. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 22 Desember 2016

Akhir Pekan Ini ke Cimaja, Lihat Final Kompetisi Surfing Akhir Tahun

Berwisata ke Pantai Cimaja akhir pekan ini bakal dapat nilai lebih. Pasalnya ada final kompetisi surfing akhir tahun (End Year Surf Contest) 2016 yang diselenggarakan Sukabumi Surfing Association (SSC) pada tanggal 24 dan 25 Desember.

Ada beberapa divisi yang akan dilombakan di kompetisi yang terbuka untuk umum ini yakni Open, Master, Soul Surfer, Girls, dan U16.

Kompetisi yang menyediakan hadiah antara lain dari Lukestuder Surfboard ini bakal menjadi tontonan menarik bagi para pengunjung.

Pantai Cimaja terletak di Desa Cimaja, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Ratu yang sudah lebih dulu tersohor namanya.

Nama pantai yang berjarak kurang-lebih 203 Km dari Bandung dan 120 Km dari Jakarta atau sekitar 5 jam dengan mobil  ini terkenal di kalangan peselancar internasional, antara lain dari Eropa, Australia, dan Jepang.

Maklum selain Cimaja Point, di sekitar kawasan ini memiliki sejumlah spot surfing yang juga disukai para peselancar mancanegara tersebut, antara lain Karang Hawu point, Sunset Beach Karang Papak, Karang Aji, Loji, dan Karang Sari yang berjarak sekitar 5 Km dari Cimaja Point.

Setiap tahun kompetisi West Java International Surfing Championship berlangsung di pantai ini.

Sejumlah surfer Indonesia dan mancanegara saling adu kebolehan menari-nari di atas ombak di kompetisi tahunan ini. Kompetisi surfing lainnya juga sering diadakan oleh SSC.

Tak heran kalau pantai ini akhirnya dijuluki Bali-nya Sukabumi.

Kelebihan pantai ini selain ombaknya disukai para peselancar profesional namun ada beberapa spot yang ombaknya masih aman diselancari oleh para peselancar pemula.

Setiap akhir pekan banyak peselancar menjajal ombak-ombak dari grade rendah sampai tinggi. Banyak pula anak-anak yang belajar surfing dengan peselancar lokal berpengalaman.

Beberapa indie travel menawarkan paket belajar surfing ini, salah satunya Arhan Adventure. Harga paketnya Rp 300 ribu per orang dengan durasi 120 menit.

Paket tersebut terbagi dua level. Tingkat pertama belajar di darat dengan materi pengenalan laut dan peralatan, teknik mendayung dan berdiri, serta cara berdiri di ombak putih.

Tingkat kedua di laut, materinya antara lain belajar cara berdiri dan mengendarai selancar menuju pantai, cara belok dan memiringkan tubuh, cara berdiri pada posisi yang lebih baik, dan cara menangkap ombak bersih.

Paket tersebut berlaku buat anak-anak di atas umur 6 tahun dan dibawah 12 tahun. Harga paketnya sudah termsuk papan selancar, tali selancar (leash), dan air mineral.

Keuntungan datang ke pantai ini saat ada kompetisi surfing, pengunjung bisa melihat aksi para peselancar profesional menaklukkan ombak-ombak menantang.

Kalau kurang suka surfing, pengunjung bisa bersantai bermain di pantai dan menikmati pemandangan teluk yang menakjubkan, sambil menunggu kehadiran sunset yang memesona.

Objek wisata lain yang biasa didatangi pengunjung usai berpuas-puas di Cimaja antara lain ke kamar Nyai Roro Kidul di Samudra Beach Hotel, Room 308.

Selanjutnya menyambangi pemandian air panas (Cipanas) di daerah Cisolok untuk berendam mengembalikan kebugaran tubuh. Pilihannya ke Air Terjun Cicurug, kuil Dewi Kwan Im di Pantai Cipatuguran, dan ke Gua Lalai yang dihuni ribuan kelelawar.

Soal penginapan, tak perlu bingung. Tersedia banyak penginapan jenis homestay, salah satunya Cimaja Homestay di Jalan Cimaja Raya, Kampung Cibiuk, Cikakak.

Jenis kamar di homestay ini ada 2, kamar yang memiliki jenis kamar dengan AC ada 3 kamar. Tarifnya saat high season Rp 250 ribu per malam, kalau lebih dari 3 malam Rp 200 ribu. Kalau low season Rp 200 ribu per malam, kalau lebih dari 3 malam Rp 190 ribu per malam.

Kamar dengan kipas angin hanya ada 1 kamar. Tarifnya saat low season Rp 150 ribu per malam. Kalau lebih dari 3 malam Rp 140 ribu per malam. Saat high season Rp 150 ribu per malam.

Tak sulit menjangkau Pantai Cimaja. Kalau suka backpackeran, dari Stasiun Bogor bisa naik kereta api ke Sukabumi turun di Stasiun Cisaat. (Jadwalnya bisa dicek di https://tiket.kereta-api.co.id).

Lalu naik angkot No.08 warna hijau muda ke arah Terminal Sukabumi. Dari terminal naik MGI Sukabumi-Palabuhan Ratu, turun di Terminal Pelabuhan Ratu.

Pilihan lain dari Terminal Baranangsiang, Bogor naik Bis MGI tujuan Pelabuhan Ratu. Selanjutnya naik angkot jurusan Cisolok, turun di Cimaja.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.pemburuombak & cimajahomestay

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP