. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 01 Maret 2017

Cara Media Online Ini Kuatkan Karakter di Perayaan Satu Tahun

Media online tumbuh bagai cendawan di musim hujan. Rata-rata menyuguhkan menu rubrik yang beragam. Tujuannya tentu saja untuk menangkap seqmen pembaca yang lebih luas sekaligus calon pemasang iklan.

Namun ada juga yang berani sedikit lebih fokus di satu sektor, misalnya pariwisata. Bahkan ada yang lebih spesifik lagi, mengambil salah satu sub sektornya, misalnya kuliner saja, transportasi saja, MICE saja, destinasi saja, dan lainnya.

Dari sekian media online yang baru tumbuh dan mewarnai ruang pemberitaan media maya, salah satunya adalah IndonesiaTripNews, yang pada hari Sabtu, tanggal 25 Februari 2017 lalu, merayakan Happy The 1st Anniversary.

Kalau dilihat dari namanya, media yang dikelola oleh Yeffi Rahmawati, mantan wartawati Koran Pelita, Jakarta ini sejatinya menyajikan berita-berita terkait perjalanan wisata. Namun ternyata di dalamnya tak melulu itu, melainkan juga ada rubrik lain seperti Akomodasi, Hiburan, Gaya Hidup, Profil, dan lainnya. Jenis tulisannya juga tidak semata softnews tapi juga feature.

Tentu sang owner yang biasa disapa Evi ini punya alasan sendiri mengapa rubrik-rubrik itu yang disajikan. Mengapa pula tentang kuliner yang selama ini sangat diminatinya, tidak dimuat dalam rubrik tersendiri melainkan masuk dalam rubrik Perjalanan Wisata, terkadang juga masuk dalam Rubrik Gaya Hidup bergabung dengan ragam rubrik lain seperti fesyen, keluarga, kesehatan, dan lainnya.

Begitupun dengan teknik penulisannya. Si-pengelola terasa sekali lebih nyaman bermain di gaya penulisan feature yang tak perlu segera tayang, dibanding news. Ini terlihat sekali dari beberapa beritanya yang masih agak telat tampil.

Sebagai media baru, kondisi itu wajar dan lumrah saja. Apalagi jumlah SDM-nya masih sangat terbatas. Semakin berumur, TravelPlus Indonesia yakin karakter IndonesiaTripsNews bakal semakin kuat.

Namun untuk mewujudkan itu, TravelPlus Indonesia menyarankan pengelolanya untuk lebih fokus ke rubrik yang memang diminati dan dikuasai serta disesuaikan dengan keterbatasan jumlah SDM-nya.

Dengan begitu upgrade pemberitaannya lebih cepat sehingga semakin menguat karakternya. Dibanding banyak rubrik tapi akhirnya tak ter-cover atau lambat update lantaran kekurangan SDM tadi, dan faktor lainnya.

***
Dalam usianya yang masih sangat balita, yakni baru setahun, IndonesiaTripNews sangat memungkinkan untuk tampil lebih menarik, berkarakter, dan lebih fokus ke depannya.

TravelPlus Indonesia yakin, pengelolanya mau mendengarkan input positif dari berbagai rekan media yang diundang saat merayakan anniversary pertamanya di kawasan wisata Cipanas, Puncak Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (25/2), tepatnya di penginapan Pesona Wisata, tak jauh dari Taman Bunga Nusantara.

Perayaan setahun keberadaan IndonesiaTripNews di kawasan yang belakangan ini ramai dikunjungi wisatawan mancanegara asal Timur Tengah itu, merupakan awal yang baik untuk berkembang menjadi media online yang lebih berkarakter.

Di balik beragam acara seru yang mewarnai perayaannya seperti lomba fesyen baju tidur, berkunjung ke sentra pedagang buah/sayur khas Puncak, mencicipi durian, dan mengunjungi perkebunan teh di dekat Telaga Warna, tentu pemiliknya memiliki segenggam harapan agar media online-nya bukan sekadar ada, tapi juga bisa berumur panjang, dan berkarakter kuat sekaligus mampu menjaring iklan.

Sebagai rekan yang kerap memberi masukan, didengar atau tidak, TravelPlus Indonesia yakin IndonesiaTripNews bisa menawarkan sesuatu yang beda sesuai keinginan dan kemampuan pengelolanya kelak.

Sekali lagi, selamat berusia setahun buat IndonesiaTripNews, semoga keberadaannya punya makna buat kebaikan, kecerdasan, dan kemajuan Indonesia.

Semoga pula, masih bisa bertemu diperayaan tahun keduanya di Kepulauan Seribu atau di objek wisata lainnya tahun depan.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP