. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 25 Januari 2017

Ayo Nonton FESTinFest 2017, Gratis dan Ini Agenda Acaranya

Akhir pekan ini tak punya acara? Sudah datang saja ke acara Festival Indonesia Festival (FESTinFest) di Jakarta, tepatnya di Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pada Sabtu (28/1) dan hari Minggu (29) di lokasi Car Free Day, Jalan Merdeka Barat. Selama dua hari itu, festival ini terbuka untuk umum dan gratis.

Sebenarnya festival yang pertama kali digelar Kemenpar ini berlangsung 4 hari. Tapi hari Kamis (26/1) dan Jumatnya (27/1), festival ini khusus untuk kalangan interen pegawai Kemenpar dan para peserta antara lain penyelenggara festival dari berbagai daerah di Indonesia

Menurut Taufik Rahzen, budayawan sekaligus Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Budaya yang menggagas acara ini, FestInFest bertujuan untuk menghimpun berbagai potensi, pengalaman dan kerjasama festival di seluruh Indonesia agar dapat terselenggara secara efektif, semarak dan berdaya guna.

“Lewat festival ini para penyelenggara festival dipertemukan lalu bertukar pengalaman. Festival jadi ajang bertukar gagasan,” jelasnya saat menyinggung pelaksanaan FESTinFest 2017 di acara Bimbingan Teknis Kegiatan Sosialisasi Branding Pesona Indonesia yang diselenggarakan Asdep Strategi Pemasaran, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran, Pariwisata Nusantara, Kemenpar di Hotel Alila, Rabu (25/1) malam.

FESTinFest ini puna sekaligus sebagai peluncuran (kickof) semaraknya festival sepanjang 2017. “Festival ini juga bertujuan untuk menyusun kalender kegiatan (calender of event) festival bersifat nasional dan menyeluruh,” tambahnya.

Festival ini berisi pameran, pertunjukan, seminar, dialog, pemutaran filam , kuliner, dan minikarnaval. Pada hari pertama (Kamis), selain acara pembukaan yang akan dibuka Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, juga ada Sarasehan FestivalIndonesia, Tari Pembuka Pesona Nusantara dari Sanggara Shaqila Bandung.

Dilanjutkan dengan Program Kebijakan Festival Kemenpar, Festival Nusantara oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwsata Nusantara Esthy Reko Astuty, ABCD at Border Cross Destination Festival oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancangera I Gde Pitana, Festival 10 Destination oleh Ketua Percepatan 10 Destinasi Hiramsyah S.Thab, dan Wonderful dan Pesona Indonesia Brand oleh Plt. Asdep Strategi Pemasaran Hariyanto.

Berikutnya Sarasehan Penyelenggaraan Festival, Curah Pendapat dan Pengalaman Irawati Kusumarasri (Direktur SIPA), Budi Hermanto (Pelaksana Pasa Harau Culture Festival), dan lainnya.

Malamnya ada penampilan dari 10 Destinasi Prioritas oleh Nungki Nur Cahyani, dan lainnya. Dilanjutkan launching Lombok Sumbawa Great Sale & Festival Baunyale oleh Dispar NTB.

Pada hari kedua (Jumat) ada Forum General Diskusi Terarah tentang Festival Daerah oleh Asdep terkait dan ABCD, At Border Cross Destination Festival oleh Asdep terkait.

Setelah Shalat Jum’at ada pentas Grup Musik Debu. Sorenya acara Ragam Rasa berupa pagelaran tari Piring dari Dispar Kabupaten Limapulukoto, Sumbar. diteruskan dengan Pemutaran Film Dikumentasi Festival di Balairung. Malamnya ada Forum Terbatas Musik Penyambut Dol Bengkulu di halaman Sapta Pesona, dan dilanjutkan dengan Forum Terbatas oleh Forum Sesmen.


Pada hari ketiga (Sabtu) ada Festival Kuliner Indonesia dari Aceh, Bangka Belitung, NTB dan NTT di halaman Sapta Pesona, lalu ABCD Festival At Border Cross Destination (Destinasi Wisata Lintas Batas) oleh I Gede Pitana dan sejumlah Kadis dari NTT, Papua, Kepri, dan lainnya.

Dilanjutkan dengan Simposiun Seabad Pariwisata Budaya Bali oleh Deputi Pengembangan Kelembagaan Ahmansya sebagai pengantar pembuka, lalu presentasi Legok Sampik Ingtay, Presentasi Desa Adat, dan lainnya.

Malamnya di Balairung ada Pagelaran Seni Etno Nusantara, Konser Musik Etnik Sambasunda, Launching Pesona Pantai Batu Pinagut (NTT), penampilan Kesenian NTB Dedare Sukarara, dan Konser From Below The Ind oleh Ivan Nestorman.

Hari keempat (Minggu) ada Pesona Indonesia Parade oleh Sanggar Gatra Bengkulu, Red Batik Solo, dan daerah lainnya, Ikon Pariwisata Indonesia dan Destinasi Wisata di Jalan Merdeka Barat, saat Car Free Day.

Menpar Arief Yahya dalam siaran pers-nya mengatakan dalam setahun ini ada lebih dari 100 kegiatan festival yang diselenggarakan diberbagai daerah di Tanah Air sebagai daya tarik untuk menjaring kunjungan 15 juta wisman dan menggerakkan 265 juta wisnus sebagai target tahun ini.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP