. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 12 Februari 2017

Mudahnya Memilih Tempat Bobo di Ambon Pasca-HPN 2017

Sepekan lalu, mulai tanggal 4-10 Februari 2017, banyak wisatawan yang kesulitan mencari penginapan saat berkunjung ke Ambon, Maluku. Soalnya seluruh hotel di kota berjuluk Kota Manise itu penuh terisi oleh sekitar 2.000 tamu dari berbagai kota dan daerah di Indonesia untuk merayakan Hari Pers Nasional (HPN), terlebih jelang acara puncaknya yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) tanggal 9 Februari.

Sekaranglah waktu yang tepat kalau Anda berniat berwisata ke Ambon untuk menikmati ragam pesona bahari, budaya, kuliner, sejarah, dan wisata buatannya dengan suasana yang lebih tenang dan santai. Pasalnya selepas acara tahunan yang menjadi wadah bertemunya insan pers dari seluruh penjuru Tanah Air itu, Anda bisa leluasa mendapatkan penginapan sesuai selera dan isi kantong Anda.

Selama di kota beroleh-oleh Roti Kenari, Minyak Kayu Putih, dan Ikan Asar ini, Anda bisa melihat Patung Pattimura yang menjadi landmark Kota Ambon yang paling terkenal di Lapangan Merdeka. Lalu ke Patung Martha Christina Tiahahu yaitu pahlawan wanita asal Maluku yang berdiri tegak di Karang Panjang. 

Tak lupa mendatangi ikon Kota Ambon lainnya seperti Jembatan Merah Putih yang membentang di Teluk Dalam Ambon, dan ke Gong Perdamaian Dunia yang berada tepat di depan kantor Gubernur.

Selanjutnya Anda bisa bersantai dan menikmati panorama pantai-pantainya yang eksotik seperti Pantai Pintu Kota yang terkenal dengan pintu alaminya yang terbuat dari karang. Kalau Anda lagi beruntung, bisa melihat Pintu Kota dengan sangat jelas saat air laut sedang surut.

Kalau belum puas, Anda bisa meneruskana ke Pantai Natsepa, Pulau Nusa Pombo, Pantai Liang, Pantai Santai dan lainnya.

Akomodasi di Ambon cukup banyak. Sebelum peringatan HPN 2017 tarifnya bervariasi tergantung jenis hotel, lokasi, dan fasilitasnya. Swiss-Belhotel Ambon misalnya mematok harga mulai Rp 1.271.000 per kamar per malam, Amaris Hotel Ambon (Rp 523.000), Amans Ambon Manise (Rp 456.000), Manise Hotel (Rp 496.000), dan Everbright Hotel harga mulai Rp 505.000 per kamar per malam. Selama pelaksanaan HPN 2017, harga sejumlah hotel di Ambon itu pun mengalami penyesuaian.

Berdasarkan informasi yang Travelplus Indonesia peroleh dari Lia, salah seorang event organizer  (EO) yang mengatur Tim HPN dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), khususnya dari Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara (Asdep SP2N), untuk harga kamar tipe deluxe di Swiss-belhotel Ambon dipatok Rp 1.155.000 per malam, sedangkan tipe deluxe superior Rp 1.225.000 per malam.

"Kalau harga kamar tempat Pak Menpar Arief Yahya menginap di Swiss-Belhotel Ambon Rp 1.470.000 per malamnya,” terang Lia lewat pesan WA baru-baru ini.

Sementara harga kamar tipe junior suite di Manise Hotel yang lokasi berdekatan dengan Swiss-bellhotel Rp 950.000 per malam. “Kalau harga kamar tipe deluxe di Hotel Natsepa, tempat Plt. Asdep SP2N Pak Hariyanto menginap itu Rp 840.000 per malam,” tambah Lia.

Amaris Hotel Ambon berlokasi di Jalan Diponegoro No. 82-84 atau sekitar 10 Km dari Bandara Internasional Pattimura. Lokasinya di samping Kedai Kopi Original Joas yang lagi ngehits di kota Ambon, juga tak jauh dari Masjid Raya Al Fatah dan Gereja Maranatha Ambon.

Tiap 77 kamar di Amaris Hotel Ambon didesain dengan nyaman dengan konsep minimalis, serta difasilitasi dengan kamar mandi pribadi, TV, AC, kulkas, juga jaringan internet.

Swiss-BelHotel Ambon yang terletak di Jalan Benteng Kapaha No.88 merupakan salah satu akomodasi terbagus di Ambon yang berbintang empat.

Beragam fasilitas mewahnya antara lain spa, fitness & gym, restoran, bar, kedai kopi, dan lounge. Ruang kamarnya berdesain modern, nyaman, dan dilengkapi dengan kamar mandi pribadi, AC, TV, koneksi internet, pengering rambut, juga mini bar. Kalau mau ke Bandara Pattimura dapat ditempuh selama 45 menit dengan berkendara.

Dari hotel ini Anda bisa menikmati keindahan pesona bahari pantai-pantai di Kota Ambon seperti Pantai Namalutu (4 Km), Pantai Natsepa (14 Km), dan Pantai Santai (24 Km).

The Natsepa Resort and Conference Center yang terletak di Jalan Raya Natsepa No.36, Suli, atau sekitar 10 km dari Bandara Pattimura merupakan hotel yang terdekat menuju Pantai Namalatu, sekitar 2 Km saja.

Properti bintang empat ini pun berfasilitas lengkap antara lain kolam renang, restoran, jacuzzi, massage, lounge, karaoke, BBQ, dan taman. Tiap 96 kamarnya berukuran cukup luas, dan dikelilingi pemandangan pantai yang indah. Tak jauh dari hotel ini banyak kedai yang berjualan rujak dan pisang goreng.

Hotel Murah Tapi Tidah Murahan
Buat Anda yang berkantong pas-pasan,  bias memilih hotel bajet yang haranya lebih murah. Contohnya Hotel Legreen Suite Ratulangi di Jalan Sam Ratulangi No. 93, sekitar 10 Km dari Bandara Pattimura.

Hotel modern, bersih, dan nyaman ini memiliki kamar yang cukup luas, ber fasilitas kamar mandi pribadi, AC, TV, kulkas, dan koneksi internet. Tarifnya sekitar Rp 300.000 per malam lewat pemesan online melalui pegipegi.com.

Dari hotel ini Anda bisa berkunjung ke beberapa pantai seperti Pantai Namalatu (3.6 Km), Pantai Natsepa (12 Km), dan atau ke Pantai Santai (22 Km).

Hotel Mutiara Ambon juga bisa jadi pilihan Anda. Hotel bintang dua yang terletak di Raya Pattimura No.12 ini memiliki kamar berdesain modern yang dilengkapi kamar mandi pribadi, AC, dan TV.

Hotelnya cuma berjarak sekitar 10 Km dari Bandara Pattimura, 4 Km dari Pantai Namalutu 11 Km dari Pantai Natsepa, 21 Km dari Pantai Santai. Tarifnya mulai dari Rp 375.100.

Pilihan lainnya Hero Hotel Ambon di Jalan WEM Reawaru No.7B (belakang Kantor Gubernur). Sama seperti Hotel Mutiara, hotel ini pun berada di pusat kota, dekat kantor pemerintah, banyak rumah makan di sekitar hotel, dan dekat Lapangan Merdeka sehingga akses menuju bandara dan objek wisata cukup mudah dijangkau dengan berkendara.

Kalau ingin ke pantai terdekat, bisa ke Pantai Namalatu (4 Km) dan Netsepa (11 Km). Ruang kamar hotel ini terbilang cukup luas dengan fasilitas mandi pribadi, AC, dan TV. Tarifnya mulai dari Rp 415 ribu.

Pilihan berikutnya Everbright Ambon Hotel Ambon Hotel yang merupakan properti bintang tiga berfasilitas modern dan pelayanan yang ramah.

Hotel yang terletak di Cendrawasih No.20 atau berjarak sekitar 9 Km dari Bandara Pattimura ini menyediakan fasilitas restoran, lounge, business center, dan akses Wi-Fi di lobi. Tiap kamar di Everbright Ambon Hotel berdesain modern dan berfasilitas kamar mandi pribadi, AC, TV, mini bar, pengering rambut, juga koneksi internet. Tarifnya mulai dari Rp 450 ribu per malam.

Hotel bajet selanjutnya yang bisa Anda pilih, Amans Hotel di Jalan Pantai Mardika No.53 A yang berjarak sekitar 10 Km dari Bandara Pattimura, dan dekat dengan pasar umum serta terminal utama Kota Ambon, sehingga sangat memudahkan Anda untuk bepergian ke mana pun di Ambon.

Berjalan kaki sekitar 15 menit dari hotel ini, Anda sudah menemukan pusat Kota Ambon, Gong Nekara, Patung Sudirman, serta pusat pemerintahan dan bisnis.

Hotel yang berfasilitas restoran, kolam renang, gym, lapangan tenis, spa, sauna, jacuzzi, kedai kopi, hingga karaoke ini memiliki sekitar 115 dilengkapi kamar mandi pribadi, AC, TV, koneksi internet, kulkas, pengering rambut, dan mini bar. Tarif akomodasi berbintang tiga ini mulai dari Rp 454.545.

Selain mudah mendapatkan akomodasi, pasca-perayaan HPN 2017 di Ambon, Anda pun akan lebih mudah mendapatkan sewa mobil untuk keliling objek-objek wisata seputar Kota Ambon.

Yani, salah seorang pemilik rental car pribadi berlabel Ambon Taxi di Kota Ambon, mengatakan harga sewa mobil sekitar Rp 700.000 per hari untuk mobil jenis Avanza berkapasitas 4 orang tamu, satu di depan dekat sopir dan tiga di tengah, sedangkan bagian belakang buat tempat ransel/koper. “Kalau ransel/koper-nya mau dipangku, di belakang bisa muat 3 orang lagi,” ujarnya.

Sementara harga sewa mobil jenis Inova dengan kapasitas penumpang sama dengan Avanza, sekitar Rp 900.000 per hari.

“Tamu bisa dijemput di Bandara Pattimura lalu ke hotel untuk check-in atau langsung ke objek wisata yang ada di Ambon. Atau bisa dijemput dari hotel pagi hari setelah sarapan kemudian ke objek-objek wisata sampai malam hari,” terang Yani.

Nah, Anda tertarik berlibur ke Kota Ambon dalam waktu dekat? Mudah-mudahan informasi hotel dan rental car di atas bisa bermanfaat.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP