. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 03 Juni 2017

Ini yang Bikin Teras Cihampelas Menarik dan Pantas Ditiru Kota Lain

“Yang jalan-jalan di Bandung harus bawa kantung untuk sampah ya...”.

Begitu tulisan Walikota Bandung Ridwan Kamil yang tertera di spanduk kecil yang dipasang di pagar pembatas (railing) Teras Cihampelas (Skywalk Cihampelas) di Kota Bandung, Jawa Barat.

Spanduk yang dibuat Bandung Resik PD. Kebersihan Kota Bandung, tak jauh dari tangga pintu masuk Teras Cihapelas itu juga memuat foto Ridwan Kamil memakai jas dan celana krem, kemeja putih, peci hitam dan berkacamata, berdiri sambil menacungkan salam jempol.

Selain tulisan itu masih ada beberapa himbauan menjaga kebersihan lainnya yang sengaja ditempatkan di beberapa titik Teras Cihampelas yang memiliki panjang 450 meter, lebar jalan 9 meter, dan tinggi dari permukaan jalan sekitar 4,6 meter, serta berbahan konstruksi rangka dari baja jenis H-Beam dan beton di bagian lantai, dengan alas granit dan kayu itu.

Di sudut lain misalnya ada spanduk juga dari Bandung Resik bertuliskan: “Buanglah puntung rokok pada tempatnya… Mudah-mudahan kamu dapat tempat di hatiku…”

Spanduk yang diikatkan di railing itu juga bergambar seorang mojang Bandung, Neng Geulis tengah menyapu sampah puntung-puntung rokok.

Tepat di depan spanduk itu, ada tempat sampah berwarna biru yang sengaja ditempatkan di situ agar pengunjung tidak membuang sampah sembarangan.

Spanduk Bandung Resik lainnya yang tak kalah menarik bertuliskan: “Neng, pesan Aa: Sampah disimpen ka tempat sampah… Pami Aa mah disimpenna di hati neng nya…”.

Spanduk dengan tulisan berbahasa Sunda bernada menggoda itu dilengkapi foto seorang jajaka anu  kasep yang tak lain petugas kebersihan bernama Dimas mengenakan topi dan jaket rompi Bandung Resik berwana biru dan hijau.

Untuk menjaga kebersihan kawasan objek wisata pedestrian yang diresmikan awal tahun 2017 lalu, tak cukup hanya spanduk-spanduk yang memua tulisan-tulisan menghimbau itu, tapi juga ada petugas kebersihannya.

Sewaktu Travelplus Indonesia menyambangi Teras Cihanpelas, seorang petugas kebersihan terlihat tengah menyapu lantai teras dekat pintu masuk.

Tak cuma itu, teras ini pun menyediakan toilet buat pengunjung agar tidak kencing sembarangan.

Semua itu menunjukan bahwa Teras Cihampelas bukan semata sebagai bagian rencana besar tata kelola ruangan Kota Bandung agar semakin tertata dan tertib, yang juga difungsikan sebagai area jalur pejalan kaki sertalokasi penertiban sekaligus penampungan sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang selama ini menempati sepanjang jalur wisata belanja di Jalan Cihampelas, pun sebagai objek wisata yang berkonsep ramah lingkungan.

Sementara untuk menjaga keamanan pengunjung, beberapa plang himbauan pun di pasang di beberapa titik.

Misalnya tulisan di papan berwarna kuning ‘Dilarang bersandar pada railing” lengkap dengan Bahasa Inggris berikut rambu-nya yang berwarna merah.

Juga tulisan di plang berwarna merah dan putih berbunyi: “Dilarang membawa hewan peliharan” berikut rambunya.

Selain itu ada spanduk kecil berwana putih dengan tulisan hitam berbunyi: “PERHATIAN BANGUNAN INI TERAWASI CCTV. Segala bentuk pencurian dan tindak kejahatan akan dilaporkan ke pihak KEPOLISIAN”.

Tak cuma itu, untuk menjaga keamanan pengunjung juga disediakan Pos Security berbentuk bangunan kecil berwarna merah dari kayu dan kaca serta dilengkapi tabung pemadam kebakaran. Pos tersebut dijaga petugas keamanan secara bergantian.

Untuk memandu pengunjung, juga disediakan beberapa papan petunjuk melengkung berwarna hitam di dekat pintu masuk, tengah, dan di dekat ujung teras.

Papan petunjuk Teras Pertama (T1) yang dipasang di tiang berwarna merah itu memuat informasi pos satpam di T1, toilet umum di T2, area souvenir di T3, area kuliner di T5, dan pos informasi di T7.

Teras Cihampelas Bandung yang beroperasi setiap hari, Senin sampai Minggu, mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB ini memang terbagi beberapa zona ata teras.

Ada teras Taman Bunga, kemudian toko souvenir seperti tempat jualan kaos, jaket, topi, dan berbagai macam pernak-pernik khas Kota Bandung. 

Tak ketingalan zona tempat wisata kuliner yang menjajakan aneka menu hidangan, mulai dari makanan khas Bandung dan nusantara.

Fasilitas lainnya ada mushola, pos informasi wisata bagi wisatawan, dan lift buat pengunjung diabilitas.

Proyek Skywalk Bandung ini wacananya akan membentang dari Tamansari hingga Jalan Cihampelas, yaitu mulai dari arah RS Advent samapai Hotel Promenade, dengan kekuatan setiap m2-nya mampu menahan berat sebanyak 300 orang.

Kabarnya Pemkot Bandung telah menyiapkan anggaran tidak kurang dari 30 milyar dari APBD-nya untuk melanjutkan jembatan ini hingga ke Jalan Pasupati, serta mengintegrasikannya dengan Teras Cikapundung dengan salah salah mega proyek fasilitas Pariwisata Bandung yaitu cable car.

Melihat penataan Teras Cihampelas, wajar kalau Presiden Jokowi yang pernah menyambanginya di sela kunjungan kerjanya ke Ibukota Jawa Barat ini, pertengahan April lalu, memuji penataan PKL di jalan layang untuk pedestrian itu dan meminta kota-kota lain meniru Bandung.

“Ini sebuah model penataan PKL yang baik, sebuah contoh penataan kota yang baik,” kata Jokowi di Teras Cihampelas ketika itu.

Menurut Orang Nomor Satu di Republik ini, membuat jalan layang untuk ditempati PKL dengan konsep menarik dan ramah lingkungan merupakan cara kreatif bagi kota yang sudah tak lagi memiliki lahan, sehingga PKL tetap ada tanpa mengganggu lalu lintas.

“Saya kira kota lain bisa lihatlah, ngopi (tiru-red) kan mudah, tinggal datang, lihat, dan copy,” imbau Jokowi didampingi Ridwan Kamil.

Kata Jokowi, lewat Teras Cihampelas para pedagang UMKM bisa mendapatkan tempat yang layak.

Aneka produk yang dijual pun kebanyakan suvenir khas Bandung sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan unutk berbelanja.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Teras Cihampekas (Skywalk Cihampelas) ikon wisata baru Kota Bandung.
2. Bawa kantung buat sampah kalau jalan-jalan di Bandung.
3. Jangan bvuang punting rokok sembarangan.
4. Dilarang bawa hewan peliharaan.
5. Pos keamanan di Teras Cihampelas.
6. Plang petunjuk arah.
7. Zone kios PKL di Skywalk Cihampelas.
 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP