. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 14 Maret 2017

Lima Langkah Strategis Bintan Resorts dan Sriwijaya Air Bantu Capai Target Wisman

Bintan Resorts diwakili PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC) dan PT. Bintan Aviation Investments (BAI) menandatangani kerjasama dengan Sriwijaya Air Group (SAG). Nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) itu bertujuan untuk mendukung program pariwisata pemerintah dan pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Dalam MoU yang sudah ditandatangani kedua belah pihak, baik Bintan Resorts dan SAG sepakat melakukan 5 langkah strategis yang terdiri atas 3 langkah kegiatan di tahap awal dan 2 langkah di tahap lanjutan kerjasama ini.

Langkah pertama, keduanya sepakat melakukan kegiatan kerjasama promosi bersama, termasuk menjajaki implementasi multiple destinations concept antara Bintan-Jogjakarta-Bali-Manado, dan berbagai destinasi wisata lainnya.

Lalu, Bintan Resorts dengan didukung perusahaan induknya Gallant Venture Group (GVG) akan memperkuat infrastruktur dan aksebilitas ke dan dari Bintan Resort sebagai salah satu gerbang sekaligus pariwisata internasional Indonesia.

Di samping itu melakukan pengembangan hotel dan fasilitas pendukungnya, wahana atraksi, jaringan utilitas listrik dan air, pelabuhan dan marina, serta bandara.

Berikutnya, SAG akan memperkuat kapabilitas dan kapasitas layanan penerbangan pariwisata internasional termasuk pengembangan rute domestik dan internasional baru, serta pengadaan armada pesawat wide body-long range.

Di tahap lanjutan atau langkah keempat, Bintan Resorts melalui PT. BAI tengah mengembangkan infrastuktur dan fasilitas Bandara Bintan. Sementara SAG menjajaki kemungkinan pemanfaatan infrastruktur dan faslitas Bandara Bintan sebagai fleet home base dan airline hub SAG guna mendukung kegiatan operasional, khusunya bagi armada pesawat yang melayani rute penerbangan internasional.

Terakhir, langkah kelima, SAG akan menjajaki kemungkinan melakukan kegiatan perawatan armada pesawatnya secara efisien dengan mengembangkan fasilitas Maintenance-Repair-Overhaul (MRO) bersama-sama dengan Bintan Resorts dan partner strategis terkait di Bintan.

Penandatanganan MoU antara Bintan Resorts adan SAG dilakukan antara lain oleh Frans Gunara selaku Wakil Presiden Direktur PT. BRC dengan President & CEO SAG, Chandra Lie di Room Banda B, Hotel Borobudur Intercontinental, Jakarta, Selasa (14/3/2017) yang disaksikan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso dan Asdep Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Vinsensius Jemadu.

“Saat ini Bintan Resorts tengah mengadakan peningkatan kapasitas kamar hotel dari 1.700 kamar menjadi 7.000 kamar sampai tahun 2020,” terang Frans Gunara.

Menurutnya, Pemerintah sudah mentargetkan Batam dan Bintan untuk menyumbangkan 24 % dari target 20 juta wisman tahun 2019 atau sekitar 4.800 wisman per tahun.

Untuk mencapai target tersebut, lanjut Frans selain penambahan kamar, juga diperlukan penambahan aksebilitas ke kawasan Bintan Resorts melalui moda transportasi laut, darat, dan udara melalui penerbangan langsung (direct flight) dari mancanegara ke Bintan.

Managing Director PT. BAI Michael Wudy menambahkan PT. BAI tengah mempersiapkan pembangunan bandara di Bintan dengan pendanaan sendiri.

"Bandara Bintan ini dibangun di lahan kami sendiri, pembangunan ini 100 persen uang kami sendiri. Kami bersinergi berpacu dengan Sriwijaya dengan target 2018 selesai, dan pembangunan bandara ini di bawah bimbingan Kemenhub," ujar Michael.

Bintan Resorts selama ini menjadi destinasi andalan Bintan yang populer di kalangan wisman terutama didominasi wisman Singapura dan kini China.

Keistimewaan kompleks resort berkelas dunia ini, selain memiliki akomodasi yang lengkap, lokasinya sangat strategis dekat dengan Singapura dan Batam yang jadi pintu masuk wisman China di bagian Barat Indonesia.

Pembangunan bandara internasional baru yang kini tengah berlangsung di Desa Busung, Seri Kuala, Lobam, Bintan ini diharapkan dapat kian mempermudah akses wisman menuju pulau tetangga Batam ini.

Chandra Lie sendiri menyambut baik kerjasama Bintan Resorts dengan SAG untuk pengembangan infrastruktur kebandarudaraan, pusat perawatan pesawat, dan pengembangan destinasi wisata.

“Semoga dengan konsep yang dimiliki GVG dapat berjalan dengan baik dan lancar, SAG pun siap untuk menjadi partner penerbangan dan partner pusat perawatan pesawat di Bintan,” ungkapnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP