. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 08 Mei 2017

Nobar Film Kartini Bersama Dian Sastro, Baygon Ajak 500 Guru Biar Jadi Ibu Tangguh

Sejumlah perusahaan terpikat mempomosikan produknya lewat Film Kartini (2017). Caranya, nonton bareng (nobar) film bermuatan sejarah tentang perjuangan emansipasi wanita Indonesia tersebut, dengan mengajak para ibu atau kaum perempuan berbagai profesi, termasuk guru.

Kesuksesan film Kartini (2017) garapan Hanung Bramantyo tak bisa dipungkiri berimbas luar biasa bagi keartisan Dian Paramita Satrowardoyo yang populer dengan nama Dian Sastrowardoyo atau Dian Sastro (35) selaku pemeran utama sebagai Raden Adjeng (R.A.) Kartini di film tersebut.

Dian yang pernah menyandang predikat sebagai artis paling populer di Indonesia ini pun kebanjiran mendapat undangan nobar dari berbagai tokoh penting, instansi, korporasi, dan sejumlah perusahaan bersama pimpinan, manajemen serta tentunya karyawan terutama karyawatinya.

Di Yogyakarta misalnya Dian nobar dengan sejumlah perempuan yang berprofesi sebagai pengemudi transportasi berbasis online.

Selanjutnya di Surabaya Dian nobar dengan Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jatim di Ciputra World XXI Surabaya.

Dan baru-baru ini, di Jakarta Dian nobar bersama 500 guru yang diselenggarakan S.C. Johnson & Son, perusahaan yang memproduksi antara lain merek Baygon, di XXI Plaza Senayan, Jumat (5/5/2017). Kebetulan Dian Sastrowardoyo adalah Brand Ambassador Baygon itu sendiri.

Dalam ensiklopedia bebas Wikipedia berbahasa Indonesia menyebut Baygon merupakan merek pestisida produksi S.C. Johnson & Son yang sangat popular di Indonesia, yang berguna sebagai pembasmi nyamuk, kecoa, lipan, dan semut. Baygon pertama kali diproduksi oleh Bayer, sebuah perusahaan kimia asal Jerman, pada tahun 1950.

Baru pada tahun 2003, merek Baygon dibeli oleh S. C. Johnson & Son. Walaupun demikian, sebagai bagian dari persetujuan, Bayer masih memasok bahan aktif yang terkandungnya dalam Baygon.

Sementara dalam siaran pers yang TravelPlus Indonesia terima, acara nobar tersebut merupakan bagian dari Kampanye #ibutangguh yang tengah digelar S.C. Johnson & Son.

Dalam kesempatan itu artis pemeran kelahiran Jakarta, 16 Maret 1982 ini berbagi pengalamannya sebagai ibu muda yang tangguh dalam mengasuh dan mendidik ke dua anaknya, Syailendra Naryama Sastraguna Sutowo dan Ishana Ariandra Nariratana Sutowo.

Menurut Dian tantangan ibu tangguh saat ini berbeda dengan masa lalu karena perlu ketegasan tersendiri untuk mendidik generasi kini dalam menghadapi era digital penuh tantangan.

Dian mengaku kerap berdialog dan berkonsultasi dengan ibundanya tercinta yang tentunya lebih berpengalaman dalam mengasuh dan mendidiknya hingga Dian sesukses seperti sekarang. “Di mata saya, ibu saya adalah ibu yang tangguh hingh saya bisa seperti ini,” ucapnya.

Menurut Dian tantangan yang dihadapi ibundanya ketika mengasuhnya tentu berbeda dengan tantangan yang dihadapinya saat ini dalam mengasuh kedua buah hatinya itu. “Jaman sudah berubah, tapi pada intinya sama, dibutuhkan kesabaran, ketekunan dan kasih sayang,” tegasnya.

Kesuksesan Dian memerankan tokoh perjuangan emansipasi wanita Indonesia, R.A. Kartini pada era awal tahun 1900-an, yang kemudian ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh pemerintah, bukanlah perkara mudah.

“Boleh dibilang sangat suit dan mengekang. Saya harus membiasakan memakai kain kebaya dan lilitan stagen sejak masih di Jakarta, supaya saat syuting saya bisa cepat berbaur dengan skenario keseharian lingkungan sehari-hari orang Jawa pada masa itu,” ungkapnya.

Dian mengaku jauh sebelum syuting film tersebut yang berlokasi di beberapa tempat antara lain Jakarta, Jepara, dan Belanda ini, dia melakukan observasi baik dengan membaca buku, nonton film dengan judul sama yang pernah diproduksi maupun diskusi dengan banyak pihak. “Dan tak lupa izin dengan sang suami tercinta,” aku istri Maulana Indraguna Sutowo ini.

Tak heran pesona aktingnya, ditambah kehadiran Christine Hakim yang berperan sebagai ibu kandungnya bernama Ngasirah, juga Acha Septriasa sebagai Roekmini dan Ayushita Nugraha (Kardinah) adik-adiknya, serta Nova Elizah (Ngasirah Muda), Reza Rahadian (Sosrokartono), Djenar Maesa Ayu (RA. Moeriam), dan aktor kawakan Dedy Sutomo (Raden Sosroningrat) sebagai ayah kandungnya, membuat film produksi Legacy Pictures ini menuai banyak pujian sejumlah orang penting seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sosial Indah Parawangsa, dan presenter Nazwa Shihab.

Nama besar Dian sebagai artis dengan segudang prestasi  ditambah citra positifnya sebagai public figure dan kesuksesan film Kartini (2017) yang dibintanginya, tak urung membuat sejumlah perusahaan berlomba mempromosikan produknya dengan nobar film Kartini (2017), sebagaimana dilakukan S.C. Johnson & Son sekaligus untuk mempromosikan aneka produk Baygon-nya. 

Pada tahun 2001 Dian menyabet penghargaan sebagai Aktris Terbaik Festival Film Asia Deauville, Perancis dan Aktris Terbaik Festival Film Internasional Singapura ke-15 untuk film yang sama, Pasir Berbisik.

Setahun kemudian (2002) Dian diganjar penghargaan Aktris Terpuji Festival Film Bandung dan mendapatkan Piala Citra sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik Festival Film Indonesia  dalam film Ada Apa dengan Cinta?

Dari acara nobar film Kartini (2017) bersama 500 guru yang diselenggarakan S.C. Johnson & Son, tentunya Dian Sastro selaku Duta Merek Baygon diharapkan dapat menginspirasi para guru agar bisa menjadi ibu yang tangguh baik dalam kariernya sebagai pendidik pun sebagai ibu rumah tangga, sebagaimana sukses dilakoni Dian Sastro sebagai artis papan atas Indonesia yang tetap eksis dan juga selaku ibu.

Naskah: adji kurniawan (kembaratopis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. S.C. Johnson & Son

Captions:
1. Dian Satro berfoto bersama manajemen S.C. Johnson & Son yang menggelar nobar film Kartini ((2017) bersama 500 guru di Jakarta.
2. Jumpa pers dengan Dian Sastro terkait nobar film Kartini (2017) yang diselenggarakan S.C. Johnson & Son
3. Dian Sarto selaku Brand Ambassador atau Duta Merek Baygon.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP