. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 13 Juli 2017

Cianjur Jago Festival 70.000 Detik Ini Bakal Meriahkan Hari Jadi Cianjur ke-340

Kabupaten Cianjur punya event berlabel unik, yakni Cianjur Jago Festival  "70.000 Detik". Event ini digelar dalam rangka merayakan Hari Jadi Cianjur setiap tahun.

Setelah sukses menggelar Cianjur Jago Festival (CJF) 70.000 Detik tahun lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat kembali menggelar helaran budaya tgersbut tahun ini dalam rangka merayakan Hari Jadi Cianjur (HJC) ke-340 yang jatuh pada tanggal 12 Juli.

Meskipun baru, kegiatan untuk melestarikan budaya masyarakat Cianjur ini sangat dinanti-nanti warga dan wisatawan.

Peringatan HJC tahun ini yang mengusung tema Harmony dari Negeri Santri, sedikit berbeda dengan tahun lalu.

Kali ini berbagai rangkaian acara akan dilaksanakan sebelum acara puncak pada tanggal 15 Juli 2017.

Ziarah ke makam dalem Cikundul menjadi awal dari rangkaian acara pada tanggal 11 Juli 2017. Selanjutkan upacara dan sidang istimewa peringatan HJC pada tanggal 12 Juli 2017.

Diteruskan dengan pameran hasil pembangunan pada tanggal 14-15 Juli 2017. Berikutnya Helaran Budaya CJF 70.000 Detik sebagai puncak acara pada hari Sabtu, tanggal 15 Juli 2017.

Lokasi helaran dari Lapangan Jebrod di Jalan Hasyim Ashari, terus ke Jalan Suroso, Jalan Adi Sucipto, dan finish di depan kantor Kecamatan Cianjur.

CJF 70.000 Detik tahun ini akan dikolaborasikan dengn 7 pilar kebudayaan , dimulai dari Ngaos, Mamaos, Maenpo, Tangginas, Tatanen, Someah, dan Sauyunan yang akan ditampilkan di panggung utama, sekaligus launching 7 pilar budaya Cianjur.

Selain itu, ada helaran budaya lain yang merupakan pengaplikasian di antara 7 pilar tersebut seperti penyalaan 7 lodong (meriam bambu)sebagai simbol pembukaan kegiatan, rampak kacapi suling cianjuran sebagai penampilan kolaborasi alat musik dan tembang khas Cianjur.

Ada juga Lais yakni kesenian tarian atau bergaya dengan menggunakan seutas tali yang terbentang di langit, dengan topangan menggunakan bambu sekitar 10 meter lebih.



CJF 70.000 Detik tahun ini juga disemarakkan dengan berbagai lomba di 7 panggung.

Tak ketinggalan hiburan puncak yang akan menampilkan Band Wali.

Sebagai wujud Cianjur yang agamis, Pemkab Cianjur pun memasukkan 7 pilar keagamaan Cianjur dalam festival ini seperti Shalat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya berjamaah di tengah pelaksanaan kegiatan tersebut.

Pemkab Cianjur berharap lewat CJF 70.000 Detik ini selain dapat melestarikan budaya masyarakat Cianjur, mendatangkan kunjungan wisatawan, sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. Pemkab Cianjur

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP