. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 08 Januari 2017

Jumlah Wisatawan ke Lampung 2016 Lampaui Target, Ini Faktor Pendukungnya

Jumlah wisatawan baik nusantara (wisnus) maupun mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Provinsi Lampung sampai November tahun 2016 saja sudah mencapai 7,4 juta orang atau naik sekitar 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Jumlah tersebut melampaui target yang telah ditetapkan sebesar 7,1 juta orang.

Rinciannya jumlah kunjungan wisatawan domestik hingga November 2016 mencapai 7.296.721 orang, sedangkan wisatawan mancanegara 152.956 orang sehingga total sebanyak 7.449.677 orang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Khoiriyah Pandarita seperti dikutip ANTARA Lampung menjelaskan, jumlah kunjungan wisata itu naik sekitar 30 persen dibandingkan pada 2015, yakni wisnus sebanyak 5.530.803 orang dan wisman sebesar 114.907 orang, dengan total 5.645.710 orang.

Data tersebut diambilnya dari kabupaten kota se-Provinsi Lampung, BPS, dan PHRI. “Kalau lamanya masa tinggal wisatawan dan pergerakannya, kita ambil datanya dari data hotel,” ungkap Khoiriyah.

Ada beberapa faktor pendukung yang membuat jumlah wisatawan ke Lampung tahun 2016 melampaui target, salah satunya terlaksana beberapa program terkait pariwisata di antaranya pengembangan destinasi pariwisata, pemasaran dan promosi salah satunya pameran wisata di Bali, pengembangan industri SDM pariwisata serta banyaknya even terkait wisata yang digelar.

Kehadiran wisatawan, lanjut Khoiriyah jelas dapat meningkatkan perekonomian. "Semakin banyak wisatawan yang datang, maka makin banyak uang yang dibelanjakan di Lampung," ujarnya.

Pertumbuhan wisatawan ke Lampung mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sebelumnya jumlah kunjungan wisatawan tahun 2015 mencapai 5 juta-an. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan 2014 hanya 3,5 juta wisatawan.

Kata Khoiriyah pariwisata adalah salah satu sektor penyumbang PAD Provinsi Lampung. “Kami berharap jumlah kunjungan wisata tahun 2017 lebih banyak lagi, sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat," ujarnya.

Berdasarkan pengamatan Travelplus Indonesia, masih ada dua faktor pendukung yang turut meningkatkan kunjungan wisatawan ke Lampung.

Pertama, sepak terjang sejumlah wartawan spesial pariwisata, travel blogger, dan netizen yang aktif menuyebarluaskan tulisan/foto/video terkait objek-objek wisata  di provinsi berjuluk Sang  Bumi Ruwa Jurai atau kurang lebih bumi multietnis ini lewat media sosial (medsos) sehingga terekpos luas.

Kedua, sejumlah indie travel berbasis komunitas yang menjual beragam paket wisata alam, petualangan, dan bahari lewat medsos, juga turut berperan besar hingga menambah kunjungan wisatawan ke Lampung.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP