. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 22 Februari 2017

10 Even Wisata di Samosir Tahun ini, Bakal Memukau Anda

Belum pernah berwisata ke Samosir? Tahun ini adalah waktu yang paling tepat buat Anda mengunjungi pulau terbesar yang berada di tengah Danau Toba, Sumatera Utara ini. Kenapa? Karena ada 10 even wisata dan budaya bertajuk Horas Samosir Fiesta 2017 yang pastinya bakal memukau Anda.

Calendar of Events Samosir berisi 10 even wisata  itu baru saja di-launching Bupati Samosir Rapidin Simbolon, di Jakarta, tepatnya di Golden Rose Ball Room, Hotel Acacia, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu (22/2) malam.

“Dipastikan setiap bulan, mulai Maret 2017 akan ada event  wisata di Samosir sampai bulan Desember 2017,” ujar Rapidin yang didampingi Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga dan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Samosir Ombang Siboro.

Sepuluh even baik itu wisata, budaya, maupun sport tourism yang ada dalam kalender wisata Kabupaten Samosir 2017 tersebut adalah Festival Pasir Putih yang akan berlangsung pada tanggal 25 Maret di Pasir Putih; Festival Gondang Naposo (29-30 April) di Parbaba; Samosir Band Festival (12-13 Mei) di Pasir Putih; Batak Fiesta (27-29 Juni) di Tuktuk Siadong; Horja Bius (7-8 Juli) di Tomok; dan Samosir Music International (12 Agustus) di Tuktuk Siadong.

Selain itu even Samosir Lake Toba Ultra (22-23 September) di Pangururan-Sianjur-Harian; Samosir Jazz Seasons (28 Oktober) di Samosir; Sigale-Gale Carnival (25 November) di Tuktuk Siadong; dan even penutup Festival Sipinggan tanggal 28 Desember yang bertempat di Sipinggan. 

“Calendar of Events ini sudah kami mulai sejak 2012. Tujuan kami menggelar 10 even tahun ini untuk lebih memperkenalkan Samosir sebagai tujuan wisata dunia yang di dalamnya ada keindahan alam, wisata budaya, wisata bahari, wisata sejarah, dan wisata kuliner,” terang Rapidin.

Berdasarkan analisa dan survei yang dilakukan Pemkab Samosir, lanjut Rapidin, jumlah pengunjung Calendar of Events Samosir mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. “Tahun 2016 mencapai 190 ribu lebih pengunjung, melebihi jumlah penduduk Samosir yang hanya 130 ribu orang. Ini spektakuler,” jelasnya seraya berharap lima tahun mendatang, Calendar of Events Samosir ini dapat mencapai target 1 juta wisatawan baik lokal, nusantara maupun mancanegara.

Kata Rapidin, launching Calendar of Events Samosir pada tahun-tahun sebelumnya berlangsung di Kota Medan. Adapun tujuan Pemkab Samosir merilis Kalender Wisata tahun ini di Jakarta agr promosinya lebih bergaung sehingga diharapkan mampu mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah di nusantara dan mancanegara.

Kadispar Samosir Ombang Siboro menambahkan anggaran yang dikeluarkan untuk menyelenggarakan 10 even tersebut tidak terlalu besar karena Pemkab Samosir lewat Dinas Pariwisatanya bekerjasama dengan berbagai mitra, industri wisata, dan lainnya termasuk dukungan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar). “Biaya per event-nya ada yang 180 juta, 200 juta hingga 300 jutaan rupiah, ungkapnya.

Ombang menjelaskan jumlah kunjungan wisatawan ke Samosir pada tahun 2015 tercatat mencapai 171 ribu orang, tahun 2016 meningkat menjadi 190 ribu orang. “Tahun ini Dinas Pariwisata Samosir optimis dapat mencapai 200 ribu orang lewat penyelenggaran 10 even Horas Samosir Feista,” ujarnya.

Kemenpar tentu saja mengapresiasi upaya Kabupaten Samosir untuk melaksanakan 10 even wisata dan budaya unggulannya sepanjang tahun ini. Kenapa? karena upaya tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat dalam pengembangan Danau Toba sebagai salah satu destinasi prioritas atau ‘Bali Baru.

Pemerintah pusat pun saat ini tengah melakukan percepatan pembangunan pariwisata Danau Toba yang akan menjadi destinasi kelas dunia berdaya saing global. “Diharapkan Kabupaten Samosir akan menjadi pusat pertumbuhan industri pariwisata Danau Toba,” kata Esthy Reko Astuty selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kemenpar dalam siaran persnya.

Menurut Esthy pesona keindahan alam dan budaya masyarakat Danau Toba memiliki keunggulan sebagai destinasi kelas dunia. Namun harus didukung dengan fasilitas aksesibilitas dan amenitas yang memadai sebagai pendukung unsur 3 A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibiltas) sebagai tolok ukur.

“Peluncuran Calendar of Events Horas Samosir Fiesta 2017 pada malam hari ini merupakan upaya meningkatkan unsur atraksi untuk mendukung unsur amenitas dan aksesibiltas yang saat ini terus ditingkatkan,” pungkas Esthy.

Travel Tips
Nah, Anda tertarik berkunjung ke Kabupaten Samosir di tengah Danau Toba ini? Tentukan even mana yang Anda ingin lihat. Apakah even yang menyuguhkan konser musik? Apakah yang bermuatan budaya dan atraksi adat lokal? Atau even sport tourism? 

Catat tanggal even-nya yang ingin Anda saksikan dan siapkan segala sesuatunya mulai dari pesan tiket P/P, penginapan/hotel, rental car, dan lainnya.

Kalau Anda berangkat dengan pesawat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soeta) ke Bandara Internasional Kualanamu sekitar 2 jam. Kalau Anda dari Bandung sekitar 2 jam 25 menit. Lalu dari Kualanamu dengan rental car ke Samosir yang berjarak 202 Km sekitar 5 jam.

Ingin lebih cepat? Dari Soeta menuju Bandara Silangit dengan maskapai Garuda Indonesia ataupun Sriwijaya Air sekitar 1 jam 44 menit, kemudian dari Silangit dengan rental car ke Samosir yang berjarak 90 Km sekitar 1 jam.

Penyeberangan ke Samosir dengan kapal ferry, bisa dari 8 dermaga, yakni Dermaga Ajibata ada 4 kali pemberangkatan. Keberangkatan yang paling pagi pukul 08.30, kalau paling malam pukul 21.00. Kalau dari Dermaga Tomok juga 4 kali mulai 07.00 sampai 19.30. Sedangkan dari Dermaga Tigaras dan Dermaga Simanindo ada 5 kali pemberangkatan.

Bisa juga dari Dermaga Muara, cuma jadwal keberangkatnya 2 kali seminggu yakni Sabtu dan Minggu sore pukul 15.30. Begitupun dari Dermaga Sipinggan, namun waktu pemberangkatannya pagi pukul 09.00.

Pilihan lain dari Dermaga Balige juga dua kali seminggu, hanya Senin dan Jumat sore pukul 16.30. Begitupun dari Dermaga Onan Rungu cuma keberangkatannya siang pukul 10.30.

Kalau mau keliling Samosir, Anda bisa menyewa sepeda, sepeda motor maupun mobil dengan harga terjangkau.

Begitupun untuk tempat ibadah, buat Anda yang Muslim tak perlu cemas. Di kawasan Samosir sudah ada beberapa mushola seperti di Tuktuk, Tomok, Harian dan lainnya.

Kalau mau Shalat Jum'at juga bisa.  Di Pangururan, Ibukota Kabupaten Samosir, sudah ada Masjid Al-Hasanah.

Soal penginapan, Anda pun bisa mepilih sesuai anggaran dan kesukaan, mulai dari homestay sampai hotel. Sekarang di Samosir, tepatnya di 6 desa sudah ada 51 homestay yang layak pakai dan layak menerima tamu. Tarifnya sekitar 150 ribu per orang per malam sudah termasuk makan.

Jika memilih hotel yang terletak dipinggir Danau Toba dengan pemandangan menawan sekitar Rp 500 ribu per kamar per malam termasuk sarapan.

Buat isi perut, Anda tak perlu khawatir. Sudah ada 28 rumah makan halal, seperti RM Padang Ridho di Panguguran, dan lainnya di Tuktuk dan Tomok.

Jangan lupa, Anda cicipi pula hidangan tradisionalnya seperti Ikan Natinombur, Ikan Napinadar, Ikan Naniura, Ikan Nanarsik, Ayam Napinadar, Mie Gomak, dan panganan Lappet.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa klik www.visitsamosir.com atau mengaktifkan aplikasi promosi wisata Samosir secara digital "Touch Samosir" yang akan memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi tentang objek wisata, hotel, restoran, transportasi, kuliner, tempat penjualan suvenir, dan tentu saja informasi Calendar of Events Horas Samosir Fiesta 2017 di ‘Negeri Indah Kepingan Surga’ ini.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP