. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 22 Februari 2018

Menpar Arief Yahya: Delman Bisa Jadi Daya Tarik Wisata

Kenakan baju dan celana hitam dengan lilitan kain batik Garut warna dasar putih bermotif warna coklat tua, senada dengan blangkon Sunda-nya, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya keluar dari Gedung SMA Negeri l Garut di Jalan Merdeka. Dia pun langsung naik delman.

Masyarakat lokal termasuk ratusan murid dan sejumlah guru memberi sambutan meriah sambil mengibarkan bendera Merah Putih dan bendera kertas bertuliskan Gebyar Pesona Budaya Garut 205 th ke arah delman yang dinaiki Arief Yahya.

Sebelum delman bergerak, para ibu dan pengunjung lainnya mengabadikan dan berebut ber-selfie bareng Arief Yahya.

Saat duduk di delman itulah Arief Yahya berkomentar singkat kepada TravelPlus Indonesia. “Delman ini bisa jadi daya tarik wisata, asal dikemas bagus,” ujarnya sambil tersenyum cerah.

Pengemasan yang dimaksud Arief Yahya tentu saja dari penampilan kereta, kuda, dan juga kusirnya.

Aref Yahya mengaku naik delman ini bukan kali pertama. “Dulu saya pernah juga diarak dengan delman kuda di Bandung. Tapi itu sudah lama sekali,” ungkapnya lagi.

Delman yang ditunggangi Arief Yahya terlihat paling keren dibanding 11 delman lainnya. Kuda delman tersebut bernama Merene, berkulit coklat tua, dan boleh dibilang paling bersih dan gagah.

Kuda tersebut mengenakan hiasan kepala warna-warni dan juga baju atau pakaian khusus kuda dari kulit yang juga berwarna-warni. Penampilannya menarik perhatian pengunjung, tak heran kerap diabadikan.

Delmannya pun dihiasai dengan dua lampu hias antik dari bahan kuningan sehingga terlihat lebih klasik. Sementara sang kusir, H Idun (56) mengenakan baju pangsi berwarna serba hitam.

Delman yang dinaiki Arief Yahya berada di posisi terdepan. Berikutnya menyusul delman yang dinaiki Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ferdiansyah, Staff Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dadang Rizki Ratman, Pjs Bupati Garut Koesmayadi, dan Kepala Bidang Area Jawa Wawan Gunawan.

Tak ketingalan para duta besar ataupun yang mewakili antara lain Mr. Zalmai Wafamal (Wakil Dubes Afghanistan), Mr. Emil Ahmadov (Consul Embassy Afghanistan), Mr. Mehdi Abolghasemi (Attaché Embassy Iran), Mr. Mahmud Tohtiev (Wakil Dubes Uzbekistan), Mr. Alisher Kayumov (Senior Diplomat Uzbekistan), dan Mr. Roslan Othman selaku Director of Malaysian Tourism.

Sepanjang Jalan Merdeka menuju Lapangan Ciateul, lokasi acara pembukaan GPBG 2018 dipenuhi warga dan pengunjung.

Mereka sangat antusias menyambut 12 delman yang dinaiki para pejabat dan dubes tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Garut Budi Gan Gan Gumilar mengatakan sengaja menyiapkan delman untuk mengarak Menpar Arief Yahya dan para tamu VVIP lainnya.

Menurut Budi, delman kuda masih jadi alat transportasi tradisional yang tetap beroperasi di Garut.

Selain delman kuda, lanjutnya di Garut juga ada delman domba atau biasa disingkat deldom yang juga menjadi daya tarik wisata.

Naskah dan foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Menpar Arief Yahya naik delman kuda disambut hangat warga dan pengunjung.
2. Delman kuda yang dinaiki Menpar Arief Yahya ke lokasi acara pembukaan Gebyar Pesona Budaya Garut  (GPBG) 2018.
3. Menpar Arief Yahya melambaikan salam ke para pengunjung GBPG 2018.
4. Ribuan masyarakat dan pengunjung menyaksikan arak-arakan delman kuda.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP