. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 08 Februari 2017

Tiga Provinsi Ini Bersaing Jadi Tuan Rumah HPN 2018

Perhelatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di Ambon, Maluku, berlangsung lancar dan sukses meskipun masih ada beberapa catatan. Tahun depan, ajang tahunan bertemunya para insan pers di Tanah Air ini akan dihelat di provinsi lain. Kabar yang berhembus, ada tiga provinsi di Pulau Sumatera yang berminat ikut serta bursa pencalonan menjadi tuan rumah HPN 2018, yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Lampung.

Berdasarkan pengamatan Travelplus Indonesia, dari ketiga provinsi itu, Sumatera Utara terlihat lebih antusias.

Buktinya tim Persatuan Wartawan Indonsia (PWI) cabang Sumatera Utara sudah melakukan audiensi kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi ke kantor Gubsu di Jalan Diponegoro, Kecematan Medan baru, Kota Medan, pertengahan Januari lalu.

Hasil audiensi yang dipimpin Ketua PWI Sumut Hermansyah itu, mendapat apresiasi Gubsu Erry. Kata orang nomor 1 se-Sumut itu, pemprovsu siap mendukung penuh usulan Sumuatera Utara menjadi tuan rumah pelaksanaan HPN 2018 seperti dilansir sebuah media online setempat beberapa waktu lalu.

Menurut Erry penyelenggaraan even kelas nasional ini selalu dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagaimana HPN 2016 di Mandalika, Lombok, NTB dan HPN 2017 di Ambon, Maluku. Jelas akan mendapat sorotan peliputan dari berbagai media di seluruh Tanah Air.

Kata Erry, Pemprovsu memang tengah bersemangat menjadi tuan rumah berbagai even berskala Nasional.

Semua itu dilakukan bukan saja untuk mendongkrak perekonomian daerah, namun juga diharapkan dapat menjadi promosi efektif bagi daerah.

”Dengan menjadi tuan rumah berbagai even nasional, termasuk HPN 2018, kita ingin citra negatif Sumut berubah menjadi citra positif,” terangnya.

Ketua PWI Sumut Hermansyah mengatakan pihaknya akan berjuang menjadikan Sumut sebagai tuan rumah HPN 2018, menglahkan 2 provinsi lain yang juga berusaha menjadi tuan rumah.

Pengusulan tersebut akan diajukan pada penyelenggaraan acara puncak HPN 2017 tangal 9 Februari di Kota Ambon, Maluku. “Kami juga akan membawa surat rekomendasi dari Gubsu dan DPRD Sumut,” ujar Hermansyah.

Sebagai catatan, Sumut terakhir menjadi tuan rumah HPN pada tahun 1994, di masa era Presiden Soeharto.

Provinsi lain yang juga sangat berantusias menjadi tuan rumah HPN 2018 adalah Sumatera Barat (Sumbar). Ketua PWI Sumbar 2011-2016, Basril Basyar mengatakan pihaknya telah beberapa kali mengusulkan agar HPN dilaksanakan di Padang.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno juga mendukung wacana Padang sebagai tuan rumah HPN 2018. Bahkan Ketua PWI Pusat Margiono sebagaimana dilansir AntaraSumbar.com (23/1), sudah memastikan peringatan HPN 2018 akan dilaksanakan di Kota Padang mengingat Sumbar sudah mengusulkan menjadi tuan rumah sejak dua tahun lalu.

Melihat keseriusan Sumut dan Sumbar, Travelplus Indonesia yakin kedua provinsi ini punya kans yang lebih besar menjadi tumah tuan rumah HPN 2018 dibanding Lampung. Namun kans Sumut terlihat lebih besar.

Ini juga berdasarkan background para tuan tumah HPN sebelumnya yang selalu berhubungan dengan destinasi pariwisata prioritas, mengingat Pemerintah Pusat tengah memfokuskan pembangunan kepariwisataan di 10 destinsi prioritas yang dijuluki ‘Bali-Bali Baru’.

HPN 2016 buktinya berlangsung di Mandlika, Lombok, NTB yang merupakan salah satu dari 10 Destinasi Prioritas yang juga sudah ditetapkan pemerintah pusat sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Lalu HPN 2017 berlokasi di Ambon, Maluku yang berdekatan dengan Pulau Morotai yang juga termasuk salah satu dari ‘Bali Baru’. Kenapa tidak di Moratai langsung? Ya karena terkait kesiapan akses, akomodasi, dan lainnya.

Sumut diperkirakan bakal memenangkan persaingan menjadi tuan rumah HPN 2018 dengan 2 rivalnya yakni Lampung dan Sumatera Barat, karena Sumut memiliki satu dari 10 ‘Bali Baru’, yakni Danau Toba.

Kans Sumbar juga sama besar mengingat Pemerintah Pusat dalam hal ini (Kemenpar) juga tengah bergiat memgembangkan Pariwisata Halal Nasional di sejumlah daerah di Tanah Air.

Terlebih Sumbar ini baru saja sukses menyabet tiga penghargaan tingkat internasional di ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016, yang teridir atas dua penghargaan dari kategori umum yakni World Best Halal Destination dan World Best Halal Culinary Destination serta satu kategori khusus, yaitu Worlds Best Halal Tour Operator yang diraih agen perjalanan asal Sumbar, Ero Tour.

Melihat alasan-alasan di atas, Sumut dan Sumbar punya peluang besas untuk memenangkan persaingan menjadi tuan rumah HPN 2018 dibandingkan Lampung.

Keuntungan Tuan Rumah HPN
Kenapa tiga provinsi ini berebut menjadi tuan rumah HPN 2018? Berdasarkan pengamatan Travelplus Indonesia karena banyak keuntungan yang bakal diperoleh daerah yang menjadi tuan rumah HPN diberbagai sektor, termasuk sektor pariwisata.

Keuntungannya antara lain objek-objek wisata tuan rumah ikut terdongkrak namanya karena terekspos oleh jurnalis/travel blogger andal dan lainnya termasuk netizen di sejumah media sosial (medsos) dan juga media dari mancanegara.

Objek wisata tuan rumah bakal menjadi destinasi wisata yang diburu wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) lantaran ragam pesonanya terekspos.

Para pelaku industri wisatanya mulai dari hotel, MICE, rumah makan, rental car, destinasi wisata, travel agent, kuliner, kerajinan tangan, dan lainnya akan kebanjiran untung.

Maklum diperkirakan ribuan orang akan bertandang ke daerah yang menjadi tuan rumah HPN, mulai dari wartawan nasional dan internasional, sejumlah duta besar, dan pastinya rombongan orang Nomor 1 di Indonesia, Presiden Jokowi sebagaimana acara puncak HPN 2016 di Lombok dan 2017 di Ambon.

Keuntungan selanjutnya pembangunan infrastruktur dan aksesibilitas sang tuan rumah pun bakal ikut terdongrak.

Citra positif tuan rumah juga akan semakin berkilau sehingga selain memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan yang bertandang, pun bakal menarik para investor pariwisata untuk menanamkan modalnya di daerah yang menjadi tuan rumah HPN.

Siapapun provinsi yang terpilih menjadi tuan rumah HPN 2018, semestinya Kementerian Pariwisata (Kemenpar), tetap konsen berpartisipasi memeriahkan dan mensuseskan agenda tersebut sebagaimana HPN 2017 di Ambon dengan menggelar 7 kegiatan oleh Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara (Asdep SP2N) dan Asdep Seqmen Bisnis Pemerintah.

Seperti apa bentuk dukungan Kemenpar di HPN 2018? Tunggu saja kabarnya nanti.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Sepenggal pesona Ambon dari Jembatan Merah Putih
2.Sepotong Panorama Danau Toba, Sumut
3. Rumah Gadang, ikon-nya Sumbar
4. Menara Siger, landmark khas Lampung

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP