. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 11 Maret 2017

Jambore Toyota Land Cruiser Indonesia 2017 Diikuti Malaysia, Brunei & Filipina

Gelaran 2 tahunan sport tourism otomotif berlabel Jambore Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI) kembali digelar tahun 2017 ini. TLCI Chapter #17 Jakarta Raya ditunjuk sebagai tuan rumah Jambore TLCI ketiga ini. Lokasi acaranya di Pantai Carnaval, Ancol, Jakarta, selama dua hari, 11-12 Maret.

Peserta Jambore TLCI ketiga bertema "Menuju Indonesia Tertib Bersatu Demi Keselamatan Bersama" ini bukan hanya diikuti 20 Chapter dari seluruh Indonesia antara lain dari Tebing Tinggi (Sumatera Utara), Jambi, Lampung, Bogor (Jawa Barat), Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Makassar (Sulawesi Selatan), Bali, dan Papua, pun dari tiga negara tetangga di Asia Tenggara yakni Malaysia, Brunei Darussalam, dan Filipina.

“Jambore TLCI ketiga ini diselenggarakan dalam upaya meningkatkan silaturahim dan interaksi langsung antar-anggota untuk bertukar informasi berkaitan perkembangan dunia otomotif global,” ujar Pujiyono Durachman selaku penanggung jawab Jambore TLCI ketiga sebelum membuka secara resmi acara tersebut di panggung utama Jambore 3 TLCI  di Pantai Carnaval, Sabtu (11/3) jelang siang.

Jambore ini, lanjut Pujiyono menjadi strategis bukan cuma buat anggotanya, penikmat, pemilik, dan pecinta Toyota Land Cruiser, pun bagi kalangan umum untuk berhimpun bersama, menjalin persaudaraan sambil berkarya bagi kehidupan dan lingkungan sekitar dengan tetap menjunjung tinggi keragaman yang ada.


Pujiyono mengapresiasi seluruh peserta Jambore TLCI 2017 yang datang dari berbagai daerah, karena semangat dan kecintaannya terhadap hobi hadir ke Jakarta dengan berbagai cara dan perjuangan.

"Jambore ini juga sebagai wadah kompetisi dan adu kreativitas sambil tetap menjunjung tinggi sportivitas dalam suasana kekeluargaan." jelas Pujiyono.

Setiap Chapter dalam jambore kali ini bukan hanya membawa sejumlah anggotanya, pun  mengangkut beberapa mobil Toyota Land Cruise beragam jenis dan usia ke Jakarta.

Chapter  Land Cruisers Makassar (LCM) misalnya membawa 37 orang dengan menumpang pesawat. "Kalau mobilnya ada 9 unit, di antaranya mobil milik Bupati Soppeng dan salah seorang anggota DPRD Sulsel, yang diangkut dengan  kapal laut selama 2 hari 3 malam. Biayanya ya ditanggung masing-masing," ungkap  Syamsil Malli selaku sekretaris LCM.

Bentuk kegiatan Jambore TLCI 2017 berisi berbagai aktivitas otomotif seperti recovery: menarik mobil menggunakan hi-lift jack dan strap, menyalakan mesin mobil dalam kondisi problem, menarik mobil menggunakan strap dan tenaga manusia, lomba parkir gandingan, serta menganti ban serep.

Selain itu juga ada exhibition berupa kontes mobil Toyota Land Cruiser yang berpenampilan unik dan menarik, beserta model-model cantik dan sekaligus lomba foto.

Tak ketinggalan beragam fun games dengan bermacam hadiah dari sponsor, dan coaching clinic serta hiburan berupa live music di panggung utama dengan sound system yang apik,  dengan menampilkan Ferry & Friends, Cat Rock Band, Bogor Blues Matchbox, Modern Dance Bodas, dan Sulie Widjaja & Band untuk menghibur pengunjung.

Jambore kali ini juga disemarakan dengan Bazaar  Lapak Kuliner yang menyajikan aneka makanan dan minuman seperti sate kambing, sate ayam, sop kamping, pecel, tempe mendoan, pempek, dan lainnya.

Deretan tenda putih khusus Bazaar Lapak Kuliner ini berada di sebelah kiri panggung utama. Sedangkan bazaar Lapak Non Kuliner berada di sisi sebelah kanan panggung utama, berupa deretan tenda putih.

Di Bazaar Lapak Non Kuliner  para pemilik stand-nya menjual bermacam kaos lengan bergambar mobil dan bertuliskan TLCI, Jeep, offroad, dan lainnya, juga bermacam jaket, ransel, sepatu, topi, dan pernak-pernik lainnya serta bermacam onderdil mobil Toyota Land Cruiser.

Berdasarkan pantauan TravelPlus Indonesia, selain aneka kuliner, kaos dan muk antik bertuliskan TLCI, Jeep dan lainnya juga diminati pengunjung.

Pengunjung umum yang ingin melihat even ini dikenakan tiket masuk Rp 50 ribu per orang (belum termasuk tiket masuk Ancol).

Tak kalah menarik hingga menyita perhatian pengunjung termasuk wisatawan yang tengah berwisata di Ancol, dalam Jambore TLCI kali ini ada sekitar 1.500 mobil Toyota Land Cruiser dari berbagai daerah dengan beragam jenis dan tahun produksi, mulai tahun 60-an sampai keluaran terbaru tahun 2000-an yang memenuhi lapangan parkir Pantai Carnaval.

Untuk mensukseskan jambore yang memberikan hadiah doorprize sebuah mobil TLC jadul ini, panitia menggandeng Dexlite Pertamina guna mensosialisasikan penggunaan bahan bakar diesel yang ramah lingkungan.

Pengunjung yang melakukan foto bersama Truk Tangki Dexlite dengan gaya heboh dan menarik lalau di-tag ke akun IG @dexseriesid dan @mypertamina kemudian diberi hashtag #dexlite, #pertaminadex, dan #mypertamina.

Sebanyak 20 foto terbaik akan mendapatkan diecast dari My Pertamina Merchandising Store.

Sejumlah booth menawarkan promo dan hadiah menarik bagi pengunjung selama acara berlangsung. Booth Pertamina misalnya memberikan Kopi Gratis di Bright Café bagi pengunjung yang membeli Merchandise My Pertamania  minimal senilai Rp 200 ribu.

"Kalau download App PERTAMINA Go dan follow @pertaminagoid, dapat gantungan kunci eksklusif," ujar salah seorang panjaga booth-nya.

Sementara yang berkaitan dengan resiko berkendara yang dijamin dengan asuransi, pihak PC Autocillin berpartisipasi di even ini untuk mengedukasi para pengendara kendaraan bermotor.

Komunitas TLCI saat ini memiliki 22 Chapter dengan jumlah anggota ratusan ribu yang tersebar luas di seluruh Tanah Air.

Setiap 2 tahun sekali mereka berkumpul dalam acara Jambore TLCI. Dua Jambore TLCI sebelumnya sukses digelar di Bali tahun 2013 dan Yogjakarta tahun 2015.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji dan al

Captions:
1. Opening Ceremony Jambore 3 Toyota Land Cruiser Indonesia di Pantai Carnival Ancol Jakarta, Sabtu (11/3).
2. Peserta Jambore TLCI 2017 dari Makassar.
3. Aneka muk antik diserbu pembeli Jambore TLCI 2017.
4. Bermacam kaos TLCI laris manis di Jambore 3 TLCI.
5. Pengunjung berfoto bersama sebuah mobil hadiah doorprize Jambore 3 TLCI.
6. Kontes mobil Toyota Land Cruiser dan lomba foto Jambore TLCI 2017.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP