. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 17 Desember 2016

Lima Lokasi Pilihan Menyambut Keceriaan Tahun Baru 2017 di Bandung

Bandung tetap menjadi kota wisata incaran ribuan pelancong dalam merayakan liburan akhir tahun. Sedikitnya ada lima lokasi pilihan di Kota Kembang ini yang bakal diserbu wisatawan dari berbagai daerah untuk menyambut kehadiran tahun 2017.

Kelima tempat yang sangat instagram-able itu adalah Jalan Asia Afrika, Alun-Alun, Dago, Lembang, dan Ciwidey.

Lokasi pertama, pastinya di jalan yang namanya sudah mendunia sejak lama, yakni Jalan Asia Afrika.

Diperkirakan di jalan yang penuh dengan bangunan tua dan bersejarah itu bakal menjadi lokasi paling difavoritkan wisatawan untuk menutup tahun 2016. Pasalnya jalan tersebut menjadi pusat Perayaan Sambut Tahun Baru 2017 di Ibukota provinsi Jawa Barat ini.

Acara yang disuguhkan bertajuk Festival Tahun Baru atau pesta rakyat yang berlangsung selama 3 malam mulai tanggal 31 Desember 2016 hingga 2 Januari 2017 mendatang.

Beragam budaya tradisional dan modern Sunda akan disuguhkan oleh sejumlah komunitas dan kantong budaya di Bandung dalam festival tersebut.

Festival yang digagas Disbudpar Kota Bandung ini juga dimeriahkan sejumlah bintang tamu ternama. Deretan foodtruck juga akan meramaikan festival warga Bandung ini dengan menjual bermacam kuliner baik tradisional maupun modern.

Menariknya special event malam tahun baruan ini juga dikombinasikan dengan acara yang sifatnya religius seperti istighosah.

Selama berlangsung acara sepanjang Jalan Asia Afrika diberlakukan buka-tutup, sedangkan pada malam acara puncaknya akan ditutup bagi semua jenis kendaraan karena ada car free night.

Sejumlah taman cantik di Paris van Java ini juga akan menampilkan suguhan berbeda di acara sambut Tahun Baru kali ini.

Kalau Anda berniat menghabiskan malam akhir tahun 2016 di jalan fenomenal ini, usahakan datang lebih awal untuk menghindari kemacetan dan agar lebih leluasa mencari tempat parkir jika membawa kendaraan.

Lokasi kedua yang juga bakan dipadati pengunjung adalah Alun-Alun Bandung yang lokasinya persis di depan Masjid Raya Bandung, masih sekitar Jalan Asia Afrika.

Tempat pilihan selanjutnya Jalan Dago. Di daerah berhawa sejuk yang dipenuhi bermacam restoran dan café dengan pemandangan indah mengarah ke Kota Bandung bakal diburu wisatawan untuk menyambut kedatangan tahun 2017.

Di sepanjang Jalan Dago juga biasanya digelar berbagai macam acara dari berbagai komunitas dan acaranya gratis. Spot yang juga bakal ramai didatangii orang adalah Tebing Keraton untuk menyambut matahari terbit pertama kali di awal 2017.

Usai dari sana, berkunjung ke Indo Wisata Permata (IWP) yang berlokasi di kawasan Dago Atas. Spot wisata relatife baru ini menawarkan wisata edukasi batu permata, khususnya berlian.

Lokasi lainnya yang kerap ramai dikunjungi wisatawan untuk mewarnai akhir tahun adalah Lembang. Sejumlah resto dan café di sana menjadi pilihan untuk merayakan akhir tahun sambil melihat pesta kembang api yang indah berlatar belakang Kota Bandung.

Area Pasar Lembang juga bakal ramai didatangai pengunjung, soalnya di sana terdapat banyak pedagang aneka kuliner khas Sunda seperti uli dan jagung bakar serta bandrek untuk menghangatkan badan.

Lokasi kelima, tentu saja Ciwidey di Selatan Bandung. Tempat ini banyak dipilih wisatawan yang menyukai udara yang lebih dingin dibanding Bandung Kota dan jauh dari hingar-bingar kota.


Sejumlah penginapan bakal menyuguhkan acara malam tahun baruan. Keesokan paginya berkunjung ke objek-objek wisatanya yang sudah tersohor seperti objek wisata petik stoberi, ke panakaran rusa Ranca Upas, Kawah Putih, dan Situ Patenggang.

Pilihan lain ke tiga spot wisata yang tengah hits di Bandung Selatan ini, yaitu Pinisi Resto di Situ Patenggang, Cileunca Lakeside Camping Ground di Pangalengan, dan Barusan Hills di Ciwidey.

Nah, kalau Anda memilih Ciwidey yang merayakan kedatangan tahun baru 2017, disarankan berangkat ke Ciwidey lebih awal agar terhindar dari kemacetan, karena jalur menuju Ciwidey tidak seluas jalan raya di kota.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP