. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 21 Desember 2016

Manjakan Wisman, 20.000 Homestay Dibangun Tahun Depan

Pemerintah bakal membangun 20.000 homestay yang tersebar di 10 destinasi prioritas. Pembangunan pondok wisata itu tentunya untuk memberi kenyamanan buat turis domestik dan asing selama berwisata di destinasi berlabel “Bali Baru” tersebut.

“Tahun 2017 kami mentargetkan membagun 20.000 homestay. Sebagai quick win pada triwulan I/2017 akan dibangun 100 homestay di 10 destinasi prioritas, diantaranya Mandalika dan Borobudur masing-masing sebanyak 110 homestay,” aku Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam siaran pers Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementeran Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Rabu (12/12).

Program pembangunan homestay ini merupakan salah satu dari 3 (tiga) program prioritas yang akan diterapkan Kemenpar untuk mencapai 5 (lima) target pariwisata tahun 2017, di antaranya menjaring kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 15 juta dan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 265 juta.

“Program pembangunan ‘desa wisata’ ini akan di pulau kembali 2017 dalam rangka mendukung percepatan pembangunan 20 destinasi prioritas, yakni Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur), Mandalika (Lombok-NTB), Labuan Bajom (Flores-NTT), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku),” terang Arief Yahya.


Empat dari 10 Bali Baru tersebut sudah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, sisanya akan dibentuk Badan Otoritas Pariwisata (BOP).

“Destinasi yang sudah terbentuk BOP-nya adalah Danau Toba, disusul Borobudur yang akan diresmikan Desember ini. Lainnya masih dalam progres,” terang Arief Yahya.

Dua program prioritas lain untuk mencapai target-target pariwisata 2017 adalah pengembangan digital tourism dan pembangunan konektivitas udara.

"Pembangunan homestay  di 10 destinasi prioritas dan lainnya akan berlanjut sampai 2019. Target homestay yang dibangun tahun 2018 sebanyak 30.000 unit dan tahun 2019 sebanyak 50.000 unit," pungkas Arief Yahya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Kawasan Mandalika, Lombok-NTB
2. Candi Borobudur., Jateng

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP