. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 22 Januari 2017

Ditargetkan 5 Juta Lebih Wisman 2017, Bali Masih Jadi Andalan Indonesia

Pariwisata Bali sepertinya masih terlalu tangguh bagi 33 provinsi lain di Indonesia, apalagi buat 10 ‘Bali Baru’ yang belum lama ditetapkan dan tengah digenjot pengembangannya oleh pemerintah. Artinya pariwisata pulau berjuta pura itu belum bisa dikalahkan keperkasaannya dalam menjaring wisatawan khususnya mancanegara (wisman) oleh provinsi lain.

Buktinya pemerintah pusat masih mengandalkan pulau wisata terbaik di Asia ini untuk dapat menyumbangkan perolehan kunjungan wisman terbanyak dibanding provinsi lainnya tahun ini.

Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menargetkan pulau wisata terbaik kelima dunia ini mampu meraup 5 juta lebih wisman secara nasional, yang diproyeksikan sebesar 15 juta orang pada 2017.

Target itu dikenakan Bali karena pada tahun lalu kunjungan wismannya sukses melebihi target yang ditetapkan. “Target wisman ke Bali pada 2016 lalu itu 4,5 juta dan ternyata capaiannya kira-kira 4,9 juta. Tahun ini targetnya naik menjadi 5,25 juta wisman,” ujar I Gde Pitana selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kemenpar lewat pesan WA kepada Travelplus Indonesia, Minggu (22/1).

Sehari sebelumnya Asisten Deputi Pengembangan SDM Kepariwisataan Provinsi Bali Wisnu Bawa Tarunajaya menjelaskan Bali mendapat porsi lebih besar dari daerah lainnya, karena Pulau Dewata masih menjadi primadona para turis dari sejumlah negara yang hendak berlibur ke Indonesia. "Bali masih menjadi nomor satu untuk daya tarik wisatawan mancanegara ke Indonesia," katanya sebagaimana dikutip Antarabali.com, di Denpasar, Bali, Sabtu (21/1/).

Menurut Wisnu selain Bali, Provinsi DKI Jakarta, dan Batam juga mendapat porsi penting dalam menambah perbendaharan wisman tahun ini.

Namun ketika Travelplus Indonesia menanyakan berapa besar targetnya, Wisnu mengatakan mengenai data pastinya sebaiknya ditanyakan ke Deputi Pemasaran Pariwisata Mancanegera. “Kalau mengenai event-event yang akan dilaksanakan di Bali tahun ini untuk menarik kunjungan wisman, sebaiknya ditanyakan ke Bu Hesti selaku Deputi Pemasaran Pariwisata Nusantara,” balas Wisnu.

Berdasarkan data Kemenpar sebagaimana tercantum di lampiran Jumpa Pers Akhir Tahun 2016, ada top five negara/benua yang ditargetkan paling banyak mendatangkan wisatawannya ke Indonesia tahun ini.

Di urutan pertama China sebesar 2,4 juta lebih yang terdiri atas Tiongkok (2 juta lebih), Taiwan (284 ribu), dan Hongkong sebanyak 132 ribu wisman.

Di tempat kedua dari Singapura sebesar 2,2 juta lebih, dan diposisi ketiga Eropa sebesar 2,1 juta lebih terdiri atas Inggris (441 ribu), Perancis (330 ribu), Jerman (306 ribu), Belanda (250 ribu), Rusia (100 ribu), dan negara-negara lainnya di Eropa sebesar 771 ribu wisman.

Kemudian keempat baru dari Australia sebesar 1,8 juta lebih, dan diurutan kelima dari negara tetangga, Malaysia sebesar 1,7 lebih wisman.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP