. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 30 Januari 2017

Selagi di Ambon, Kalau Loyo Santap Saja Pisang Raksasa 'Tongka Langit'-nya

Kota Ambon tahun ini menjadi pusat perhatian Nasional bahkan dunia. Maklum Ibukota Provinsi Maluku yang merupakan kota terbesar yang kini menjadi pusat pelabuhan, pariwisata, dan pendidikan di wilayah Kepulauan Maluku ini terpilih menjadi lokasi penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2017.

Sejumlah jurnalis/travel blogger profesional dari dalam dan luar negeri serta beberapa duta besar negara sahabat, bahkan orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menghadiri acara puncak HPN 2017 di kota Ambon Manise ini.

Para travelers dari seputar Maluku, nusantara, dan mancanegara diperkirakan akan berbondong-bondong datang ke Ambon untuk melihat kegiatan tahunan ini. Maklum banyak acara yang digelar mulai dari hiburan musik, seni-budaya, acara bersifat sosial, pameran wisata, diskusi, dan lainnya.

Selagi Anda di Ambon untuk bertugas ataupun menyaksikan rangkaian acara HPN 2017, sebaiknya selain berkunjung ke beberapa objek wisatanya seperti Pantai Pintu Kota, Benteng Ferangi, Benteng Amsterdam, Museum Siwalima, Masjid Wapauwe, Pemandian Air Panas Negeri Tulehu, dan menyeberang ke Nusa Pombo, jangan lupa membeli dan mencicipi pisang raksasanya yang bernama Tongka Langit.

Dinamakan begitu karena pisang super asal Maluku yang tumbuh subur di Pulau Ambon, Sapurua, Haruku, Nusalaut, dan Seram ini memang berukuran istimewa dengan panjang berkisar 17-23 cm, berat sekitar 250-300 gram, dan diameter 5-6,63 mm.

Pisang primadona Maluku ini pun diklaim satu-satunya di dunia yang berbentuk menjulang/menghadap ke langit. Berbeda dengan pisang-pisang lain yang umumnya menghadap ke tanah.

Salah satu tempat untuk membeli Tongka Langit di Ambon ada di Pasar Mardika. Harganya berkisar Rp 5.000 per buah tergantung ukurannya, kalau sesisir sekitar Rp 40.000 tergantung jumlah dan besarnya.

Cara menikmatinya, pilih pisang yang sudah matang (empuk dan lembek ketika ditekan) lalu dibakar selama sekitar 15 menit. Baru disantap, rasanya manis.

Berdasarkan data dari berbagai sumber, Pisang Tongka Langit memiliki banyak manfaat. Kandungan kaliumnya mampu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan memperlancar pengiriman oksigen ke otak.

Manfaat lainnya, pisang berkulit tebal ini berkhasiat menurunkan demam serta dapat digunakan sebagai pencuci perut, menurunkan kadar gula darah, dan bahkan dipercaya dapat dan meningkatkan stamina kaum pria. (Ini baru kabar gembira buat kaum Adam tentunya).

Selain dibakar, pisang yang termasuk dalam kelompok Musa sp, van balbisiana ini juga biasa dimakan oleh warga Maluku setelah direbus ataupun digoreng. Kalau tak biasa memakan pisangnya langsung, Anda bisa membeli aneka kue seperti bolu, dodol, sari buah, dan keripik yang terbuat dari bahan utama tepung Pisang Tongka Langit.

Sejak beberapa tahun ini warga Maluku memang menjadikan pisang ini sebagai bahan makanan alternatif pengganti tepung terigu dan beras. Setelah menjadi tepung, biasanya diolah menjadi bermacam makanan dan kue. Sedangkan kulitnya bisa diolah menjadi kerupuk.

Di Maluku, pohon Pisang Tongka Langit tumbuh baik pada tanah bertekstur pasir dan liat dengan topografi datar sampai bergelombang dengan ketinggian 0 – 400 Meter di atas permukaan laut. Para petani di sana masih menanamnya secara tradisional dengan menggunakan anakan. Pisang ini biasanya ditanam pada areal pertanaman cengkeh, durian, dan pala.


Pohon Pisang Tongka Langit umumnya mulai berproduksi pada umur 1-1,5 tahun dengan waktu berbunga sepanjang tahun.

Masa panennya mulai umur tujuh bulan setelah berbunga. Jumlah sisir/tandannya tiga hingga enam, dan setiap sisirnya terdapat enam sampai 13 buah. Jika sudah masak, warna pisang ini menjadi orange kemerahan.

Sebagai catatan, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi pernah terkesima melihat ukuran dan khasiat Pisang Tongka Langit asal Maluku dalam pameran Fruit Indonesia 2016 bertajuk “The Richness of Nusantara Tropical Fruit from Indonesia to The World” di Parkir Timur Senayan, Jakarta. Apakah nanti di acara puncak HPN 2017 di Ambon, Presiden Jokowi akan mencicipi pisang spesial Maluku ini? Entahlah.

Nah, melihat ukurannya yang tidak biasa dan khasiatnya luas biasa, kalau Anda merasa stamina rada loyo selama HPN 2017 di Ambon, sudah santap saja Pisang Tongka Langit-nya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP