. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 22 Januari 2017

Enam Faktor Ini Bikin Bali Masih Dijagokan Raup Wisman Terbesar Buat Indonesia

Bali ditargetkan Pemerintah Pusat untuk mencapai kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 5,25 juta orang tahun ini. Ini merupakan target wisman terbesar dibanding provinsi lain, termasuk Jakarta dan daerah perbatasan seperti Batam. Kenapa dan mampukah Bali mencapainya?

Berdasarkan pengamatan Travelplus Indonesia sekurangnya ada enam (6) faktor yang membuat Bali masih jadi andalan Pariwisata Nasional dalam menyumbangkan perolehan wisman.

Faktor pertama, Bali sudah mendapatkan segudang prestasi nasional bahkan internasional, antara lain sebagai pulau wisata terbaik se-Asia dan kelima di dunia versi situs traveling terbesar dunia TripAdvisor tahun lalu.

Salah satu hotel di Bali, yakni Hotel The Rhadana Kuta pun menyandang predikat mengejutkan sebagai hotel keluarga paling ramah wisatawan muslim versi World Halal Tourism World (WHTA) 2016. Ini menambah keunikan dan kekontrasan Bali, mengingat pulau ini mayoritas dihuni umat Hindu.

Berikutnya, aktivitas wisata budaya, alam, dan buatan Bali rata-rata berkelas dunia. Sudah tak diragukan lagi budaya unik Bali sudah lama memikat dunia, begitu pun pesona alamnya mulai dari pantai, bawah laut, gunung, pedesaan, lembah dan persawahannya.

Ditambah lagi sejumlah objek wisata buatan yang juga berkelas dunia mulai dari waterpark, bungee juming, slingshot, flying fish, resto/café berkonsep unik, hotel/penginap bertema unik, pernihahan berkonsep unik, dan lainnya

Faktor lainnya Bali memiliki fasilitas Meeting, Incentive, Conference & Exhibition (MICE) berkelas dunia dengan agenda yang padat bertaraf internasional pula.

Jumlah penerbangan langsung (direct flight) ke Bali dari sejumlah negara pun jadi faktor pendukung selanjutnya. Apalagi jumlah direcf flight (DF)-nya terus bertambah. Salah satu DF terbaru dari Guangzhou, China ke Bali yang dibuka akhir tahun lalu, yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisman asal China ke pulau menawan itu.

Sejumlah negara lainpun berebut ingin ada DF ke Bali, seperti Vietnam. Mungkin hanya Jakarta yang bisa mengalahkan jumlah DF luar negerinya saat ini.

Keempat faktor di atas merupakan faktor interen Bali, sedangkan faktor dari luar Bali (fakor kelima), harus diakui sampai detik ini Bali masih menjadi pulau wisata terfavorit wisman yang berkunjung ke Indonesia dibanding provinsi lain.

Faktor keenam, belum ada provinsi lain termasuk 10 ‘Bali Baru’ yang digarap pemerintah yang pariwisatanya sehebat dan seprestasi Bali.

Mungkin banyak provinsi yang memiliki alam yang lebih menawan dari Bali, budayanya yang tak kalah unik/khas, fasilitas MICE yang juga tak kalah lengkap dengan Bali, namun sayangnya belum berhasil memiliki imej tersendiri yang sementereng Bali.

Citra positif pariwisata Bali yang bergengsi dunia dan membanggakan traveler dari manapun, itulah keistimewaan Bali yang belum dimiliki provinsi lain.

Berdasarkan 6 faktor tersebut, Travelplus Indonesia memprediksi Bali bakal mampu memenuhi target yang dtetapkan Pemerintah Pusat tahun ini, asalkan kondisinya tetap aman terkendali.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP