. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 03 Juni 2017

Anugerah Pesona Indonesia 2017 Lombakan 15 Kategori dengan 150 Nominasi

Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) kembali digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Untuk API 2017 atau kedua ini, ada 15 kategori yang dilombakan. Tahun sebelumnya, API pertama hanya 10 kategori.

Masing-masing kategori API 2017 terdiri atas 10 nominasi, yang nantinya akan dipilih masyarakat untuk menjadi nominator destinasi terbaik Indonesia dimasing-masing kategori.

Seluruh kategori yang disajikan merupakan hasil seleksi ketat dari data wisata, kuliner, atraksi wisata maupun festival budaya yang selama ini sangat populer di Indonesia.

Khusus edisi 2017, kategori baru yang ditambahkan adalah Kampung Adat Terpopuler (Most Popular Traditional Village), Minuman Tradisional Terpopuler (Most Popular Traditional Drink), Obyek Wisata Belanja Terpopuler (Most Popular Shopping Spot), Obyek Wisata Unik Terpopuler (Most Popular Unique Tourism Spot), Promosi Pariwisata Digital Terpopuler (Most Popular Tourism Digital Promotion).

Ketua Penyelenggara API 2017 Nanda Satria Azwar dari situs www.ayojalanjalan.com menjelaskan kegiatan API 2017 dimulai dengan pemungutan suara (voting) yang berlangsung dari bulan Juni 2017 hingga Oktober 2017.

Menurutnya ada perubahan dalam sistem pemungutan suara. Bila sebelumnya hanya bisa dilakukan melalui web vote secara online di http://ayojalanjalan.com/vote/ saat ini sudah dibuka voting melalui SMS premium berbayar. 

“Saat ini pemungutan suara sudah dibuka lewat website www.anugerahpesonaindonesia.com ataupun dengan mengirimkan pesan SMS premium berbayar ke nomor 99386, dengan mengetik sesuai keyword nominasi pilihannya. Tarifnya 2.200 per SMS,” jelas Nanda.

Periode voting dibuka pada tanggal 1 Juni 2017 sampai dengan 31 Oktober 2017. "Kemudian rangkaian kegiatan API 2017 akan ditutup dengan penyelenggaraan Malam Penghargaan yang akan dilaksanakan pada bulan November 2017,” ungkapnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kemenpar, Esthy Reko Astuti menjelaskan selain ada penambahan jumlah kategori, ada peningkatan penyelenggaraan API 2017 ini antara lain menambah fasilitas akses untuk memudahkan masyarakat melakukan vote, dan memberikan kesempatan luas kepada seluruh Pemda (Pemprov/Pemkot/Pemkab) untuk menyampaikan usulan nominasi yang akan disertakan dalam ajang tersebut.


Penyempurnaan ajang API II ini, sambung Esthy sangat penting untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata nusantara. Tentunya juga guna mendorong Pemda agar semakin rajin dan agresif mempromosikan destinasinya.


"Tahun ini ada reward istimewa untuk destinasi yang berhasil membangun, mempromosikan, memajukan pariwisata di daerahnya,” ujarnya seraya menambahkan masyarakat sudah bisa vote via website ayojalanjalan.com dan setiap satu email hanya berlaku satu voting.

Sebagai catatan pada ajang API 2016 tahun lalu berhasil menjaring sebanyak 53.097 voter di antaranya berasal dari mancanegara sebanyak 4.331 voters atau 8 persen. Tahun ini targetnya 500 ribu voter.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo, ig: @adjitropis)
Foto: dok. anugerahpesonaindonesia

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP