, dan menyaksikan Orom Sasadu.

Di hari kedua, Jumat (4/5) peserta tur akan mengikuti Spice Trip Bobanehena, Pesta Tani & Panen Padi Ladang, menonton Video Wall FTJ 2009-2018, menyaksikan Sasadu on the Sea yang menyuguhkan dua tarian kontemporer karya koreografer Indonesia bereputasi dunia Eko Supriyanto yakni Cry Jailolo dan Balabala, serta melihat Slank Performance.

Hari terakhir atau hari ketiga, Sabtu (5/5) menikmati Pastofiri Island Night atau Barbeque Night.

Paket tur FTJ 2018 dibanderol dengan harga Rp 3,5 juta per orang, minimal 6 orang.

Harga tersebut sudah termasuk antara lain transportasi lokal, akomodasi, air mineral, dan pemandu wisata. Namun tidak termasuk tiket pesawat, mini bar, tips pemandu, dan lainnya.

Buat wisatawan yang tertarik megikuti paket tur tersebut, bisa memesannya lewat nomor kontak yang tertera di akun Instagram (IG) @festivaltelukjailolo_official.

Selain Cry Jailolo dan Balabala serta persembahan Slank, FTJ 2018 yang bertajuk “Wonderful Culture of Spice Island” ini juga akan ramaikan dengan serangkaian acara menarik seperti Orom Sasadu, Sigofi Ngolo, Seni Budaya Moloku Kie Raha, Parade Budaya, Gelar Kuliner Makanan Khas Halmahera Barat, dan Pameran.

Orom Sasadu adalah ritual syukur suku Sahu saat panen. Ritual seperti makan bersama biasanya diadakan dua kali pada bulan Januari dan Agustus.

Pada waktu makan malam akan dimainkan musik khas Sahu. Saat Sultan datang berkunjung, maka tarian Sara Dabi Dabi juga diperlihatkan.

Sementara Sigofi Ngolo merupakan ritual membersihkan laut untuk menyingkirkan semua itikad buruk dan meminta izin kepada alam saat memulai pelayaran dengan niat tulus. 

Kalau ingin sekalian menikmati pesona bawah laut Halbar dan wilayah lain di Malut, wisatawan bisa memilih paket wisata menyelam dari Dodoku Dive Center yang mengikut pameran bersamaan dengan acara launching Calendar of Event (CoE) Malut 2018 di Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Selasa (13/3).

Paket menyelamnya antara lain ada Paket Jailolo, Ternate, Tidore, dan Paket Morotai.

Paket Jailolo yang berdurasi 5 hari 4 malam dengan 9 kali dive log, dipatok dengan harga Rp 7,5 juta per orang, minimal 4 orang.

Paket Ternate yang terdiri atas menyelam di dive spot yang ada di Ternate, Tidore, dan Maitara, harganya Rp 6,5 juta per orang minimal 4 orang. Durasi paketnya 3 hari 2 malam dengan 6 kali dive log.

Paket Tidore (Maitara, Ternate, Hiri, dan Tidore) selama 4 hari 3 malam dengan 9 kali dive log. Harga paketnya Rp 7,5 juta per orang minimal 7 orang.

Sementara Paket Morotoi juga 5 hari 4 malam dengan 9 kali dive log, harganya Rp 8,5 juta per orang minimal 7 orang.

Wisatawan yang tertarik dengan paket-paket menyelam di Malut itu bisa menghubungi akun IG @dodokudivecenter.

FJF 2018 bersama 33 event Malut lainnya sudah di-launching oleh Pemprov Malut didukung Kemenpar.

Peluncuran CeE Malut 2018 yang ber-tagline: "Pesona Kie Raha Mengguncang Dunia" ini dihadiri Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Plt. Gubernur Malut H. Muhammad Natsir Thaib, Sultan Ternate H. Sjafruddin Sjah, Kepala Dinas Pariwisata Malut Samsuddin A. Kadir, beberapa bupati di Malut, sejumlah tamu undangan serta wartawan dan blogger.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji, @festivaltelukjailolo_official & @dodokudivecenter.

Captions:
1. Cry Jailolo salah satu suguhan berkelas dunia di Festival Teluk Jailolo (FTJ), Maluku Utara (Malut) tahun ini.
2. Paket wisata FTJ 2018.
3. Salah satu spot menyelam di Malut.
4. Ragam paket menyelam di Malut.
5. Menpar Arief Yahya (paling tengah) me-launching Calendar of Event (CoE) Malut 2018, salah satunya  FTJ yang menjadi salah satu dari 3 andalan event Malut. 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP