. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 13 Juli 2017

Ini Resto-Resto di Sumba yang Membangkitkan Selera

Pesona Sumba bukan hanya pasola, kubur batu dan rumah adat di kampung adat, kuda Sandelwood, tenun ikat, bukit-bukit ber-savana, pantai-pantai menawan dan hutan taman nasionalnya. Tapi juga ragam kuliner tradisionalnya.

Rasanya kurang lengkap kunjungan Anda ke salah satu pulau eksotis di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini, kalau tidak mencicipi bermacam kuliner khasnya.

Nah, buat Anda yang ingin berkunjung ke Sumba dalam waktu dekat, berikut ini TravelPlus Indonesia suguhan beberapa resto yang menarik untuk dikunjungi karena tempatnya asyik dan menunya ajib.

Jika Anda tiba di Sumba Barat Daya, Warung Gula Garam pantas untuk Anda singgahi untuk makan siang.

Restonya berlokasi dekat dengan Bandara Tambolaka, tepatnya di Jalan Bandar Udara, Tambolaka, Ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD). Waktu tempuhnya cuma 10 menit dari Bandara Tambolaka dengan menggunakan mobil.

Resto ini bukan hanya menyajikan makanan khas Sumba pun ada western food dan makanan khas Indonesia lainnya. Rasa dan sajian menunya terbilang ok.

Meskipun tempatnya tidak begitu luas namun teduh dan enak untuk santai, apalagi ada wifinya.

Warung yang arsitekturnya mirip rumah adat orang Sumba ini juga bersih, dan para pegawainya yang semuanya orang lokal cukup ramah meskipun sedikit agak kaku.

Menu wlokalnya ada tumis bunga papaya, cah kangkung, ikan bakar khas Sumba dan lainnya. Sedangkam menu westerennya antara lain Pizza, Hamburger, Chiken, dan Lambchop-nya yang sangat maknyus dengan penyajian yang cukup berkelas.

Kabarnya warung ini milik orang asing dari Perancis, jadi tak heran tamunya juga banyak turis bule terutama dari Perancis.

Kalau Anda ingin bersantap di Sumba Barat, ada Pondok Daun Ubi yang terletak di Jalan Jaga Ngara, Komplek Pondok Pesantren Baitul Hikmah Putra, Waikabubak.

Anda bisa pilih mau duduk di dalam bangunan yang berbentuk rumah kayu, atau duduk di dangau atau semacam gubug di atas kolam yang terletak di sebelah bangunan utama.

Tempatnya pun bersih dan cukup tenang. Pelayanan stafnya juga cepat dan bagus. Namun yang terpenting adalah aneka menunya.

Ada sayur daun ubi (singkong), sup ikan, Fu Yung Hai (omelet Cina), tumis terong, cumi goreng, cumi lada hitam, nasi goreng, dan lainnya. Sementara minumannya ada bermacam jus dan wedang jahe. Rumah makan satu ini dipastikan halal arena pemiliknya muslim.

Nah kalau berlanjut ke Sumba Timur, EL-SuBa Resto yang berada di Jalan Raya Mondu - Kanatang KM. 34, Waingapu ini bisa jadi piliahn untuk bersantap.

Menunya beragam, dan pastinya fresh dan sehat karena tanpa MSG dan pengawet. Anda bisa langsung memancing atau menangkap sendiri ikan di pantai kemudian dimasak di resto yang bersih ini. Ada kepiting, ikan, cumi-cumi, dan lainnya.

Kalau Anda berjiwa muda, boleh juga bersantap di Elcafe Sumba yang berlokasi di Jalan Pemuda No. 10, Waingapu. Menunya banyak dan rasanya enak. Ada Bandeng Presto, Tom Yum, Nasi Bakar Tuna, Bakso Kikil, dan lainnya.

Suasana enak dan staf-nya ramah. Resto ini jugaa memiliki ruang karaoke dan home band yang siap menghibur Anda sambil menikmati aneka hidangannya.

Masih di SBD, ada satu lagi resto yang harus masuk list kunjungan Anda, yakni Café & Resto Ro’o Luwa.

Resto yang berada di Jalan Lukas Dairo Bili, Pertigaan Weelonda, Desa Watu Kawula, Kecamatan Kota Tambolaka ini pun berbentuk rumah adat orang Sumba.

Halaman parkirnya cukup luas. Selain itu ada ruang untuk pertemuan, ultah, dan lainnya serta sebuah galeri yang menjual aneka kerajinan masyarakat SBD seperti tenun ikat, tas, bermacam makanan kecil, dan lainnya.

Menu yang ditawarkan di rumah makan ini adalah makanan tradisional Sumba seperti Ro’o Luwa (sayur daun ubi), Ayam Rebus Kodi, Ayam Bakar SBD, Tumis Jantung Pisang, Tumis Bunga Pepaya, dan Bubur SBD.

Selain itu masih ada sejumah resto lagi yang bisa Anda sambangi selagi menjelajahi Sumba, antara lain Resto D'Sumba Ate di Jalan Ahmad Yani No. 148A, Waikabubak, Sumba Barat yang bersuasana tenang dengan aneka menu lokal dan nusantara yang serba lezat.

Selamat berwisata kuliner di Sumba.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Warung Gula Garam di SBD.
2. Cah kangkung khas Sumba.
3. Sayur Daun Ubi dan Cumi asam manis di Pondok Daun Ubi.
4. Salah satu sambal khas orang Sumba Tengah.
5. Tumis daun papaya plus teri.
6. Ro'o Luwa Resto & café  yang menyajikan aneka kuliner tradisional SBD.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP