. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 12 Desember 2016

Ke Toraja Bulan Desember, Untungnya Berlipat-lipat

Punya rencana liburan ke Toraja bulan ini hingga tahun baru? Itu pilihan tepat. Pasalnya selama bulan ini ada acara Lovely Desember 2016. Banyak acara menarik yang disuguhkan. Liburan Anda pun bakal bernilai lebih berlipat-lipat dibanding pada bulan-bulan lain. 

Iven tahunan andalan Toraja dan Provinsi Sulawesi Selatan ini, tahun ini mengambil tema Toraya Maelo, yang artinya Toraja baik. 

Ada empat kegiatan utama Lovely Desember, yakni, event religi atau damai Tana Toraja, seni dan budaya tradisional, atraksi rakyat, dan jelajah kopi jelajah wisata, utamanya mengenalkan Kopi Toraja. 

Namun sekurangnya ada 20 acara untuk menyemarakaan Lovely Desember ke-8 ini, yaitu Festival Kopi & International Barista Competition,Christmas Choir Competition, Lomba Kasidah, Gemar Baca Kamus Basa Toraya, Festival Lagu Toraya, One Day Traill Adventure (Jelajah Motor Wisata), Jelajah Sepeda Wisata, dan Kid’s Cycling. 

Selain itu ada Toraja’s Color Run (lari malam) yang berlangsung tanggal 26 Desember mendatang. Lomba lai ini menempuh jarak sepanjang 5 KM mengitari Kota Makale dengan lokasi start di Plaza Kolam Makale. 

Acara lainnya ada Festival Foto Wisata,Toraja Rock in Fest Metalillingan 2016, Toraja Night Run, Toraja Motor Cross, Lomba Tangkap Ikan Tradisional (Mebale, Melendong, Metodi’), Festival Rakit Tradisional, Lomba Meriam Bambu (Ma’barattung), Pameran Kuliner Khas Toraja & PHRI Day, Lomba Penulisan Blog Web Lovely December, dan Lomba Lari Lintas Wisata. 

Puncak acara Lovely Desember 2016 ini bertempat di Lovel di Plaza Kolam Makale pada tanggal 29 Desember mendatang. 

Nah, buat Anda yang mengambil cuti akhir tahun, Lovely Desember 2016 jangan sampai dilewatkan. 

Tips ke Toraja
Toraja dapat dicapai via darat dari Makassar dengan membawa mobil sendiri, mengendari motor secara berkelompok, atau backpacking dengan naik bis umum dari Terminal Daya, Makassar. Bisa juga menyewa mobil rental dan biro perjalanan berikut sopirnya yang sudah berpengalaman memandu wisatawan ke Toraja. 

Tarifnya sewa mobil jenis kijang Rp 450.000 per 12 jam, belum termasuk makan dan minum sopir termasuk tipsnya. Waktu tempuhnya lebih cepat sekitar 6-7 jam. Tersedia bis non AC 3/4 dengan kapasitas 25-30 orang, tarifnya berkisar Rp 150.000 per orang. Waktu tempuhnya sekitar 8-9 jam. 

Kalau naik  bis executive kapasitas hingga 40 orang, TV/video, AC, dan sandaran/penyangga kaki, tarifnya lebih dari itu. 

Via udara dari Bandara Hasanuddin Makassar ke Bandara Pongtiku, Tator dilayani oleh maskapai Dirgantara Air Service (DAS) yang mengoperasikan pesawat jenis Casa 212 dengan kapasitas 24 orang. 

Ada beberapa pilihan akomodasi di Toraja. Ada Sahid Toraja Hotel, Toraja Heritage, Toraja Prince, Hotel Indra I, Hotal Indra II, Wisma Bungin, dan Penginapan Makale. Hotel Indra I berada di Jl. Landorundun No 63 Rantepao, Torut. Tarif kamarnya mulai dari Rp 250.000 sudah termasuk sarapan. Di kamarnya terdapat TV dan Air Panas. Extra bed Rp 75.000. 

Rumah makan juga sudah banyak, namun bagi muslim perlu waspada karena banyak restoran atau kedai yang menyajikan menu babi. Tapi jangan  kuatir, ada beberapa rumah makan yang dikelola muslim dan menyajikan aneka menu halal seperti nasi goreng, capcay, dan lainnya. 

Bila ingin menikmati makanan halal, datang saja ke Rumah Makan Hj. Idaman di Jalan Merdeka, Makale, tepatnya di sebelah Masjid Raya Makale yang berarsitektur tua. Atau rumah makan Padang dan Solo. 

Cendera mata khas Toraja yang dapat dibeli untuk oleh-oleh antara lain bermacam kaos bertuliskan Toraja, aneka aksesoris, ukiran, dan kopi Toraja di Pasar Bolu, Ke’te Kesu’, dan sejumlah counter di hotel. 

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP