. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 29 Maret 2017

Mau Kamera Puluhan Juta dari Kemilau Indonesia Photo Contest? Ini Bocorannya

Satu lagi lomba foto hadir meramaikan dunia fotografi Indonesia. Lomba yang diberi titel: Kemilau Indonesia Photo Contest (KIPC) 2017 ini sudah diluncurkan secara resmi di Hotel Mercure Sabang, Jakarta Pusat, Rabu (29/3).

Lomba foto yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) ini menyediakan hadiah buat para pemenang berupa beberapa kamera terbaik senilai Rp 40 juta.

Nah, buat Anda yang ingin membawa pulang hadiah tersebut, sebagai juara pertama, kedua atau ketiga, berikut TravelPlus Indonesia bocorkan rahasianya.

Pertama-tama, Anda harus tahu betul (memahami benar) bahwa tema yang diangkat dalam KIPC 2017, yakni “10 Bali Baru”.

Artinya apa? Foto-foto yang akan Anda ikut sertakan dalam lomba ini haruslah foto-foto tentang keindahan alam, keunikan budaya, kuliner, atraksi, even wisata/budaya, dan potensi-potensi wisata di 10 destinasi prioritas pariwisata tersebut.

Ke-10 Bali Baru itu terdiri atas Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara, Tanjung Kelayang (Belitung- Kepulauan Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (Jakarta), Borobudur (Jawa Tengah), Kawasan Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur), Mandalika (Lombok-NTB), Labuan Bajo (Flores-NTT), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai di Provinsi Maluku Utara.

Jadi foto-foto Anda harus selaras dengan tema, lokasinya di 10 Bali Baru tersebut dan tentunya foto-foto dilombakan harus berkualitas dari segi teknis, komposisi, angle,  framing, unsur kedalaman, isi/makna yang terkandung dalam foto itu, dan lainnya.

Jangan foto-foto yang justru mempromosikan destinasi lain. Kalau itu yang terjadi, sekeren/seunik apapun foto Anda, TravelPlus Indonesia yakin tidak akan menang.

Kenapa 10 Bali Baru yang angkat sebagai tema? Mungkin itu yang menjadi pertanyaan Anda.

Ya karena ke-10 Bali Baru itu sudah ditetapkan Pemerintah sebagai destinasi prioritas pariwisata, dan belakangan ini tengah digenjot pembangunannya dengan harapan masyarakat luas jadi lebih tahu lewat KIPC 2017 ini, lalu mengunjungi/berwisata ke 10 Bali Bali tersebut.

Tidak percaya? Coba simak keterangan Sekretaris Kementerian Pariwisata RI Ukus Kuswara KIPC 2017 saat jumpa pers lomba ini.

Kata pria beraksen Sunda yang kental ini, KIPC 2017 merupakan bagian dari upaya mempromosikan potensi pariwisata di 10 Bali Baru yang digelar dalam bentuk Lomba Foto dan Pameran Foto secara terangkai dengan harapan 10 Bali Baru tersebut semakin terpromosikan.

Kalau masih kurang yakin, simak pula penuturan Ketua Penyelenggara KIPC 2017 Fatkhurrohim saat berkomentar di kesempatan yang sama.

Menurut Fatkhur begitu biasa dia disapa--yang baru menjabat sebagai Ketua Fowapar, lomba dan pameran foto satu ini diharapkan juga mampu mendorong mobilitas wisatawan, dengan kata lain dapat menjaring kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara lebih banyak lagi ke 10 Bali Baru tersebut.

Bocoran selanjutnya, Anda pun harus tahu bahwa lomba ini dibuka untuk umum dan profesional/pewarta foto mulai 30 Maret 2017. Karena terbuka untuk umum, persaingan menjadi pemenang pun bakalan bertambah sengit.

Kalau Anda termasuk fotografer amatir ataupun pemula, namun ternyata berhasil menjadi pemenang KIPC 2017 dengan mengalahkan sejumlah fotografer profesional, senior dan atau sudah punya nama, wow pasti kebanggaannya jadi berlipat-lipat.

Selanjutnya, file foto yang akan Anda lombakan salah satu caranya bisa dikirim ke alamat email kemilauindonesiaphotocontest@gmail.com. Ingat jangan sampai telat. Batas akhir penerimaan file foto untuk lomba pada Senin, 1 Mei 2017, pukul 23.00 WIB.

Kalau Anda telat, ya percuma saja, impian Anda untuk memboyong kamera berharga puluhan juta itu kandas.

Anda pun harus tahu bahwa penjurian akan dilaksanakan pada 6 Mei 2017. Sedangkan Pameran Foto digelar pada 11-14 April 2017 sekaligus pengumuman pemenang bersamaan dengan acara Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara di Jakarta Convention Center (JCC).


Sebagai informasi tambahan KIPC 2017 ini melibatkan tiga juri Gathot Subroto (ketua dewan juri), Dodi Sandradi, dan Sendy Aditya Saputra.

Lomba ini pun didukung sejumlah pihak di antaranya Mercure Sabang Jakarta, Jasa Angkasa Semesta, Intiwhiz Hospitality Management, Harris FX Senayan, dan Consina Outdoor Equipment.

Kalau Anda mau menang, sebaiknya foto yang Anda buat punya sisi tantangan tersendiri saat pengambilannya. Atau dengan kata lain perlu jerih payah yang tak biasa, bukan sekadar faktor keberuntungan.

Satu lagi, bocoran terakhir, usahakan jangan terjebak dengan foto lanskap yang indah-indah saja. Anda bisa membedah lebih dalam lagi tentang kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat di 10 Bali Baru tersebut. Jangan lupa ditambah dengan pemberian judul foto yang relevan dengan foto namun menggelitik, memikat, dan menggugah orang untuk datang ke destinasi prioritas tersebut.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Sepenggal jumpa pers KIPC 2017.
2. Memuji stupa-stupa cantik Borobudur.
3. Ah pesona ragam budaya Mandalika.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP