. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 14 Februari 2017

Habis Nyoblos di Jakarta, Ayo Nyari Nyale di Mandalika

Usai melakukan pencoblosan terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta, besok Rabu, 15 Februari 2017, Anda bisa ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Lokasi tepatnya di Pantai Seger, Mandalika, Lombok Tengah (Loteng) untuk mencari dan menangkap cacing laut dalam Festival Pesona Bau Nyale 2017 yang puncak acaranya berlangsung 2 hari, 16-17 Februari.

Agenda perjalanannya bisa seperti ini. Setelah mencoblos pagi hari, Anda berangkat Rabu sore dengan pesawat, misalnya maskapai Garuda Indonesia pukul 15.45 WIB dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soeta).

Sampai di Lombok Internasional Airport (Lia) di Praya, Lombok sekitar pukul 18.50 malam. Lalu dengan taksi atau rental car, Anda bisa menuju penginapan yang sudah di-booking sebelumnya di dekat lokasi dimana acara berlangsung.

Kalau belum pesan penginapan secara online ataupun by phone, coba Anda langsung menuju kawasan Pantai Seger yang menjadi lokasi pusat acara Festival Pesona Bau Nyale 2017 berlangsung.

Susuri saja sepanjang Jalan Raya Wisata Kuta Lombok. Di sana Anda akan temui beragam jenis penginapan mulai dari vila, hotel sampai homestay.

Untuk tariff homestay yang paling murah mulai dari Rp 200 ribu per orang per malam dengan fasilitas kamar mandi di dalam dan kipas angin serta sudah termasuk sarapan pagi. Di sekitar jalan tersebut juga ada beberapa warung makan dan kedai.

Malamnya Anda bisa melihat tradisi yang dilakukan warga setempat sebelum menangkap Nyale mulai tengah malam hingga matahari terbit. Biasanya warga memotong ayam kemudian diolah menjadi masakan dan membuta ketupat.

Esok harinya, Kamis (16/2), Anda menyaksikan beragam suguhan seni budaya yang digelar dalam rangkaian Festival Pesona Bau Nyale. Ada Betandak atau Bekayak, Napak Tilas Bau Nyale, Parade Budaya Pesona Bau Nyale, dan Pemilihan Putri Mandalika.

Kalau ingin menikmati aneka masakan dan kuliner Khas Lombok datang saja ke acara Kampung Kuliner, masih dalam rangkaian  Festival Pesona Bau Nyale 2017 yang dilaksanakan Pemkab Loteng yang didukung Pemprov NTB dan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melalui Bidang Promosi Wisata Budaya, Asdep Seqmen Pasar Personal, Deputi Bidang Pemgembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara.

Malam Jum’at (17/2) Anda bisa ikutan mencari Nyale sampai matahari terbit. Jangan lupa melihat warga setempat mengolah Nyale hasil tangkapan bersama menjadi berbagai makanan seperti Nyale Goreng, Pepes Nyale, dan Nyale dibungkus daun lalu dimasak santan atau Daun Nyale Kelak Santan.

Cicipilah masakan berbahan Nyale tersebut agar Anda tahu rasa dan khasiatnya.

Kalau Anda berani menyantap Nyale mentah (belum diolah), boleh-boleh saja. Selanjutnya setelah beristirahat, Anda bisa berwisata bahari mengunjungi pantai-pantai lain yang ada di kawasan Mandalika, seperti ke Pantai Kuta Lombok, Pantai Selong Belanak, Pantai Mawi Lombok, Teluk Gerupuk, dan Tanjung Aan.

Kalau Anda berani berselancar, sewa saja papan surfing dan sepeda motor menuju lokasi surfing spot setempat. Sebaiknya Anda dipandu peselancar lokal biar lebih aman dan nyaman.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: rico

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP