. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 20 Februari 2018

Ini yang Bikin Gebyar Pesona Budaya Garut 2018 Lebih Istimewa

Kabupaten Garut di Jawa Barat (Jabar) bukan cuma dianugerahi sederet wisata alam baik gunung, pantai, pedesaan, dan air terjun yang menawan pun ragam budaya yang memikat. Kalau tidak percaya datanglah saat berlangsungnya Gebyar Pesona Budaya Garut.

Tahun ini, culture event tahunan tersebut akan berlangsung mulai 22-27 Februari. Lokasi acaranya berpusat di Lapangan Ciateul, Kabupaten Garut.

Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) 2018 terdiri atas 4 mata acara utama yakni Helaran dan Seni Budya, Festival dan Pentas Seni Budaya, Pemecahaan Rekor Indonesia, dan Garut Creative Expo.

Helaran dan Seni Budaya yang berlangsung tanggal 22 Februari diisi dengan suguhan 22 seni unggulan se-Kabupatan Garut, 10 kabupaten/kota se-Jabar, 7 provinsi se-Indonesia, dan penampilan dari 9 Komunitas Adat yang ada di Garut.

Festival dan Pentas Seni Budaya yang berlangsung dari tanggal 22-26 Februari akan menampilkan beragam festival seperti Festival Kopi, Tanam Padi, Ngagondang, Ngaranang Bako, Tangkap Ikan Sawah, Lagu Pop Indonesia, Merakit Traktor, Merangkai Bunga dan Buah, Olahan Pangan, Makan Nasi Timbel, Nasi Congcot, dan Festival Pangkas Rambut Gratis serta Asah Terampil Kelompencapir.

Sementara lombanya ada Lomba Photo Spot dan Lomba Lukis.

Pemecahan Rekor Indonesia yang akan berlangsung tanggal 22-23 Februari, terdiri atas rekor Sangkar Burung Terbesar dan rekor Rampak Silat Bambu Runcing yang akan diikuti 700 pendekar silat dari 29 perguruan.

Garut Creative Expo yang dimulai 22-27 Februari akan diisi lebih dari 500 stan UMKM termasuk perwakilan 4 negara sahabat untuk ikut berpromosi.

GPBG 2018 bertema "Gawe Rancage Mawa Raharja" atau Kerja Bersama untuk Meraih Kesejahteraan ini terasa lebih istimewa lantaran termasuk  dalam kalender 100 Event Nasional 2018, dan berbarengan dengan HUT Kabupaten Garut ke-205.

Puncak GPBG 2018 pun akan dimeriahkan dengan pagelaran Wayang Ajen yang sudah bereputasi internasional. Lokasinya di Alun-Alun Karangpawitan, 24 Februari.

Hayu atuh ka Garut…

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. bapedda.garutkab & adji

Captions:
1. Suguhan tari di Gebyar Pesona Budaya Garut sebelumnya.
2. Ki Dalang Wawan Ajen, pendiri Wayang Ajen.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP