. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 20 Juni 2017

Target Wisnus Libur Lebaran 2017 Sebesar 19 Juta, Sejumlah Daerah pun Bergiat

Libur Lebaran merupakan masa panen wisatawan, terutama wisatawan nusantara (wisnus). Buktinya setiap tahun, Kementerian Pariwisata menaikkan target pergerakan wisnus selama libur Lebaran Idul Fitri. Tahun ini ditargetkan mencapai 19 juta pergerakan wisnus atau naik 4,3 % dibanding tahun lalu yang mencapai 18 juta lebih selama periode H-7 sampai H+7.

Beberapa daerah yang kerap kebanjiran wisnus, jelang libur Lebaran Idul Fitri 1438 H pun berlomba mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mendatangkan sekaligus menyambut wisnus, bahkan ada yang percaya diri menaikan target jumlah pergerakan wisnusnya selama periode tersebut.

Berdasarkan pengamatan Travelplus Indonesia dari berbagai sumber, setiap daerah memasang target jumlah pergerakan wisnus selama libur Lebaran tahun ini dengan jumlah terget berbeda-beda.

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) misalnya menargetkan jumlah pergerakan wisatawan ke destinasi wisata di lima kabupaten/kota-nya sebanyak sekitar 21 juta orang sepanjang liburan Lebaran 2017.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Aris Riyanta mengatakan ada sejumlah objek wisata yang bakal dipadati wisaatwan selama libur Lebaran tahun ini yakni Pantai Parangtritis Bantul, Candi Prambanan Sleman, dan beberapa obyek wisata lainnya.

Aris memprediksi dari empat kabupatan dan satu kota di DIY yang paling dominan dikunjungi wisatawan adalah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, karena punya objek wisata beragam.

“Soalnya selain memiliki sejumlah pantai yang bersih dan berpasir putih, di Gunung Kidul juga terdapat pemandangan bentang alam termasuk gua-gua dan sungai bawah tanah serta Gunung Sewu yang sudah berstatus geopark,” akunya.

Sementara Kabupaten Sleman juga bakal diserbu wisnus selama libur Lebaran tahun ini. Diperkirakan akan ada 1,17 juta wisatawan yang datang ke Sleman.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih jumlah kunjungan wisatawan mencapai 410.000 pada Juni 2017 dan akan sampai dengan 760.000 kunjungan pada Juli 2017. “Angka tersebut akan didominasi oleh wisatawan domestik,” jelas Sudarningsih dalam keterangan tertulisnya baru-baru ini.

Obyek wisata di Sleman yang bakal menjadi tujuan utama wisnus pada liburan Lebaran tahun ini antara lain Merapi Tour dan Tebing Breksi yang berkolaborasi dengan Candi Ijo.

Selain itu ada Festival of Lights di Gardu Pandang Kaliurang, wahana baru di Sindu Kusuma Edupark (Light Festival Spektakuler), Taman Pelangi di Monumen Jogja Kembali, dan beberapa paket liburan di desa wisata yang tersebar di Kabupaten Sleman.

Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar) menargetkan jumlah pergerakan wisawatan selama liburan Lebaran tahun ini meningkat sebesar 20 persen dari tahun 2016 yang berjumlah 177.082 pengunjung.

Kadispar Kabupaten Bandung Agus Firman menjelaskan pihaknya sudah siap menyambut kedatangan wisatawan sepanjang liburan Lebaran 2017 ini.

Untuk mencapai target itu, lanjut Agus pihaknya sudah melakukan terobosan dengan membuat info grafis serta book left dan banner untuk promosi wisata Kabupaten Bandung.

"Tujuannya agar wisatawan yang pernah datang ke Kabupaten Bandung bisa datang lagi dan mengajak rekannya yang belum pernah berwisata ke Kabupaten Bandung," terangnya.

Naskah:  adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & @jogjaku

Captions:
1. Pantai jadi salah satu obyek wisata favorit wisnus saat libur Lebaran.
2. Pantai Baron salah satu pantai di Gunungkidul, DIY.
3. Kota dan Kabupaten Bandung diminati  wisnus saat libur Lebaran.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP