. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 22 Maret 2018

12 Rekomendasi Bidang Musik Ini Diserahkan Glenn Fredly ke Presiden Jokowi

Musik Indonesia harus segera memiliki sistem pendataan terpadu yang melibatkan jaringan data lintas lembaga, kementerian serta pusat-pusat data milik masyarakat dengan mekanisme yang menjamin akses bagi seluruh pemangku kepentingan di bidang musik Indonesia.

Itulah isi rekomendasi bidang musik yang disampaikan ketua komite Konferensi Musik Indonesia pertama Glenn Fredly kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Pembentukan sistem pendataan terpadu musik Indonesia tersebut merupakan butir pertama dari 12 butir rekomendasi bidang musik yang diserahkan Glenn.

Menurut Glenn keberlangsungan musik Indonesia seluruhnya bertumpu pada kemajuan ekosistemnya, yakni segenap pola interaksi antarunsur yang saling menunjang dalam dunia musik Indonesia. Jadi perlu komitmen kerja bersama yang melibatkan seluruh lembaga pengambil kebijakan dan pemangku kepentingan di bidang musik.

Adapun isi butir kedua dari rekomendasi tersebut berbunyi mengarusutamakan musik dalam pendidikan nasional dan diplomasi budaya Indonesia untuk memperkaya bentuk-bentuk pemanfaatan musik sebagai ekspresi budaya, aset ekonomi dan pembentuk karakter bangsa.

Butir berikutnya meningkatkan apresiasi dan literasi musik melalui penguatan dan standarisasi kurikulum pendidikan musik di sekolah dasar dan menengah serta peningkatan kompetensi pengajar musik di sekolah.

Lalu membangun pendidikan musik Indonesia yang relevan dengan konteks lokal setiap daerah di Indonesia guna melahirkan para pencipta, para pekerja musik dan para akademisi musik.

Selanjutnya mendorong terwujudnya keadilan gender dalam musik Indonesia melalui pemberlakuan klausul yang responsif gender dalam kontrak kerjasama dengan musisi sebagaimana yang tercantum dalam peraturan ketenagakerjaan serta pemberlakuan aturan yang melarang kekerasan dan pelecehan seksual di ruang-ruang bermusik.

Kemudian mendorong terwujudnya sistem dan mekanisme distribusi digital yang memastikan terjaminnya akses yang transparan, berbasis waktu-nyata, dapat diandalkan, serta melindungi karya cipta musik Indonesia.

Juga mendorong terwujudnya infrastruktur pertunjukan, pendidikan dan produksi musik yang memenuhi standar kelayakan, relevan dengan budaya lokal dan menjamin terwujudnya akses yang meluas, merata, dan berkeadilan.

Tak ketinggalan mendorong pelindungan dan pengembangan ekosistem musik etnik melalui pertukaran musisi antardaerah, kepastian keberlanjutan lingkungan dan sumber daya alam, serta pemberlakuan mekanisme pembagian manfaat yang layak atas segala bentuk pemanfaatan musik etnik.

Butir selanjutnya, meningkatkan kesejahteraan musisi Indonesia melalui pembentukan sistem penentuan tarif royalti nasional, mekanisme pembagian royalti yang berkeadilan, sistem pemantauan, mekanisme penegakan hukum atas setiap pelanggaran hak kekayaan intelektual musisi, serta penetapan standar upah minimum musisi.

Tak lupa mendorong peningkatan pemahaman dan kecintaan masyarakat terhadap musik Indonesia melalui penyebarluasan wawasan sejarah musik dan kritik musik yang dimotori oleh jurnalisme musik yang profesional.

Berikutnya, meningkatkan kapasitas dan profesionalitas para pemangku kepentingan di bidang musik dan pendidikan musik dengan memperbanyak jumlah lembaga pendidikan musik dan manajemen musik, serta sinkronisasi lembaga sertifikasi kompetensi dan profesi di bidang musik yang mengacu pada kekhasan kondisi Indonesia.

Dan terakhir atau butir keduabelas berbunyi mendorong terwujudnya tata kelola industri musik Indonesia masa depan dengan peningkatan profesionalitas manajemen musisi, label, dan penerbit musik melalui pembagian peran yang jelas guna mendorong kreativitas dan produktivitas musisi.


Keduabelas butir rekomendasi bidang musik tersebut merupakan hasil Konferensi Musik Indonesia perdana yang telah berlangsung di Kota Ambon, Maluku, 7-9 Maret 2018 lalu.

Glenn datang ke Istana Negara Jakarta tidak sendiri.

Mengenakan kemeja batik lengan panjang berwarna ungu dan berpeci hitam, dia didampingi sejumlah musisi/penyanyi ternama antara lain Dwiki Dharmawan, Erwin Gutawa, Abdee Negara, Bunga Citra Lestari, Sheryl Sheinafia, serta Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan juga beberapa rekan dari kalangan wartawan.

“Kolaborasi, inspirasi, dan, inovasi untuk membangun ekosistem Tanah Air… Salam #kamimusik Indonesia,” ungkap Glenn di akun Instagram-nya @glennfredly309 seusai diterima Presiden Jokowi yang memakai baju batik lengan panjang berwarna biru gelap dengan motif simpel berwarna emas.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & @glennfredly309

Captions:
1. Glenn Fredly ketua komite Konferensi Musik Indonesia pertama di Ambon.
2. Glenn Fredly menyerahkan 12 butir rekomendasi bidang musik hasil Konferensi Musik Indonesia perdana kepada Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP