. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 31 Desember 2016

14 Kelebihan dan Keuntungan Kerjasama Promosi Pariwisata dengan Travelplus Indonesia

Salah satu cara untuk memperkenalkan 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) terkait pariwisata di daerah/kota Anda adalah dengan promosi. Tanpa promosi seindah/semenarik/seunik/semegah apapun perihal pariwisata Anda, tidak akan bergaung luas.

Atraksi/daya tarik di sini menyangkut objek wisata, destinasi, potensi wisata, calendar of event/festival budaya/sport tourism/konser musik, MICE (meeting, incentive, conference & exhibition), dan lainnya.

Amenitas/semua fasilitas (hotel, resto/café/tempat hiburan beserta kegiatannya, travel agent dengan paket-paket wisatanya, money changer, dll). Sedangkan Aksesibilitas berhubungan dengan kemudahan menuju objek wisata baik itu infrastruktur dan alat transportasi antara lain konsidi pelabuhan, bandara, jalan, dan tol/jembatan baru, termasuk rute penerbangan/kereta baru, bus pariwisata, car rental, dan lainnya.

Bentuk promosi untuk mempromosikan semua itu pun bermacam, salah satunya berpromosi lewat media online/blog khusus pariwisata. Dari sekian media online/blog yang khusus mengangkat/mengupas/membahas sektor kebudayaan dan kepariwisataan Indonesia adalah Travelplus Indonesia.

Banyak kelebihan dan keuntungan yang diperoleh pariwisata daerah/kota Anda bila berpromosi 3A dan hal lain masih terkait pariwisata di Travelplus Indonesia. Sekurangnya ada 14 kelebihan dan keuntungan sebagaimana tertera di bawah ini.

Pertama, Travelplus Indonesia seperti sudah tersebut diatas adalah media online yang khusus mengupas hal-ahal terkait kepariwisataan. Jadi lebih fokus isinya dan jelas sasaran pembacanya.

Kedua, terbit sudah cukup lama sejak tahun 2000, dan mulai aktif tayang sejak 2008 sampai sekarang, konsisten di sektor pariwisata.

Ketiga, dikelola penulis/jurnalis/blogger/fotografer sekaligus pemerhati kepariwisataan yang sudah berpengalaman di sektor ini sejak tahun 1990, pernah menjadi pimpinan redaksi di majalah pariwisata, pernah sebagai ketua forum wartawan kebudayaan dan kepariwisataan (budpar), pendiri salah satu kelompok traveler/sadar wisata/travel blogger, dan lainnya.

Keempat, pembaca Travelplus Indonesia sangat luas mencakup seluruh Indonesia dan beberapa negara di Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia.

Kelima, Travelplus Indonesia dilengkapi dengan google translate dalam puluhan jenis bahasa asing, sehingga pembacanya bisa mengklik sesuai bahasa yang dikuasai.

Keenam, setiap tulisan yang dimuat/ditayangnya, link tulisannya ditambah pengantar menarik, selalu disebarluaskan (di-share) ke media sosial (medsos) milik penulis, baik itu Facebook (FB), Twitter maupun Instagram (IG).

FB penulisnya ada 5.000 teman dan grup-grup terkait (traveler, backpacker, blogger, penulis/ jurnalis/fotografer, pecinta alam, pendaki gunung, seniman, budayawan, indie travel, travel agent, dll).

Followers IG dan Twitter penulisnya sama seperti FB terdiri atas traveler, backpacker, blogger, penulis/ jurnalis/fotografer, pecinta alam, pendaki gunung, seniman, budayawan, pengelola indie travel, travel agent, dan lainnya.

Ketujuh, setiap link tulisannya juga di-tag lewat IG ke pihak-pihak terkait mulai dari Presiden Jokowi, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, sejumlah staf Kemenpar, komunitas traveler/backpacker/travelblogger/pendakigunung/pecintalam/petualang/indietravel/pengelolaobjekwisata/pemanduwisata, disbudpar, dan lainnya.

Kedelapan, setiap link tulisannya juga di-share ke grup-grup WA antara lain grup Kemenpar dan Humas Kemenpar mulai dari Menpar Arief Yahya, 4 deputi di Kemenpar, sejumlah asisten deputi, kepala bidang, kepala humas, dan sejumlah staf.

Selain itu ke grup-grup WA sejumlah komunitas (travel blogger, wartawan, fotografer, travel agent, event organizer, disbudpar kota/kabupaten/provinsi, anggota DPR, walikota, walkot, bupati, pelaku industri wisata, dll).

Kesembilan, ragam tulisannya mencakup objek wisata alam, bahari, budaya, buatan/tempat rekreasi, dll, sejarah, petualangan, kuliner, oleh-oleh/UKM, religi, halal, MICE, calendar of events (festival, sport tourism, dll), industri wisata (hotel, resto/cafe, travel agent, alat transportasi, dll), serta SDM Kepariwisataan (poltekpar, Sekolah Tinggi Pariwisata, penelitian pariwisata, rakornas, dll) yang dikemas menarik, kreatif, dan inovatif berikut panduan atau travel tips-nya.

Kesepuluh, pangsapembacanya luas, baik laki-laki maupun perempuan, dari pelajar sampai orangtua dengan beragam profesi di pemerintahan maupun swasta.

Kesebelas, bentuk kerjasama promosinya banyak pilihan, bisa berupa (pemasangan advertorial, pemuatan press release, peliputan langsung pra & on event, pers tour, famtrip, jumpa press, pembuatan bahan promosi/brosur/leaflet/buku, dll)

Keduabelas, harga/tarif kerjasama promosinya amat terjangkau dan ada bonusnya. Ketigabelas, ada bukti penulisan/pemuatan kerjasama lewat link tulisan, dan lainnya.

Keempatbelas, jaringan penulis Travelplus Indonesia sangat luas, baik dengan komunitas traveler/backpacker/pecintaalam/indietravel/touroperator/seniman/budayawan/penulis/jurnalis/fotografer/blogger khusus pariwisata maupun dengan instansi pemerintah yang mengurus sektor pariwisata dan sejumlah pihak/pelaku industri wisata.

Nah, melihat kelebihan dan keuntungan yang didapat seperti dijelaskan di atas, sudah saatnya mulai tahun 2017, Anda bekerjasama mempromosikan hal-hal terkait pariwisata di daerah/kota Anda bersama Travelplus Indonesia, karena dijamin lebih menguntungkan dan gaungnya akan jauh lebih bergema.

Untuk informasi lebih lanjut perihal kerjasama promosi pariwisata, Anda bisa menghubungi pengelola Travelplus Indonesia di Email & FB: kembaratropis@yahoo.com, IG: @adjitropis, Twitter: @adjikurniawan13, dan terutama di nomor WA: 0857 1183 1768.

Salam Promosi. Mari kita sama-sama memajukan Kebudayaan dan Kepariwisataan Indonesia.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, Ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP