. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 27 Februari 2017

Upaya Wujudkan Mimpi Pangkalpinang Setenar Qatar Lewat MXGP

Rasanya masih seperti tak percaya kalau Kota Pangkalpinang bakal menggelar perhelatan lomba motorcross kelas dunia bertajuk Motorcross Grand Prix (MXGP) 2017 yang akan berlangsung dua hari 4 & 5 Maret di ibukota provinsi Kepuluan Bangka Belitung (Babel) itu. Prestasi ini jelas membanggakan bukan saja bagi Pangkalpinang, Pulau Bangka, Babel, pun bagi Indonesia di mata dunia.

Walikota (Walkot) Pangkalpinang Irwansyah mengatakan keberhasilan Pangkalpinang menjadi tuan rumah MXGP selama tiga musim mulai 2017 sampai 2019 mendatang merupakan kesempatan besar bagi Pangkalpinang, Babel bahkan Indonesia agar jadi lebih dikenal di mata internasional.

“Kami optimis dengan MXGP selama tiga musim nanti semakin banyak orang mengenal Pangkalpinang, semakin banyak orang yang terpesona dengan beragam pesona keindahan Babel. Roda perekonomian kami pun akan semakin tergerakkan," ungkap walkot yang akrab disapa Wawan kepada Travelplus Indonesia usai jumla pers terkait pelaksanaan Indo MXGP Championship dan Sungailiat Triathlon 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Senin (27/2).

Wawan yang pernah bergelar walkot termuda di Indonesia, karena sewaktu dilantik menjadi walkot Pangkalpinang November 2013 masih berusia usia 30 tahun ini berharap dengan pelaksanaan MXGP tiga musim dapat menjadikan Pangkalpinang setenar Qatar, yang namanya lebih melambung di mata internasional sejak menggelar balapan kelas dunia, MotoGP, pada tahun 2004.

Terlebih salah satu destinasi di Provinsi Babel, yakni Tanjung Kelayang masuk dalam 10 destinasi prioritas yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. “Semoga dengan MXGP ini masyarakat internasional jadi lebih mengenal Babel,” ujarnya.

Wawan pun optimis masyarakat Indonesia akan mendukung pelaksanaan MXGP di wilayah yang dipimpinnya meningat sport tourism event ini bukan cuma akan mengangkat dan mengharumkan Pangkalpinang dan Babel melainkan juga nama Indonesia.

Untuk mewujudkan impaiannya itu, sejumah langkah pun dilakukan Wawan. Berdasarkan catatan Travelplus Indonesia, dia berkali-kali mendatangi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk berdiskusi dengan Menpora terkait pelaksanaan even berskala dunia itu.

Bahkan sejak setahun lalu, tepatnya 23 Maret 2016 Wawan dengan dukungan Kemenpora sudah melakukan jumpa pers awal terkait MXGP 2017 di Kemenpora dengan mengundang sejumah media.

Selanjutnya di awal tahun ini, tepatnya tanggal 18 Januari 2017, Wawan juga mengikuti jumpa pers bertajuk 45 Days To Go MXGP 2017 yang diadakan Kemenpora yang juga dihadiri Menpora Imam Nahrawi.

Sebulan kemudian, tepatnya Februari 2017, Wawan menghadiri jumpa pers di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, tepatnya di kantor Maskapai Sriwijaya yang mendukung MXGP 2017 ini. Hadir dalam acara itu Arief Yahya, Imam Nahrawi, Dirut Srwijaya, dan IMI Pusat.

Merasa belum cukup, Wawan pun menghubungi langsung Travelplus Indonesia, 19 Februari 2017 untuk kerjasama pemuatan informasi pra even MXGP 2017. Mengingat 3 jumpa pers di atas itu lebih menonjolkan sisi sport-nya, belum tourism-nya.

Travelplus Indonesia pun akhirnya membuat tulisan tentang MXGP Pangkalpinang 2017 sesuai keinginan Wawan yang lebih menekankan sisi tourism-nya.

Usai rampung, tulisan berjudul “Usai Nonton MXGP, Objek-Objek Wisata Pangkalpinang Ini WAJIB Anda Sambangi” itupun di-publish pada Senin, 21 Februari 2017 lalu di-posting ke sejumlah media sosial (Instagram, dan lainnya) dan di-share ke sejumlah WhatsApp Group (WAG) travel agent, backpackers, traveller, travel blogger, wartawan, komunitas terkait, termasuk ke Kemenpar, mulai dari Menpar Arief Yahya, para deputi, dan asdep hingga staff-nya.

Alhasil, dari semua upaya yang dilakukannya itu, gaung MXGP 2017 lumayan terdongkrak. Buktinya sejumlah travel agent di Babel khususnya membuat paket spesial MXGP Pangkalpinang 2017 dan sudah dipasarkan secara online.

Ketika disinggung soal Amenitas, terutama akomodasi bagi peserta lomba, kru maupun wisatawan yang datang dari berbagai kota di Tanah Air, bahkan turis dari mancanegara, Wawan mengatakan sudah ada beberapa hotel berstandar internasional yang siap menampung, antar lain Aston, Novotel, Swissbel, Santika, dan sejumlah resort lain.

Soal transportasi udara, Wawan mengatakan ini frekuensi penerbangan dari dan ke Bandara Depati Amir saat ini sekurangnya ada 57 kali penerbangan dalam satu hari. Hanya saja, untuk penerbangan internasional masih akan melalui Jakarta. "Kami sudah membuka pembicaraan dengan Sriwijaya Air untuk membuka penerbangan internasional, paling tidak untuk rute Pangkalpinang-Singapura," ungkapnya.

Menpar Arief Yahya jelas saja mengapresiasi penyelenggaraan MXGP Pangkalpinang 2017 ini mengingat even tersebut merupakan upaya mempromosikan potensi pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Babel.

“Sport tourism  event ini memberikan dampak langsung (direct impact) pada ekonomi masyarakat serta mempunyai nilai pemberitaan (news value) yang tinggi sehingga menjadi sarana promosi efektif,” ungkapnya.

Arief Yahya menjelaskan lebih dari 27 negara dipastikan akan mengikuti ajang INDO MXGP Championship 2017 di Pangkalpinang ini. “Even ini menjadi showcase sempurna karena ditonton lebih dari 1,42 miliar pemirsa TV. Kita gunakan momentum ini sebagai ajang untuk mem-branding Wonderful Indonesia ke mancanegara,” kata Arief Yahya.

Namun Arief Yahya sempat menyinggung soal keterlambatan jumpa pers MXGP Pangkalpinang 2017 yang digelar di Kemenpar ini.

Menurutnya apapun evennya, kalau mau lebih bergaung dan sukses, sebaiknya mengutamakan promosi pra event dengan porsi 50 persen, 30 persen untuk on event dan sisanya pasca event dari total anggaran even.

Gubernur Babel Rustam Effendi menambahkan soal dipilihnya Pangkalpinang sebagai lokasi penyelenggaraan Indo MXGP Championship 2017 antara lain karena memiliki tekstur tanah yang berpasir sebagai karakter yang cocok untuk sirkuit MXGP.

Selain itu lokasi tersebut merupakan satu-satunya venue yang langsung berseberangan dengan pantai yang tumbuh resort dan hotel. “Kita akan manfaatkan ajang Indo MXGP Championship 2017 untuk mempromosikan Wonderful Pangkalpinang,” pungkas Rustam Effendi.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & supriyadi

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP