. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 21 Juni 2017

Begini Gaya Kota Padang Manjakan Wisnus Nikmati Libur Lebaran

Sejumlah kota sibuk berbenah menyambut kedatangan warganya yang balik kampung dari berbagai daerah termasuk wisatawan nusantara (wisnus) yang bertandang selama libur Lebaran tahun ini. Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) salah satunya. Bahkan kota ini sudah menyiapkan aplikasi online Petunjuk Kota Padang sejak tahun lalu untuk mempermudah sekaligus memanjakan wisatawan yang bertandang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisbudpar) Kota Padang Medi Iswandi mengatakan sebelum libur Lebaran tahun ini, pihaknya telah melakukan rapat persiapan dan antisipasi dalam menghadapi lonjakan pengunjung.

Menurut Medi di beberapa tempat objek wisata telah dilakukan tahapan-tahapan pemeliharaan seperti pengecatan, perbaikan sarana dan prasarana yang belum memadai serta meningkatkan kebersihannya.

“Dinas PU dan Penata Ruang telah mulai melakukan pembenahan terhadap objek wisata di Kota Padang, sementara itu Dinas Lingkungan Hidup membersihkan kawasan Pantai Padang supaya terbebas dari masalah sampah,” terangnya kepada TravelPlus Indonesia lewat pesan WA, Rabu (21/6/2017).

Untuk menyemarakan libur Lebaran 1438 H, sambung Medi pihaknya akan menyuguhkan berbagai kesenian.

“Di objek wisata Pantai Padang/Tugu Perdamaian ada pertunjukan usik setiap sore. Begitu pun di Taman Hutan Raya (Tahura) Bung Hatta. Sedangkan di di Pantai Air Manis ada pertunjukkan Randai,” terangnya.

Target pergerakan wisnus selama libur Lebaran tahun ini di Kota Pandang, lanjut Medi paling besar di objek wisata Pantai Padang sekitar 10 ribuan per hari.

“Selain itu Pantai Air Manis sekitar 3 ribuan per hari, Tahura sekitar seribu per hari, Transmart mungkin sekitar 7 ribu per hari, dan wisata ke pulau-pulau sekitar 6 ribu sampai 7 ribu per hari,” bebernya.

Medi juga memprediksi sejumlah pusat kuliner di Kota Padang seperti Kinol, Pondok Jati, Veteran, S. Parman, Simpang Haru dan lainnya akan dipadari pengunjung pada malam hari tanggal 29 Juni sampai dengan 2 Juli 2017. 

Selepas libur Lebaran, sambung Medi, di Kota Padang juga akan berlangsung berbagai event tahunan antara lain Pertemuan Ulama se-Asia, Eropa, dan Afrika pada bulan Juli, lalu ada Festival Kuliner bulan Agustus, dan juga Festival Lampion atau Telong-Telong serta Dragon Boat.

Tak cuma itu, Pemkot Padang juga mengeluarkan “Padang City Guide”, yakni aplikasi berbasis android dalam gawai atau telepon genggam pintar tentang Petunjuk Kota Padang.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS.

Kata Medi aplikasi tersebut sebenarnya sudah ada sejak awal tahun. Namun, saat itu masih fokus ke destinasi wisata, hiburan, hotel, dan restoran.

Momen liburan Lebaran dinilainya sangat tepat untuk mengenalkan aplikasi ini ke masyarakat dan tentunya warga Padang yang sedang merantau di luar daerah, sekaligus bagian dari pengembangan pariwisata.

"Hadirnya aplikasi ini diharapkan bisa memudahkan perantau dan wisatawan yang akan berlibur ke Padang. Sehingga wisatawan tidak ragu dan bertanya-tanya lagi ketika ingin berwisata ke Padang. Semuanya sudah lengkap di aplikasi itu. Untuk informasi pariwisata sudah 70% ada di sana, nanti bertahap kami perbarui,” ungkap Medi.

Aplikasi yang belum lama diluncurkan itu sudah diunduh 1.000 lebih pengguna. Aplikasi itu memuat informasi mengenai objek wisata, kuliner dan rumah makan, transportasi, ATM, perkantoran, tempat ibadah, hotel, tempat hiburan, perbankan, dan informasi lainnya.

“Kebutuhan informasi wisatawan yang semakin kompleks, aplikasi itu dikembangkan dengan menambah ribuan informasi mengenai Kota Padang. Ke depannya aplikasi ini dan terhubung dengan transportasi online, juga pemesanan hotel. Jadi sangat memudahkan,” tambah Medi.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi langkah Pemkot Padang.

“Jika tidak ikut Go Digital, saya jamin destinasi wisata yang dimiliki daerah itu tidak akan maju. Karena itu no return point, harus familiar dengan digital," ujar Arief Yahya.

Dengan digital, lanjut Arief Yahya semua informasi bisa di-upload, dipromosikan secara global, dan semua orang yang memiliki aplikasi yang sama bisa langsung connect.

“Kalau tak segera mengubah pola pikir ke digital, kita pasti ketinggalan. Sulit mengejar rival-rival utama kita,” tukas Arief Yahya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji, dok. medi & zona-humas kemenpar

Captions:
1. Pesona Pantai Padang atau Taplau di Kota Padang siap-siap sambut pengunjung libur Lebaran tahun ini.
2. Kadisbudpar Kota Padang Medi Iswandi.
3. Masjid Raya Sumatera Barat di Kota Padang bakal ramai pengunjungnya saat Libur Lebaran.
4. Menpar Arief Yahya bicara soal go digital.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP