. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 05 Maret 2017

Opening Ceremony Indo MXGP 2017 di Pangkalpinang Sederhana Tapi Berkesan

Ketukan tiga kali ke microfone (mic) yang dilakukan Menpora RI, Imam Nahrawi, itu menandakan event balapan motocross Indo MXGP 2017 Seri Kedua resmi dibuka secara resmi dalam acara Opening Ceremony di Area Sports Center GOR Sahabuddin, Pangkalpinang, Minggu (5/3).

Acara pembukaan event bertaraf internasional yang juga dihadiri Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuty, Gubernur Bangka Belitung Rustam Effendi, Walikota Pangkalpinang M. Irwansyah, CEO Sriwijaya Air Group Chandra Lie, Ketua IMI Sadikin Aksa, dan mantan atlit bulutangkis Nasional Taufik Hidayat dan lainnya ini terbilang sederhana.

Sewaktu datang dan memasuki Tribun VVIP, rombongan tamu VVIP tersebut disambut Rampak Bedug Polda Babel. Kemudian satu-persatu diisi dengan sambutan. Setelah dibuka secara resmi, para tamu dihibur dengan Tarian Bebaur dari Sanggar Gonk Production, Pangkalpinang.

Setelah itu para tamu dan penonton dihibur dengan aksi warm up pembalap MX2 dan MXGP masing-masing 15 menit, sebelum race dimulai. Selain itu, tidak ada lagi suguhan lain. Bisa jadi durasi acara pembukaan yang singkat itu atas permintaan panitia mengingat acara ini seremoni itu cuma sekadar tempelan. Acara intinya ya lomba itu sendiri.

Menpora Imam Nahrawi Imam menilai Pangkalpinang sukses menggelar sport tourism kelas dunia ini setelah 20 tahun tak lagi dilaksanakan di Tanah Air. Dia berharap dengan dijadikannya Pangkalpinang sebagai tuan rumah, dapat mengembalikan semangat dan motivasi crosser Nasional untuk bersaing dalam ajang MXGP.

Menurutnya sebagai tuan rumah, Indonesia harus memberikan yang terbaik, karena menumbuhkan kepercayaan itu tidak mudah diperoleh.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada para crosser dunia dari 24 negara di Pangkalpinang dan Indonesia yang merupakan negeri yang sangat cantik,” ujarnya seraya berterimakasih kepada, Pemprov Babel, Pemkot Pangkalpinang, Polda, Sriwijaya Air, dan masyarakat Pangkalpinang serta Babel yang telah mendukung even dunia ini.

Imam menambahkan pada tahun ini Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang akan digelar Jakarta, Palembang, dan Bandung.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kemenpar berharap penyelenggarakan MXGP ini pun dapat mendongkrak wisatawan yang datang ke Pangkapinang khususnya dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara keseluruhan.

“Even MXGP 2017 di Pangkalpinang ini mudah-mudahan tak kalah dengan sporttourism lain yang sudah lebih dulu  dan sukses menjaring wisatawan baik nusantara maupun mancanegara,” ujar Esthy.

Esthy juga mengapresiasi, membludaknya penonton yang menyaksikan aksi para pembalap khususnya crosser Antonio Caeroli CS di hari kedua even ini.

Baik Imam maupun Esthy menghimbau agar usai penyelenggaraan ini semua pihak melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan MXGP ini agar tahun depan lebih baik lagi.

Seperti diketahui dari sisi waktu, persiapan even yang digagas Irwansyah ini bileh dibilang terlalu mepet waktunya. “Tahun depan harus ada dipersiapkan lagi dan mudah-mudahan Youthsream selaku penyelenggara bisa lebih banyak lagi membuat even sport tourism di Babel ini,” imbau Esthy.

Menpora menyebutkan tak menutup kemungkinan venue MXGP tahun depan akan dilaksanakan di tepi pantai seperti rencana awal.

“Mungkin ke depan karena Babel termasuk Pangkalpinang memiliki pantai yang landai dan luas, bisa dievaluasi hingga kemungkinan venue-nya di dekat pantai,” ujarnya.

Gubernur Bangka Belitung Rustam Effendi mengatakan sisi positif penyelenggaraan even ini tentu saja mengangkat ekonomi daerah. “Pariwisata Babel juga jadi yang semakin dikenal dunia,” ujarnya.

Kendati sederhana, pembukaan MXGP 2017 dengan sponsor utama Sriwijaya Air ini cukup memukau wisatawan mancanegara terutama saat Tarian Bebaur tampil. Berdasarkan pantauan Travelplus Indonesia, seusai tarian itu selesai dibawakan, beberapa turis asing dan kru para crosser narsis foto bareng dengan para penari.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.co.id)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP