. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 24 Desember 2016

Target Wisnus Saat Low Season 2017 Justru Naik, Ini Tiga Pemicunya

Pascaliburan tahun baru Januari 2017, biasanya masuk periode sepi wisatawan hingga Maret. Tiga (3) bulan tersebut diberi label paceklik karena jumlah kunjungan wisatawan biasanya di bawah rata-rata jumlah kujungan di sembilan (9) bulan lainnya, yaitu April sampai Desember. Namun untuk tahun 2017 ini beda. Target pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) saat low season, justru tinggi.

Data target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) 2016 sebesar 12 juta dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), menunjukkan bulan Januari, Februari, dan Maret merupakan low season.

Di tiga bulan tersebut Kemenpar mentargetkan masing-masing hanya 800 ribu wisman, sedangkan di bulan lainnya mulai April hingga Desember targetnya mulai dari 900 ribu sampai 1,5 juta wisman.

Realisasinya pun memperkuat bahwa Januari hingga Maret memang masa low season. Buktinya realisasi yang dicapai bulan Januari hanya 814.303 wisman.

Begitupun dengan target pergerakan wisnus 2016 yang berjumlah 260 juta.

Di tiga bulan awal semester pertama 2016, target masing-masingnya di bawah bulan-bulan lain. Januari misalnya targetnya 18 juta, Februari 15,5 juta, dan Maret 16,3 juta wisnus.

Sementara dari April sampai Desember, targetnya mulai dari 17,2 juta sampai 27, 5 juta wisnus dengan yang tertinggi target wisnus bulan Juli.

Tahun 2017, Kemenpar mentargetkan pergerakan wisnus sebesar 265 juta. Namun target perolehan di setiap bulannya agak berbeda dibanding 2016. Bulan Januari sampai Maret sepertinya bukan lagi low season kalau dilihat dari jumlah wisnus yang ditargetkan. Januari 2017 targetnya 22 juta, Februari 21 juta, dan Maret 23,5 juta wisnus.

Justru target bulan lainnya di bawah tiga bulan tersebut. Bulan Agusus misalnya ditargetkan 20 juta, Oktober 19 juta (paling rendah), dan November 19,5 juta wisnus.

Target pergerakan wisnus tertinggi 2017 justru di bulan Juni dengan 25,5 juta wisnus, sementara Desember ditargetkan 24 juta wisnus.

Berdasarkan pengamatan Travelplus Indonesia, jumlah target pergerakan wisnus di bulan Januari sampai Maret 2017 lebih tinggi di banding periode yang sama tahun 2016 bisa jadi karena ada pemicunya.

Pertama, Pemerintah dalam hal ini Kemenpar pasti sudah mempersiapkan strategi.

Kedua, ada beberapa even yang dibuat pemerintah provinsi dan didukung Kemenpar untuk menjaring wisnus maupun wisman.

Di antaranya Festival Payung Taman Nusa di Taman Nusa, Bali yang dimulai dari tanggal 24 Desember 2016 sampai 5 Februari 2017. Di daerah lain, Provinsi Jambi menggelar Festival Gentala Arasy di Jambi pada 27-28 Januari 2017.

Kemudian pihak swasta juga tak mau ketinggalan mengadakan even, salah satunya Batam Festival Barista Championship (BFBC) 2017 yang akan diselenggarakan pada tanggal 6-8 Januari 2017 di Kepri Mall, Batam, Kepulauan Riau.

Pemicu lainnya, pihak industri wisata juga siap membantu Pemerintah menyiasati low season 2017, salah satu dukungan datang dari Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Ketua Umum PHRI Haryadi Sukamdani dalam rilisnya mengatakan PHRI akan mengambil langkah-langkah efektif terutama bersosialisasi kepada maskapai di seluruh dunia agar mau menyambangi dan membuka penerbangan ke Indonesia. Tak ketingalan bekerjasama dengan bank untuk sistem transaksi.

PHRI juga membuat nota kosepahaman dengan PT Angkasa Pura II (AP II). MoU tersebut antara lain tentang kerjasama joint promotion untuk mempromosikan pariwisata dan perhotelan Indonesia ke pasar internasional dan domestik di area 13 bandara yang dikelola AP II.

Isi MoU tersebut antara lain pertukaran data dan informasi, peningkatan frekuensi kunjungan wisman ke Indonesia khususnya melalui bandara yang dikelola PT AP II, dan partisipasi pada even pariwisata dan perhotelan internasional maupun domestik.

Berdasarkan tiga pemicu tersebut, sepertinya Pemerintah berani merubah Januari, Februari, dan Maret yang selama ini berstatus low season menjadi middle season pada tahun 2017.

Mampukah target masing-masing bulan tersebut terlampaui hingga ketiganya tak lagi berpredikat musim paceklik wisatawan? Tunggu saja kabarnya nanti.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & @kemenpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP