. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 10 Desember 2017

STP Bandung Mantap Go International, Tahun Depan Kedatangan Lagi Mahasiswa Mancanegara

Kabar Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung sudah bertaraf internasional dan diminati mahasiswa dari mancanegra, bukan isapan jempol. Buktinya tahun depan sudah ada sejumlah mahasiswa dari 5 universitas ternama dunia yang akan nge-block semester di kampus pencetak SDM pariwisata andal di Negeri ini.

“Benar, tahun depan sekurangnya ada 5 universitas dari Perancis, Jerman, Amerika Serikat, Australia, dan China yang beberapa mahasiswanya akan nge-Block Semester di STP NHI Bandung,” terang Dr. Anang Sutono, CHE selaku ketua STP NHI Bandung kepada TravelPlus Indonesia usai menghadiri Seminar Hasil Program Kerjasama Luar Negeri (PKLN) yang diselenggarakan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Puslitabmas) atau Research & Community Service Center (RCSC) STP NHI Bandung di lantai 2 Gedung Mandalawangi, STP NHI Bandung, Kamis, (7/12/2017).

Adapun rincian kelima universitas tersebut, lanjut Anang, pertama tiga mahasiswa pascasarjana dari Universite D’Anger Perancis. “Mereka akan Block Semester pascasarjana mulai Februari 2018,” ungkapnya.

Berikutnya empat mahasiswa dari DHBW Lorrach University Germany, juga awal Februari tahun depan.

Selanjutnya sekitar enam sampai delapan mahasiswa dari Goerge Washington University USA sekitar bukan Juni-Juli 2018.

“Dua universitas mancanegara lagi masih dalam tahap konfirmasi yakni mahasiswa dari BoxHill Institute Australia dan Guillin Tourism University China,” papar Anang.

Menurut Anang yang baru saja lulus dari Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) dengan nilai akademik dan taskap sangat memuaskan, para mahasiswa mancanegara itu selain akan mengikuti proses kuliah di STP NHI Bandung, juga akan mengadakan riset, field trip, dan pengandian masyarakat.

“Mereka akan didampingi dengan sejumlah mahasiswa STP NHI Bandung dan juga dosen pembimbing,” jelasnya.

Kata Anang, pihaknya akan menerima dengan tangan terbuka para mahasiswa dari lima universitas tersebut.

“Ini sesuai arahan Menteri Pariwisata Arief Yahya bahwa sudah saatnya STP NHI Bandung didorong untuk memiliki international class,” ujarnya.

Dan hal itu, lanjut Anang sesuai dengan Visi STP NHI Bandung juga yang intinya ada dua, yaitu go international dan berkepribadian Indonesia.

Terkait Seminar Hasil PKLN para mahasiwa Semester 5 STP NHI Bandung di Belanda tahun ini, yakni bekerjasama dengan NHTV atau Breda University of Applied Sciences, Anang mengaku bangga karena hasil penelitian atau PKLN-nya dibuat dalam bentuk Insight Book setebal 53 halaman dalam Bahasa Inggris.

“Lihat saja tadi mereka (mahasiswa STP NHI Bandung yang PKLN di Belanda tahun ini-Red) begitu PeDe menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para evaluator dengan Bahasa Inggris yang lancar,” ujar Anang.

Menurut Anang ini tak terlepas dari hasil penyeleksian calon mahasiswa STP NHI Bandung yang jumlahnya belasan ribu tahun ini.

“Calon mahasiswa yang Bahasa Inggris-nya bagus sesuai standar STP NHI Bandung, itulah yang kami pilih. Ya hasilnya seperti ini, mereka kemudian begitu percaya diri ber-Bahasa Inggris,” akunya.

Anang juga menilai Seminar Hasil PKLN, dan sehari sebelumnya Seminiar Hasil Kuliah Kerja Nyata-Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) tahun ini lebih berkelas karena melibatkan lima unsur eksternal terkait atau Pentahelix yaitu akademisi, pelaku usaha industri wisata, komunitas, pemerintahan, dan media.

“Keikutsertaan unsur media di sini sangat penting agar terinformasikan ke khalayak. Harus dipertahankan karena memang sesuai juga dengan arahan Menpar Arief Yahya,” terangnya. 

Terkait pemilihan lokasi PKLN mahasiswa STP Bandung di Belanda tahun ini, salah seorang evaluator dari unsur akademisi, Drs. Thamrin Bhiwana Bachri, M.Sc sempat mempertanyakannya.

Menurut mantan Dirjen Pemasaran sewaktu Kementerian Pariwisata masih bernama Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) ini, tentunya ada alasan pemilihan negeri Belanda sebagai lokasi PKLN tahun ini.

“Kalau melihat pasar yang tengah diincar dan digarap habis-habisan oleh pemerintah dalam hal ini Kemenpar yaitu wisman asal China, semestinya lokasi PKLN mahasiswa STP NHI Bandung tahun ini ya di negeri tirai bambu itu, mengingat semakin besar jumlah kunjungan wisman China ke Indonesia belakangan ini,” ungkap Thamrin yang kini menjadi dosen pascasarjana di STP NHI Bandung.

Tapi, kalau ingin mendapatkan hasil penelitian dari sisi kualitas wisman-nya, sambung Thamrin, pemilihan negeri Belanda itu sudah tepat.

Ketua Puslitabmas atau RCSC STP NHI Bandung Dr. Beta Budisetyorini  pun segera menjelaskan soal itu.

Menurut Beta karena sudah ada kerjasama terlebih dulu dengan NHTV atau Breda University of Applied Sciences, Belanda.

“Sebelumnya para mahasiswa NHTV Belanda melakukan riset di Indonesia khususnya di Toraja Utara dan Candi Borobudur. Kini giliran mahasiswa STP NHI Bandung yag melakukan penilitian di Belanda,” aku Beta.

Kata Beta PKLN mahasiswa STP NHI Bandung di Belanda mengambil topic Branding Wonderful Indonesia, khususnya untuk mengetahui tanggapan wisatawan Belanda terhadap in factor yang memang menjadi prioritas pembangunan pariwisata di Indonesia yaitu homestay, digital, dan connectivity.

“PKLN tersebut dilakukan para mahasiswa STP Bandung semester 5 selama kurang lebih sebulan,” terangnya.

Beta menambahkan tujuan PKLN itu untuk mendapatkan perspektif atau sudat pandang wisatawan Belanda yang sudah pernah ke Indonesia terhadap kondisi perkembangan pariwisata di Indonesia khususnya di top ten destinasi prioritas.

Pantauan Travelplus Indonesia, Seminar Hasil PKLN yang hanya menghadirkan satu kelompok mahasiswa, memang tak semeriah Seminar Hasil KKN-PPM sehari sebelumnya yang menampilkan 6 kelompok mahasiswa.

Namun kehadiran Anang Sutono mampu menghangatkan suasana. Terlebih Anang yang melek medsos ini mengajak para mahasiswa dan dosennya serta para evaluator narsis bareng, ber-wefie ria. Jadi seruuu…

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. STP NHI Bandung

Captions:
1. Ketua STP NHI Bandung Anang Sutono berfoto bersama para mahasiswa PKLN 2017.
2. Foto bareng sesepuh STP NHI Bandung.
3. Narsis bareng usai Seminar Hasil PKLN 2017.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP