. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 17 Februari 2018

Festival Benyamin Biang Kerok Sukses Memikat Pengunjung, Ini Faktor Pendukungnya

Festival Benyamin Biang Kerok yang digelar sekaligus untuk mempromosikan film layar lebar bertajuk sama di Gedung Pusat Kebudayaan Betawi, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (17/2/2018), ternyata berhasil menjaring  dan memikat pengujung sejak siang sampai tengah malam.

Kesuksesan itu tak lepas dari promosi pra event festival tersebut yang dilakukan falcon pictures antara lain melalui akun Instagram (IG)-nya @falconpictures yang kemudian di-repost beberapa artis pendukung film tersebut antara lain seperti yang dilakukan Rano Karno lewat akun IG-nya @si.rano.

Juga oleh pengisi acara festival tersebut seperti yang dilakukan band Jiung Brothers asal Kemayoran lewat akun IG-nya @jibrosband dan Biang Kerok Band dari Jagakarsa melalui akun IG-nya @biangkerokband

Tak ketinggalan peran travel blogger yang turut mempromosikan festival tersebut lewat tulisan informatif, kemudian menyebarluaskan link tulisannya via beragam medsos (IG, FB, dan Twitter serta ke sejumlah WA Group), sebagaimana yang dilakukan TravelPlus Indonesia.

Faktor berikutnya, beragam acara yang disuguhkan juga menjadi daya pikat, antara lain tradisi Palang Pintu, Bazaar Kuliner dan kerajinan tangan khas Betawi, Parade Band-Band Betawi, Sketsa Film Biang Kerok serta pertunjukkan Layar Tancap.

Menariknya lagi di Bazaar Betawi, bukan hanya menjual Dodol Betawi, Kue Kembang Mayang, Es Selendang Mayang, dan Bibir Pletok, pun ada atraksi pembuatan Dodol Betawi.

Pengunjung bukan hanya bisa melihat dan memotretnya pun mencoba mengaduk Dodol Betawi hitam dan coklat di dua wajan berukuran besar.

Sementara kerajinan tangan atau ekonomi kreatif khas Betawi yang dijual juga cukup banyak seperti boneka ondel-ondel, kaos bergambar Benyamin, baju pangsi berikut ikat pinggang dan peci khas Betawi.

Parade Band-Band Betawi yang menghadirkan antara lain Jibros Band dan Biang Kerok Band yang memiliki penggemar fanatik, memberi nilai plus tersendiri buat festival ini.

Band-band tersebut berhasil menghibur pengujung selepas Maghrib dengan menyanyikan lagu-lagu nge-hits yang pernah dinyanyikan almarhum Benyamin dan pasangan duet-nya Ida Royani.

Panggung, lighting, dan sound system-nya juga cukup mendukung.

Sketsa Film Biang Kerok yang diperagakan antara lain oleh Pengki-pemenang lomba mirip Benyamin berhasil mengocok perut pengunjung.

Suara dan bahasa tubuh Pengki benar-benar mirip almarhum Benyamin.

Gedung Pusat Kebudayaan Betawi sebagai lokasi acara festival ini pun menjadi daya tarik tersendiri.

Maklum selain lokasinya strategis yakni di seberang Stasiun Jatinegara, bangunannya juga berarsitektur klasik karena merupakan peninggalan kolonial Belanda.

Kabarnya, salah satu ruang di gedung bekas Kodim 0505 tersebut akan dijadikan Museum Benyamin.

Fakor pemikat lainnya, tentu saja kehadiran Reza Rahadian dan Delia Husein ke festival ini.

Pengunjung sangat antusias mengabadikan Reza yang menjadi pemeran utama film Benyamin Biang Kerok sebagai Pengki dan juga Delia Husein sebagai Aida.

"Acaranya seru, apalagi parade band-band Betawi-nya keren," kata Dahlan, warga dari Jakarta Selatan yang datang bersama 3 sohibnya.

Lain lagi dengan Yati, warga Jakarta Timur mengaku paling senang dengan bazaar kulinernya. "Mudah-mudahn festival ini tahun depan ada lagi dan kulinernya ditambah lagi seperti Roti Buaya, Nasi Uduk dengan Semur Jengkolnya, Pindang Bandeng, Bandeng Pesmol, dan lainnya,"ujarnya. 

Melihat keberhasilan Festival Benyamin Biang Kerok menjaring dan memikat perhatian pengunjung terutama dari Jabodetabek, semestinya festival ini tidak berhenti sampai di sini atau di tahun ini saja.

Festival Benyamin Biang Kerok layak diselenggarakan lagi tahun depan atau dengan kata lain menjadi agenda tetap tahunan, untuk memperkaya jumlah culture event berkonsep festival di Jakarta.

Namun kemasannya harus lebih menarik, kreatif, dan kekinian dengan beragam lomba terkait dan juga promosi pra event yang lebih gencar bersinergi dengan travel blogger.

Tak ketinggalan melibatkan public figure tersohor dan berprestasi sebagai salah satu daya pikatnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Aksi Pengki, pemenang lomba Mirip Benyamin saat bernyanyi di Festival Benyamin Biang Kerok di Gedung Pusat Kebudayaan Betawi, Jaktim
2. Kue Kembang Mayang khas Betawi yang dijual di Bazar Kuliner Festival Benyamin Biang Kerok.
3. Suasana pengunjung saat menykasikan parade band-band Betawi di Festival Benyamin Biang Kerok.
4. Plang kepemilikan Gedung Pusat Kebudayaan Betawi.
5. Pengunjung Festival Benyamin Biang Kerok menikmati sajian sketsa film Biang Kerok.


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP