. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 18 Maret 2017

Cara Marlinda Promosikan Pariwisata Batang Bareng Travel Bloggers

Guna lebih memperkenalkan dan menggaungkan pariwisata Batang, anggota Komisi X DPR RI Dr. Marlinda Irwanti berencana mengajak para travel blogger mempromosikan objek-objek wisata di salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ini, lewat kunjungan langsung.

"Saya bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata akan mengajak para travel blogger berwisata, untuk mempromosikan berbagai objek wisata yang ada di Kabupaten Batang," kata Marlinda di Jakarta, sesuai keterangan tertulisnya yang TravelPlus Indonesia terima di Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Menurut perempuan berhijab yang dilantik menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 pada 23 Agustus 2016 ini, sejumlah travel blogger akan diajak mengunjungi sejumlah objek wisata yang ada di Batang pada bulan April mendatang.

“Objek wisata yang akan dikunjungi antara lain Si Kembang di Desa Kembanglangit, kebun teh Pagilaran di Desa Keteleng, dan lokasi lainnya yang dinilai potensial menjadi destinasi yang dapat menjaring baik wisatawan domestik maupun mancanegara,” ungkapnya.

Lebih lanjut kader Golkar yang kini duduk di Komisi X DPR RI  yang menangani Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Olahraga, dan Perpustakaan ini menjelaskan, rencananya, setelah turun dari kereta di Stasiun Pekalongan, para travel blogger akan diajak untuk menikmati berbagai kuliner yang ada di sepanjang jalan dari Kota Pekalongan menuju objek wisata di Kabupaten Batang.

"Kuliner yang akan dinikmati para travel blogger antara lain tauto, soto grombyang atau kuliner khas lainnya, supaya pengalaman mereka tentang pariwisata di Kabupaten Batang lengkap, mulai dari objek wisata sampai kulinernya," terang perempuan kelahiran Yogyakarta, 16 Oktober 1964 ini.

Jebolan S3, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta tahun 2011 ini punya alasan kenapa dia berencana mengajak para travel blogger.

Ternyata dia sangat yakin promosi melalui travel bloggers termasuk lewat media sosial (medsos) akan berdampak sangat positif bagi perkembangan pariwisata di Kabupaten Batang. “Jangkauan dan penggunaan blog wisata dan medsos sudah semakin meluas di kalangan masyarakat,” ujarnya.

Mantan pengusaha di industry event management ini menambhakan agar upaya promosi melalui travel bloggers bisa optimal, infrastruktur yang kurang memadai di lokasi wisata yang ada di Kabupaten Batang segera dibenahi seperti Pantai Sigandu, yang letaknya sekitar 4 Km dari pusat Kabupaten Batang, tepatnya di Desa Klidang Lor, Kecamatan Batang.

Menurut penilaian mantan dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Interstudy Jakarta dan pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Publik ini, Pantai Sigandu masih belum layak menjadi destinasi wisata.


“Selain kotor, fasilitas yang ada masih belum memadai, sehingga berbagai infrastruktur di pantai tersebut masih perlu dibenahi,” ungkapnya.

Berdasarkan pendataan TravelPlus Indonesia, Batang termasuk kabupaten di Jateng yang memiliki objek wisata yang lengkap, mulai dari wisata bahari seperti pantai, alam berupa lereng pegunungan dengan sejumlah air terjun dan telaga, budaya termasuk kuliner khas di dalamnya, sejarah, wisata agro, wisata buatan, dan lainnya.

Masih di kawasan sekitar Pantai Sigandu, misalnya terdapat penangkaran lumba-lumba benama Batang Dolphin Center.

Selain Pantai Sigandu, masih ada sederet pantai lagi yang tak kalah menawan, antara lain Pantai Celong atau sering juga disebut dengan Pantai Mangunsari yang dikenal sebggai pantainya para pemancing. Lokasinya berada Desa Mangunsari, Kecamatan Banyuputih.

Lalu Pantai Jodo di Desa Sidorejo, Kecamatan Gringsing yang memiliki hamparan pasir laut yang bersih serta rimbunnya pohon cemara di sekitar lokasi. Masih di Kecamatan Gringsing, tepatnya di Desa Ketanggan, ada Pantai Pelabuhan yang juga disukai para pemancing dari berbagai daerah di sekitar Batang.

Kemudian Pantai Ujung Negoro yang menjadi salah satu destinasi wisata Batang dengan pemandangan yang tak kalah indah dengan pantai-pantai di Bali. Lokasinya di Desa Ujungnegoro, Kecamatan Kandeman.

Batang juga dianugerahi Telaga Dringo yang berada di Mojotengah perbatasan dengan Banjarnegara, tepatnya di Desa Mojotengah, Kecamatan Reban.

Buat yang senang wisata pemacu adrenalin dengan body rafting, Batang juga memiliki akses wisata untuk itu di Desa Pandansari, Kecamatan Warungasem. Tak hanya body rafting, wisata di Pandansari juga menawarkan keindahan alam untuk berkemah dan outbond.

Batang juga memiliki pemandian air panas yang berada di Lereng Pegunungan Batang, salah satunya Pemandian Air Panas Sangubanyu.

Sementara wisata budaya dan sejarahnya ada Cagar Budaya Silurah di Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal yang merupakan salah satu peninggalan Hindu. Di sana ada Ganesha, Arca Siwa yang agung peninggalan pada abad 9 masehi. Juga Prasasti Sojomerto yang berasal dari abad ke-7 M bertuliskan huruf Pallawa dengan menggunakan Bahasa Melayu Kuno sebagai bukti adanya Wangsa Syailendra.

Wisata agro-nya ada di Desa Selopajang, Kecamatan Blado yang menawarkan pemandangan indah dan dilengkapi fasilitas yang mampu menarik kunjungan wisatawan seperti kolam terapi ikan, kolam renang, dan berbagai permainan outbound serta banyak buah-buahan yang bisa beli sebagai cendera mata.

Kabupaten Batang juga kaya dengan wisata alam air terjun (curug). Tercatat ada Curug Sijeglong di Desa Margosono, Kecamatan Tersono; Curug Gombong di Desa Gombong, Kecamatan Subah; dan Curug Sodong di Desa Sodong, Kecamatan Wonotunggal yang terkenal akan hasil buminya Cengkeh, Panili dan Kapulogo-nya.

Selain itu ada Curug Botoh yang debit airnya besar dan suasananya alamnya masih asri. Lokasinya di Desa Banteng, Rejosari Barat, Kecamatan Tersono.

Kemudian Curug Bidadari yang konon kabarnya sering dipakai untuk mandi para puteri bangsawan. Lokasinya di Desa Silurah, Kecamatan Wonotungga.

Satu lagi Curug Genting di Desa Bawang, Kecamatan Blado yang sempat nge-hits beberapa tahun lalu. Sedangkan wisata buatannya, antara lain Kolam Renang Bandar yang berada di Desa Wonokerto, Kecamatan Bandar.

Travelplus Indonesia sangat optimis, dengan melibatkan sejumlah travel blogger senior, andal, berpengalaman, dan profesional artinya yang selama ini loyal dan fokus meliput dan menulis terkait kepariwisataan dan kebudayaan dengan kreatif dan menarik, lalu rajin menyebarluaskan foto dan link  tulisannya ke beragam medsos, WAG, komunitas dan lainnya, akan membuat pariwisata Batang terangkat dan berujung pada peningkatan kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: disparpora kab.batang, dpr.go.id, @maftukhahannisa & @zabidinn

Captions:
1. Pantai Sigandu
2. Dr. Marlinda Irwanti
3. Perkebunan Teh Pagilaran
4. Curug Gombong

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP