. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 14 April 2017

Direct Flight Garuda Jakarta-Banyuwangi Sebelum Lebaran, Disambut Hangat Netizen

Maskapai Nasional Garuda Indonesia bakal membuka penerbangan langsung (direct flight) Jakarta-Banyuwangi. Kalau tak ada halangan, akan beroperasi sebelum Lebaran tahun ini.

Kabar gembira itu pun langsung disambut hangat Netizen. Terlebih ketika informasi tersebut disebarluaskan lewat media sosial Instagram sebagaimana dilakukan pemilik akun @banyuwangi_tourism pada Jumat (14/4).

Dalam akun tersebut ada foto bergambarkan pesawat garuda dengan tulisan di atas berbunyi “Direct flight Banyuwangi-Jakarta Coming Soon”.

Di bawah foto tersebut tertera keterangan yang berbunyi: “Sebelum Lebaran 2017, Garuda akan membuka Rute Baru Banyuwangi-Jakarta dengan menggunakan pesawat jet bermesin CRJ 1000 dengan kapasitas 96 sheet (seat-red) dengan kelas ekonomi”.

Tak urung foto yang disukai 636 netizen pun mendapat respon hangat spontan. Pemilik akun @artaulia berkomentara “Alhamdulillah... Smg disegerakan ya,, dan pastinya pelayanannya jg harus maksimal”.

Hal senada juga diucapkan pemilik akun @alpabee: “Dan akhirnya nggak harus begadangin tiket kereta buat pulang”. Sementara pemilik aku @ika_inst berucap: “Asekkk,ga perlu sehari semalam lagi keretaan.”

Begitupun pemilik akun @ida_maulida berucap sykur: “Alhamdulillah jd enak nih klo pulgkmpung jkrta-bwi..”

Tim dari Garuda Indonesia sendiri dikabarkan sudah datang ke Banyuwangi, Rabu (12/4) untuk membahas rencana tersebut.

Vice President PT Garuda Indonesia Region 3 (Jawa Bali dan Nusa Tenggara) Flora Izza menjelaskan alasan kenapa Garuda tertarik membuka rute Banyuwangi-Jakarta.

Menurut Flora sebagaimana dilansir www.banyuwangikab.go.id, (14/4) mengatakan pasar di Banyuwangi sangat potensial ditambah banyaknya kunjungan wisatawannya.

Disamping wisatawan, pasar juga tumbuh dari geliat usaha dan dunia pendidikan dengan kehadiran sejumlah kampus, seperti Universitas Airlangga di Banyuwangi yang mahasiswanya  berasal dari 18 provinsi seluruh Indonesia.

Growth di Banyuwangi itu cukup signifikan. Meski ada dua kali flight Surabaya-Banyuwangi dalam sehari, tingkat keterisian penumpang rata-rata mencapai 80 persen. Melihat ini, kami optimistis rute Jakarta-Banyuwangi juga akan laris,” kata Flora.

Kata  Flora rute Jakarta-Banyuwangi dan sebaliknya akan memudahkan wisatawan dan masyarakat luas yang akan ke Banyuwangi. “Juga akan memudahkan masyarakat, termasuk yang berada di sekitar Banyuwangi seperti Situbondo, Jember, Bondowoso, dan kawasan Bali Barat yang akan ke Jakarta. Kan nanti mereka yang ke Jakarta lewat Banyuwangi pasti juga makan di sini dan beli oleh-oleh, sehingga ikut pula menggerakkan ekonomi lokal,” terangnya.

Rute Jakarta-Banyuwangi ini diharapkan bisa terealisasi sebelum Lebaran agar bisa melayani pemudik dan wisatawan yang sudah pasti membeludak pada momen spesial itu.



Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas optimis rute Jakarta-Banyuwangi dan sebaliknya akan berdampak positif bagi pariwisata, dunia usaha lain sehingga mobilitas orang akan semakin cepat untuk menggerakkan perekonomian lokal.

”Dengan direct flight Jakarta-Banyuwangi, para wisatawan, dunia usaha, maupun masyarakat luas bisa lebih hemat waktu karena pesawat langsung menuju ke Banyuwangi," ujar Azwar Anas.

Selama ini, rute ke Banyuwangi baru dari Surabaya sebanyak tiga kali dalam sehari yang dilayani Garuda Indonesia dan Wings Air.

Sebagai catatan jumlah penumpang di Bandara Banyuwangi sendiri terus melonjak. Pada 2011, jumlah penumpang baru tercatat 7.826 orang per tahun, lalu melonjak hingga 1.339 persen menjadi 112.661 orang pada 2016.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjiropis)
Foto: adji & @banyuwangi_tourism

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP