. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 24 Maret 2018

De Tjolomadoe, Dulu Pabrik Gula Kini Tak Cuma Venue Konser Berkelas Dunia

Sejak terpilih menjadi salah satu lokasi konser Hitman David Foster and Friends yang menggandeng Brian McKnight dan Anggun, Sabtu 24 Maret 2018, nama De Tjolomadoe langsung mencuat ke permukaan dan banyak orang yang kepo bingits (ingin tahu banget).

De Tjolomadoe, dulu bernama Colomadu, sebuah Pabrik Gula (PG) yang didirikan tahun 1861 di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah oleh Mangkunegaran IV.

PG ini kemudian berhenti beroperasi selama sekitar 20 tahun dan mengakibatkan kondisinya terbengkalai.

Bekas bangunan PG Colomadu seluas 1,3 ha di atas lahan 6,4 ha itu mulai direvitalisasi tahun 2017 oleh PT Sinergi Colomadu yang merupakan joint venture antara PT PP Properti TBK selaku penanggung jawab revitalisasi bersama tiga BUMN lainnya PT Pembangunan Perumahan (PP), PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko (Persero), serta PT Jasa Marga Properti.

Setelah direvitalisasi, namanya berganti De Tjolomadoe. Tapi bukan lagi sebagai PG melainkan berkonsep Convention and Heritage.

Bangunan yang direvitalisasi antara lain Stasiun Gilingan yang akan difungsikan menjadi Museum Pabrik Gula, Stasiun Ketelan (area F&B), Stasiun Penguapan (area Arcade), Stasiun Karbonatasi (area Art & Craft), Tjolomadoe Hall (concert hall), Sarkara Hall (multi-function hall), dan Besali Café sebagai F&B.

Menariknya, suasana PG zaman doeloe  tetap dipertahankan dengan atap-atap bangunan yang tinggi serta dilengkapi penyejuk ruangan.

Peresemian De Tjolomadu bertepatan dengan Konser Hitman David Foster & Friends yang juga menghadirkan Sandhy Sondoro, Dira Sugandi, dan Yura Yunita.

Konser tersebut bertempat di convention hall De Tjolomadoe yang berkapasitas 3.000 orang.

Selain convention hall sebagai venue konser musik, pameran, dan lainnya, juga ada multifunction hall yang bisa disewa sebagai gedung pernikahan dan event besar lainnya.

Gedung tersebut juga mampu menampung maksimal 3.000 orang.

Di De Tjolomadoe, pengunjung bisa melihat mesin-mesin raksasa PG buatan Jerman.

Lokasinya tak jauh dari pintu utama, antara lain penggilingan, stasiun penguapan, dan bekas rel lori pengangkut tebu zaman dulu.

Selain itu juga ada kedai kopi bernama Tjolo Koffie yang perabotannya berwana coklat tua seperti warna kopi.

Kehadiran De Tjolomadoe tentunya bukan hanya menambah venue konser dan pameran berkelas internasional di Indonesia, pun sekaligus sebagai daya tarik wisata sejarah (heritage) terbaru bagi Kabupaten Karanganyar khususnya.

De Tjolomadoe mudah sekali dijangkau. Lokasinya di Jalan Adi Sucipto Nomor 1, Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, sekitar 10 menit dari Bandara Internasional Adi Soemarmo.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: @de_tjolomadoe

Captions:
1. Wajah Pabrik Gula (PG) Colomadu kini yang telah berubah menjadi De Tjolomadoe Convention & Heritage.
2. Mesin-Mesin raksasa di bekas PG Colomadu.
3. Stasiun Gilingan di PG Colomadu dipertahankan lalu dijadikan museum.
4. Saat PG Colomadu direvitalisasi.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP