. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 19 Januari 2017

Kota/Kabupaten Ber-Calendar of Events Terbaik Diminati Wisatawan, Travel Agent, dan Investor

Entah kenapa sampai tahun ini masih banyak kota/kabupaten yang membuat kalender wisata (Calender of Events)-nya dengan sejumlah even yang apa adanya, tidak berprosfek kedepan alias sekadar ada/punya, dan bersifat jangka pendek.

Padahal sejatinya kalau Calendar of Events (CoE)-nya digarap secara profesional, promosi gencar, tepat sasaran, berkualitas, dan berjangka panjang serta dijalankan dengan tepat dan teratur, bukan hanya akan diminati wisatawan, industri wisata, dan investor, pun bermuara terhadap imej kota/kabupaten itu sendiri.

Travelplus Indonesia mempredikasi kota/kabupaten yang memiliki CoE terbaik, pastinya akan diminati wisatawan karena di-launching dan disebarluaskan jauh-jauh hari sehingga memberi kesempatan bagi wisatawan merancang anggaran dan waktu untuk melihat even-even di kota/kabupaten tersebut.

Berarti kemungkinan terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawannya, baik nusantara maupun mancanegara amat besar.

Kota/kabupaten berpredikat CoE terbaik tentunya akan diminati kalangan pelaku usaha wisata, termasuk travel agent dan indie travel. Karena kedua usaha penyedia paket wisata berbeda konsep ini dapat membuat paket wisata terkait even dalam CoE tersebut. Mereka pun dapat mempromosikan paket wisatanya lebih leluasa, tidak terburu-buru, dan sesuai market yang dituju.

Berarti dengan banyaknya paket wisata yang dibuat oleh travel agent maupun indie travel, kemungkinan besar jumlah kunungan wisatawannya bertambah besar pula.

Kota/kabupaten dengan CoE terbaik tentunya juga akan disukai pengusaha/inverstor. Travelplus Indonesia melihat para pebisnis/investor mau menanamkan modalnya di sebuah kota/kabupaten bukan karena semata aman dan mudah diakses. Tapi kota/kabupaten itu juga punya daya tarik/atraksi, salah satunya ketersediaan even-even yang menarik. Apalagi kalau even-evennya itu berkualitas dan berhasil mendatangkan wisnus dan wisman dalam jumlah signifikan.

Berarti dengan ketertarikan para pemilik modal tersebut akan meningkatkan investasi khusus sektor pariwisata di kota/kabupaten tersebut.

Terakhir, kota/kabupaten dengan CoE terbaik, otomatis memberikan imej/citra baik pula bagi kota/kabupaten tersebut. Gengsi/status/kelasnya ikut terangkat.

Intinya kota/kabupaten yang memiliki kalender wisata terbaik, punya kemungkinan mendapatkan keuntungan meningkatnya kunjungan wisnus/wisman dan investasi serta menggeliatnya industri wisata.

Kalau jumlah wisatawan dan investasinya bertambah, jelas bertambah pula pendapatan bagi masyarakat, pengusaha hotel/transportasi/resto, dan lainnya, serta tentunya menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru, dengan kata lain juga dapat mengurangi angka pengangguran.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP